Welcome To The Class 1A SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 14 April 2022

Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 4 (Kamis 14 April 2022)

MATERI AJAR TEMATIK

Kelas : IV B 

Tema : Kayanya Negeriku

Subtema : Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia 

Pembelajaran : 4

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKn 

Hari / Tanggal : Kamis / 14 April 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....😊😊

Semoga anak-anak semuanya bisa berpuasa penuh sampai hari raya nanti. 

Dan Alhamdulillah jg hari ini kita masih diberi nikmat sehat. 

Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah 100%.

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa shalat dhuha dan murojaah yaa...

Selamat belajaarr...!!


Pada pelajaran yang lalu, kita telah mengetahui jenis-jenis sumber daya energi. Kita pun seharusnya makin tahu dan makin bijak memanfaatkan sumber daya energi yang ada. Benar sekali, Beni. Kita sebagai warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban termasuk dalam hal pemanfaatan sumber daya energi. Hendaknya antara hak dan kewajiban dapat dilakukan secara seimbang.

Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan rakyat. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatannya.

1. Kewajiban terhadap Sumber Energi
Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi. Setiap aktivitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh kepada alam. Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik. Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya.
  • Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
  • Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi.
  • Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air.
  • Menggunakan energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbarui.
Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita

2. Hak Memanfaatkan Sumber Energi
Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.

Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.


TUGAS TEMATIK 

Setelah mengetahui hak memanfaatkan sumber energi dan mengetahui kewajiban terhadap sumber energi, tugas anak Sholeh Sholehah hari ini adalah membuat sebuah gambar poster dengan tema "Hemat Energi" untuk contoh poster nya ada di buku cetak Tema 9 Subtema 1 PB 4 halaman 21 ya nak, 
Buat gambar poster yg bagus, kemudian boleh kalian warnai agar lebih menarik lagi, jangan lupa foto dengan hasil poster mu, dan kirim k Miss Dwi yaaa 🤗🤗

Rabu, 13 April 2022

Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 3 & Matematika (Rabu 13 April 2022)

MATERI AJAR TEMATIK


Kelas : IV B 

Tema : Kayanya Negeriku

Subtema : Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia 

Pembelajaran : 3

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKn 

Hari / Tanggal : Rabu / 13 April 2022 


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....😊😊

Alhamdulillah, hari ini masih di bulan Ramadhan yaa, ramadhan ke 11..

Semoga anak-anak semuanya bisa berpuasa penuh sampai hari raya nanti. 

Dan Alhamdulillah jg hari ini kita masih diberi nikmat sehat. 

Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah 100%.

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa shalat dhuha dan murojaah yaa...

Selamat belajaarr...!!


Ayo Membaca

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.

A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tum buhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
Minyak Bumi dan Batu Bara
B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

Ayo Berlatih
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.

Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Manfaat Energi Matahari
1. Manfaat energi matahari bagi Alam :
  • Menerangi bumi
  • Sebagai Pusat Tata Surya
  • Sebagai Sumber Energi tak terbatas bagi alam dan isinya
  • Mengeringkan Tanah yang basah setelah diguyur hujan
  • Membantu terjadinya siklus air
  • Panas matahari menjaga kelangsungan hidup organisme di Bumi.

2. Manfaat energi matahari bagi manusia :
  • Membantu manusia untuk mengeringkan Pakaian
  • Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya
  • Membantu petani garam menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya
  • Membantu petani untuk mengeringkan gabah
  • Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh Tubuh

3. Manfaat energi matahari bagi hewan :
  • Untuk menghangatkan tubuh
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Untuk Pertumbuhan
  • Membantu proses pencernaan
  • Mengeringkan bulu atau rambut

4. Manfaat energi matahari bagi Tumbuhan :
  • Membantu proses fotosintesis
  • Mengaktifkan Klorofil
  • Menjaga temperatur tumbuhan
  • Membantu pertumbuhan bunga dan daun
  • Menghilangkan air yang ada pada tumbuhan

TUGAS
Berdasarkan bacaan di atas, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu. Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu. Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Sebelum melakukan wawancara, buatlah 10 pertanyaan untuk ditanyakan pada narasumber. 

Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Tanggal Wawancara : 13 April 2022
Data Hasil Wawancara :
No.Nama NarasumberPertanyaanJawaban
1.Orang TuaHewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar bapak/ibu?Ada beberapa hewan seperti kucing, ayam, dan burung
2.Ketua RTTanaman apa saja yang banyak ditanam warga di pekarangan rumah?Tanaman yang banyak ditanama di pekarangan rumah adalah tanaman hias
3.Ketua RWApakah ada kegiatan rutin kerja bhakti untuk membersihkan lingkungan sekitar?Kerj bhakti dilaksanakan secara rutin sebulan sekali setiap hari Minggu
4.TetanggaApakah masyarakat sekitar membuang sampah pada tempatnya?Masyarakat sebagian besar sudah membuang sampah pada tempatnya
5.Teman SekelasBagaimana kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan?Kesadaran warga sekitarku masih rendah karena ada yang kurang menjaga kebersihan lingkungan
6.Anak tetanggaHewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitarmu?Ada bebeapa hewan seperti ayam, burung, dan kelinci
7.Bapak GuruTanaman apa saja yang banyak ditanam warga di pekarangan rumah?Tanaman buah dan tanaman hias banyak ditanam warga di sekitar rumah
8.Ibu GuruApakah ada kegiatan rutin kerja bhakti untuk membersihkan lingkungan sekitar?Ada kegiatan rutin kerja bhakti, namun kadang banyak yang tidak hadir
9.PamanApakah masyarakat sekitar membuang sampah pada tempatnya?Hampir semua warga sudah membuang sampah pada tempatnya
10.BibiBagaimana kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan?Kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan sudah sangat baik

NARASUMBER WAWANCARA BEBAS YAA... 
TIDAK HARUS SEMUA ORANG SEPERTI DI TABEL. 
TABEL DIATAS HANYA CONTOH. 
KALIAN BISA MENYESUAIKAN DENGAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKITAR KALIAN. 



MATEMATIKA 


Kelas : IV B 
Materi : Pengukuran Sudut Bangun Datar Menggunakan Busur Derajat 

Hari ini, kita masi lanjut memperdalam materi pengukuran sudut yaa. 
Yuk langsung aja kerjakan soal dibawah ya.... 


1. Gambarlah sudut yang besarnya 135°...

2.
Soal Matematika Kelas 4 SD Bab 5 Pengukuran Sudut, Waktu, Panjang, Berat dan Kuantitas dan Kunci Jawaban
Sudut KML adalah sudut...

3. Besar salah satu sudut segitiga sama sisi adalah…°

4. Besar sudut hasil pengukuran di bawah adalah ….°

5.Gambarlah sudut yang besarnya 30°...

Selasa, 12 April 2022

Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 2 & Matematika (Selasa 12 April 2022)

MATERI AJAR TEMATIK


Kelas : IV B 

Tema : Kayanya Negeriku

Subtema : Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia 

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPA, SBDP

Hari / Tanggal : Selasa / 12 April 2022 


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii..... ðŸ˜ŠðŸ˜Š

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat untuk bisa menjalankan ibadah puasa..

Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah 100%.

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa shalat dhuha dan murojaah yaa...

Selamat belajaarr...!!


Menikmati hidup di lingkungan yang nyaman dan asri merupakan hak kita sebagai warga masyarakat. Kita juga mempunyai hak memanfaatkan berbagai sumber energi. Di sisi lain, menjaga dan melestarikan lingkungan, merupakan salah satu kewajiban kita.


Ayo Berdiskusi
Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan bertujuan mengikat air hujan sehingga mencegah terjadinya banjir. Tindakan itu merupakan salah satu bentuk kewajiban kita terhadap lingkungan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Sebaliknya, sesuatu yang harus kita terima disebut hak. Apa hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan? Diskusikan dengan teman-temanmu, kemudian tuliskan hasil diskusimu.
Hak Terhadap Lingkungan
No.Hak kita terhadap lingkungan
1.Menikmati lingkungan segar
2.Memperoleh air sehat dan bersih
3.Memperoleh semua kebutuhan yang dibutuhkan
4.Memperoleh lahan untuk tempat mendirikan sarana dan prasarana
5.Bebas dari pencemaran lingkungan
Kewajiban Terhadap Lingkungan
No.Kewajiban kita terhadap lingkungan
1.Membersihkan lingkungan dari sampah.
2.Menjaga kebersihan lingkungan
3.Mengurangi penyebab pencemaran lingkungan
4.Memperindah lingkungan dengan tanaman hijaua
5.Menjaga kelestarian lingkungan

Menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan salah satu kewajiban kita bersama. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam harus ditumbuhkan sejak kecil. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan seharihari. Pembiasaan tersebut seperti berhemat air dan membuang sampah pada tempatnya.

Kegiatan penumbuhan kesadaran menjaga lingkungan dapat dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya dengan bernyanyi menyanyikan lagu-lagu bertemakan lingkungan. Contohnya lagu yang berjudul “Alam Bebas”.
Not ANgka Lagu Alam Bebas

Ayo Berlatih
Pelajarilah lagu “Alam Bebas” sampai kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu, gunakan iringan dengan alat musik yang ada di sekitarmu.

Berikut ini video Lagu Alam Bebas Kelas IV Tema 9
 
 
 


 
Agar bisa menyanyikan dengan baik, kamu harus mengetahui nada dan tempo lagu

A. Nada
Nada adalah bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu. Dalam musik setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Nada sering diistilahkan dengan not, walaupun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan arti.
Nada dan tempo



B. Tempo
Tempo merupakan ukuran kecepatan musik dalam birama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Kecepatan lagu bisa diukur dengan alat bernama metronome. Keterangan tempo biasanya diletakkan di bagian kiri atas pada sebuah lagu, di bawah penulisan nada dasar lagu tersebut. Tanda ini digunakan untuk menyatakan kecepatan lagu yang tepat.

TUGAS
Tugas hari ini adalah membaca dan memahami materi di atas.
Kirimkan kolase foto kegiatan hari ini pada guru kelasmu! 


MATERI AJAR MATEMATIKA 


Kelas : IV  B 

Materi : Pengukuran Sudut 

Hari / Tanggal : Selasa / 12 April 2022 


Beberapa waktu lalu kita sudah belajar tentang pengukuran sudut menggunakan Busur derajat. 

Nah hari ini kita akan latihan pemahaman materi tentang pengukuran sudut. 


1. Besar sudut hasil pengukuran gambar di bawah adalah….°

2. Sudut yang lebih besar dari 90 ° disebut sudut…
3. Jumlah semua sudut pada persegi adalah…°

4. Sudut pada gambar di bawah termasuk sudut ….

5. Sudut yang terbentuk pada jarum jam di bawah adalah ….