Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi
--Semester 2 (Genap) T.P.2024 / 2025--

Rabu, 16 April 2025

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 17 April 2025)

HARI / TANGGAL : KAMIS, 17 APRIL 2025
FASE / KELAS : C / 5C
MATA PELAJARAN : P5 ( PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA )
TEMA : KEARIFAN LOKAL
TOPIK : LESTARIKAN BUDAYAKU CINTAI NEGERIKU      

             

TUJUAN KEGIATAN P5 

 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Pesertadidik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Pesertadidik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.

Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya serta kebiasaan masyarakt Indonesia pada umumnya 

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Assalamualaikum wr wb
Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

Hari ini kegiatan P5 akan diisi dengan mewarnai LKPD Makanan Tradisional Khas Indonesia dengan krayon atau alat mewarnai lainnya dan membuat bentuk 3D.

Simak video berikut!

Indonesia memiliki beragam makanan khas daerah, di antaranya rendang, soto, sate, nasi goreng, gado-gado, pempek, karedok, dan lain-lain. 

Makanan khas Indonesia dari berbagai daerah
  • Rendang: Makanan khas Indonesia yang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia 

  • Mie Aceh: Mie tebal khas Aceh dengan kuah rempah yang pedas 

  • Babi guling: Hidangan daging babi yang dipanggang secara tradisional di atas bara api 
  • Karedok: Perpaduan sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, mentimun, dan daun kemangi yang disiram dengan saus kacang 

  • Lumpia: Makanan khas Jawa Tengah, tepatnya di Kota Semarang, yang memiliki berbagai macam isian 

  • Rawon: Kuliner dari Jawa Timur yang menggunakan potongan daging sapi sebagai isiannya dan kecambah sebagai pelengkap 

  • Martabak manis: Kuliner khas Indonesia bercita rasa manis yang kerap dijajakan saat malam hari 

  • Klapertart: Kue khas daerah di Indonesia yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara 

  • Minuman khas Indonesia 

  • Bajigur dan bandrek yang populer di Jawa Barat
  • Sekoteng yang dapat ditemukan di Jawa Barat, dan Jakarta
  • Wedang jahe dan wedang ronde yang populer di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur
  • Tuak yang populer di kawasan suku Batak, Sumatera Utara
  • Ciu yang dikenal di Solo, Jawa Tengah
  • Brem (arak beras) Bali botolan yang berasal dari Bali.   


  • Demikian pembelajaran hari ini, Bu guru akhiri
    Wassalamu'alaikum wr wb 


    Kesimpulan:

    Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik dapat membuat makanan tradisional khas Indonesia bentuk 3D.

    Selasa, 15 April 2025

    Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 16 April 2025)

    Hari / Tanggal : Rabu, 16 April  2025

    Fase / Kelas : C / 5C

    Muatan  Pembelajaran :  

    1. Matematika : Keliling dan Luas Segitiga

    2. Bahasa Indonesia : Cinta Indonesia

    3. Pancasila : Keragaman Budaya di Indonesia

    CP Matematika

    Elemen : Pengukuran
    Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
    Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.


    CP PANCASILA :
    Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.


    Assalamualaikum wr.wb.

    Apa kabar anak sholih sholihah.........
    semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menentukan luas dan keliling bangun datar, menulis menemukan informasi pada sebuah pengumuman, dan mengidentifikasi keragaman di Indonesia

    Matematika
     Luas dan keliling Bangun Datar


    Latihan soal 
    Soal No.1
    Perhatikan gambar berikut!
    Keliling persegi panjang di atas yaitu . . .
    A. 19 cm
    B. 26 cm
    C. 36 cm
    D. 38 cm

    Soal No.2
    Perhatikan gambar berikut!
    Keliling persegi di atas yaitu . . .
    A. 22 cm
    B. 36 cm
    C. 44 cm
    D. 46 cm

    Soal No.3
    Perhatikan gambar berikut!
    Keliling trapesium di atas yaitu . . .
    A. 18 cm
    B. 23 cm
    C. 26 cm
    D. 28 cm

    Soal No.4
    Perhatikan gambar berikut!
    Keliling bangun datar di atas yaitu . . .
    A. 18 cm
    B. 24 cm
    C. 34 cm
    D. 36 cm

    Soal no.5
    Perhatikan gambar berikut!
    Keliling bangun datar di atas yaitu . . .
    A. 20 cm
    B. 30 cm
    C. 40 cm
    D. 50 cm


    Bahasa Indonesia

    Perhatikan gambar berikut!
    Jawablah pertanyaan berikut sesuai teks pengumuman di atas!1. 
    1. Kepada siapakah pengumuman tersebut ditujukan?

    2. Kapan upacara Hardiknas dilaksanakan?

    Perhatikan pengumuman berikut untuk menjawab soal no 3-5. 

    3. Di manakah pengumuman tersebut berada?
    4. Apa tugas siswa siswi kelas 4 dan 5 ?
    5. Mengapa siswa siswi kelas 1-3 tidak hadir di sekolah?

    Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
        Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

    Wassalamu'alaikum wr wb


    Kesimpulan:
    Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, masih ada 2 peserta didik yang masih kesulitan dalam membuat teks pengumuman.

    Senin, 14 April 2025

    Materi Ajar IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Selasa 15 April 2025)

    Hari / Tanggal : Selasa, 15 April 2025

    Fase / Kelas : C / 5C

    Muatan  Pembelajaran :  

    1. IPAS : Daerahku Kebanggaanku

    2. Bahasa Indonesia : Cinta Indonesia

    3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman                                                                                                             

    Capaian  Pembelajaran IPAS

    Elemen Pemahaman IPAS:

    Keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

    Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

    CP PANCASILA

    Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



    Apa kabar anak sholih sholihah.........
    semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
        Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik mengetahui produk unggulan daerah sekitar tempat tinggalnya, membaca skiming, dan mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia
        
      IPAS
        


    Aktivitas ekonomi unggulan di Lampung didominasi oleh sektor pertanian, khususnya komoditas seperti padi, jagung, kopi, kelapa sawit, karet, dan kelapa, serta industri pengolahan yang mengolah hasil pertanian tersebut. 

    Berikut adalah rincian aktivitas ekonomi unggulan di Lampung:
    • Pertanian:
      • Tanaman Pangan: Padi, jagung, ubi kayu. Lampung menjadi salah satu sentra penghasil padi di Indonesia. 
      • Perkebunan: Kelapa sawit, kopi, karet, kelapa, tebu, kakao, lada. 
      • Komoditas perkebunan Lampung menyumbang nilai ekspor yang tinggi. 
    • Industri Pengolahan:
      • Industri pengolahan hasil pertanian, seperti pengolahan kelapa sawit menjadi CPO, kopi, dan produk kelapa lainnya. 
    • Contoh Komoditas Unggulan di lampung:
      • CPO (Crude Palm Oil): Salah satu komoditas unggulan Lampung yang diekspor. 
      • Kopi Robusta: Lampung dikenal sebagai penghasil kopi robusta. 
      • Nanas Kaleng: Lampung juga memproduksi nanas kaleng untuk ekspor. 
      • Karet: Karet merupakan komoditas perkebunan penting di Lampung. 
      • Kelapa: Kelapa merupakan salah satu komoditas andalan utama Lampung. 
    Aktivitas ekonomi di suatu daerah dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: 
    1. kondisi geografis
    2. sumber daya alam
    3.  infrastruktur, 
    4. kualitas SDM, 
    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, antara lain:

    - Pendidikan

    - Pelatihan

    - Studi banding

    - Pembinaan

    Misalnya, dilakukan pelatihan diversifikasi pengolahan ikan bagi nelayan, pembudidaya, dan pengolah ikan.

    4. teknologi  
    Dengan teknologi yang semakin canggih, maka produksi yang dihasilkan akan semakin baik dan cepat pula.

    Bahasa Indonesia
    A. Membaca Pengumuman
    Pengumuman adalah proses atau cara menginformasikan suatu hal kepada khalayak (umum). Penulisan teks pengumuman juga harus dengan bahasa yang singkat, tetapi jelas. Isi pengumuman harus memuat kepada siapa pengumuman itu ditujukan, dari siapa pengumuman tersebut dibuat, dan tentang apa pengumuman itu. Jika menyangkut waktu, hendaknya ditulis dengan jelas waktunya, yang meliputi pukul, hari, dan tanggal. Pengumuman ditulis dalam bentuk ringkas, padat, dan jelas. Isi pengumuman harus menjelaskan tentang:
    Pengumuman
    1. hal yang diumumkan
    2. pembuat pengumuman
    3. penerima pengumuman 
    4. informasi penting (tanggal, tempat, waktu, acara, dan lainnya)

    Pengumuman dipajang di tempat-tempat publik dan dapat pula dibacakan di depan khalayak. Perhatikan contoh pengumuman tentang karyawisata berikut

    Pengumuman

    Siswa kelas V SD Jaya Raya yang akan mengikuti karyawisata ke Museum Satria Mandala dan Museum Fatahillah dimohon untuk hadir pada:

    Hari/Tanggal: Senin, 21 Januari 2019
    Waktu: Pukul 06.00 WIB
    Tempat: Lapangan SD Jaya Raya
    Perlengkapan yang harus dibawa:
    1. Seragam putih-merah yang dikenakan langsung
    2. Alat tulis
    3. Botol minuman

    Terima kasih atas perhatian para siswa.
    Salam,
    Ibu Rosita Sijabat, S.Pd
    Panitia Karyawisata Kelas V

    Jawablah pertanyaan di bawah ini.
    1. Siapa yang menuliskan pengumuman?

    2. Kepada siapakah pengumuman ditujukan?

    3. Tentang apakah pengumuman tersebut?

    4. Apa saja rincian informasi dari pengumuman tersebut?


    B, Menulis Pengumuman
    Pada umumnya pengumuman ditulis dipapan tulis atau kertas. Selain itu pengumuman juga ditulis di sosial media (medsos), seperti internet. Di mana itu untuk menjaring pembaca yang lebih banyak, luas, dan cepat.

    Tugas Menulis
    Kelas kalian hendak mengadakan kegiatan mini museum yang bertema Sejarah Indonesia. Buatlah pengumuman yang mengundang siswa-siswi dari kelas lain untuk hadir pada pameran tersebut. Perhatikan penulisan huruf besar, tanda baca, dan kelengkapan teks pengumuman.
    Pengumuman

    Siswa kelas V SD Nusantara akan mengadakan kegiatan mini museum bertema Sejarah Indonesia. Kepada seluruh siswa SD Nusantara dimohon untuk hadir pada:
    Hari/Tanggal: Selasa, 5 April 2022
    Waktu: Pukul 09.00 WIB
    Tempat: Ruang kelas V SD Nusantara
    Perlengkapan yang harus dibawa:
    1. Seragam putih-merah yang dikenakan langsung
    2. Alat tulis

    Terima kasih atas perhatian para siswa.
    Salam,
    Aca Septriasa
    Panitia Kegiatan Mini Museum Kelas V


    Pendidikan Pancasila
    Keragaman di Indonesia
    Ayo Mengamati
    Amatilah peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia beriku.
    Peta Indonesia
    Ayo Mencoba
    Berdasarkan peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
    NoPertanyaanJawaban
    1.Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia?Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa
    2.Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia?Pulau yang paling sedikit penduduknya adalah pulau Papua
    3.Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi lampung?Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung adalah 50 -100 orang per km²
    4.Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi Papua Barat?Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat adalah kurang dari 10 orang per km²
    5.Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi tempat tinggalmu?Kepadatan penduduk provinsi daerah tempat tinggalku lebih dari1.299 per km² (Jawa Tengah).

    Ayo Mengamati
    Wilayah Indonesia yang sangat luas dan berupa kepulauan telah mengakibatkan keberagaman penduduknya, salah satunya adalah keberagaman suku. Amatilah peta persebaran suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.
    Persebaran Suku Bangsa
    Kamu telah mengamati dan memahami persebaran suku-suku bangsa di Indonesia melalui peta di atas. Sekarang sebutkan dan tunjukkan suku-suku yang mendiami pulau-pulau yang ada di Indonesia berikut.

    Ayo Berlatih
    Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.
    Suku dan Pulau asal
    Ayo Berdiskusi
    Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga dianugerahi keberagaman agama. Saat ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia.Coba diskusikan dengan temanmu, daerah-daerah persebaran agama di Indonesia.Berilah tanda-tanda seperti berikut pada daerah-daerah di peta sesuai persebaran agamanya.
    Peta Agama


    Demikian pembelajaran hari ini, Bu guru akhiri
    Wassalamu'alaikum wr wb 


    Kesimpulan:

    Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, ada 1 peserta didik yang masih kesulitan menyebutkan bagaimana cara menghargai keragaman di Indonesia.