Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 14 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 (Jumat 14 Januari 2022)

Kelas : IV B
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran : 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS, IPA
Hari / Tanggal : Jumat / 14 Januari 2022

Assalamu'alaikum...
Selamaaaatt pagii...
Jumat berkah yaaa.....
Jangan lupa sedekah dan perbanyak ibadah, juga jangan lupa sunnah di hari jumat.
Yok ah awali pagi ini dengan sarapan, shalat dhuha dan Murojaah. Agar kegiatan hari ini dimudahkan dan dilancarkan.

Nah sebelum kita lanjut ke materi, kita baca dulu deh Tujuan pembelajaran hari ini:
1. Setelah mempelajari materi hari ini, diharapkan kalian bisa menjelaskan manfaat sumber daya alam di sekitar tempat tinggal.
2. Dan dapat mengidentifikasi bangunan hasil karya arsitek jaman dahulu.

Selamat Belajaarr... ^^,

Ayo Membaca
Ayah Beni menunjukkan kepada Beni beberapa bangunan hasil karya arsitek.

Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma. Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.

Waduk Jatiluhur
Seorang arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, saat bekerja sama dengan insinyur teknik sipil dalam merancang Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan. Hasil karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya menampung dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik. Waduk juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperlukan untuk mengairi sawah. Waduk ini juga sebagai pengendali banjir.
Kehebatan Arsitektur
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Berkat jembatan ini, masyarakat Madura dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat ke berbagai wilayah di Jawa Timur Dengan panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Seorang arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Masjid Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta tempat umat katolik beribadah. Masjid Istiqlal dibangun pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno, pada tahun 1961. Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun 1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban.

Ayo Berlatih
Manfaat Sumber Daya Alam di sekitar kita.

Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara. Sumber daya berupa lahan, air, tumbuhan, dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan bertani dan perkebunan. Sedangkan sumber daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan bernelayan dan beternak. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu.

Perhatikanlah kehidupan masyarakat di sekitarmu! Lalu, lakukanlah kegiatan berikut ini!
  1. Lakukanlah survei sederhana kepada teman-teman sekelasmu untuk mengetahui pekerjaan orang tua mereka.
  2. Lakukanlah wawancara singkat kepada temanmu tentang bagaimana orang tua mereka bekerja.
  3. Cari tahu sumber daya alam apa yang mereka olah atau gunakan.
  4. Catatlah hasilnya ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.(hanya contoh)
No.NamaPekerjaan Orang TuaSumber Daya Alam Yang Digunakan
1.UdinPetaniTanah, air, dan tumbuhan
2.SitiPeternakHewan dan tumbuhan
3.DayuNelayanLaut dan ikan
4.LaniKaryawan Pabrik KertasTumbuhan (Kayu)
5.EdoPedagang sayuranTumbuhan
TUGAS TEMATIK HARI INI :
Kerjakan tugas berikut ini di buku tulis tematik.

Indahnya Keragaman Budaya Indonesia
  1. Tentukan dua suku asal dari 2 orang teman sekelasmu. Tanyakan melalui Chat WA.
  2. Carilah informasi tentang rumah adat dari suku-suku tersebut.
  3. Carilah informasi tentang kegunaan dan cara masyarakat menggunakan rumah adat mereka.
  4. Bandingkan keterangan yang kamu peroleh di antara keduanya. Carilah persamaan dan perbedaan serta kegunaan dan manfaat rumah adat tersebut.
  5. Buatlah dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah.

CONTOH PENGERJAAN TUGAS TEMATIK :

Gambar Rumah Adat DaerahGambar Rumah Adat Daerah
Rumah Adat Jawa Barat
Sumatera Barat
Manfaat dan Kegunaan Rumah Adat:Manfaat dan Kegunaan Rumah Adat:
  1. Rumah Tagog Anjing sebagai tempat tinggal suku Sunda di daerah Garut Jawa Barat
  2. Rumah adat ini juga berfungsi sebagai rumah kebesaran suku Sunda
  1. Rumah Gadang sebagai tempat tinggal bersama, mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri
  2. Rumah Gadang berfungsi sebagai rumah kebesaran suku Minang
Persamaan dan perbedaan kegunaan dan manfaat rumah adat bagi masyarakat adat:
Persamaan rumah adat bagi masyarakat adat adalah sama sama sebagai rumah tinggal dan rumah kebesaraan para suku di Indonesia.Sedangkan perbedaannya adalah memiliki arsitek bangunan yang berbeda dan mempunyai sejarah berbeda

Kamis, 13 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 (Kamis 13 Januari 2022)

Kelas : IV B

Tema : Cita-Citaku

Subtema : Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran : 3

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS

Hari / Tanggal : Kamis / 13 Januari 2022

Tujuan Pembelajaran : 

Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


Assalamu'alaikum...

Selamaaaatt pagii 

Semangaaaatt pagii ya anak sholeh dan sholeha 

Semoga pagi ini kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin

Nah, sebelum memulai aktivitas pagi ini, jangan lupa sarapan yang bergizi, shalat dhuha dan Murojaah yaa.... 

Selamat Belajar....


Ayo Berdiskusi

Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!

Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!
1. Apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?
Cita-cita patih gajah mada adalah menyatukan wilayah nusantara di bawah Majapahit.
2. Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?
Gajah ada mencapai cita-citanya dengan mengikrarkan sumpah palapa.
3. Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya?
Untuk mewujudkan cita citanya patih gajah mada benar benar melaksanakan sumpah palapa yang diucapkan ketika diangkat menjadi Maha patih Majapahit

Gajah Mada

Ayo Mengamati

Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai , danau, laut , tanah persawahan, dan tanah hutan. Pada setiap bentang alam tersebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.

Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu. Lihatlah contoh berikut!

Sumber Daya AlamTerdapat DiManfaat
AirSungaiUntuk mengairi sawah
HewanHutanUntuk bahan makanan
KayuHutanUntuk bahan bangunan
Minyak bumiTanahUntuk bahan bakar
BatuSungaiUntuk bahan bangunan
TUGAS TEMATIK :
Berdasarkan tabel di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Sumber daya alam mana saja yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalmu?

2. Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?

3. Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan memeliharanya?

4. Sumber daya alam manakah yang sulit untuk di dapatkan?

Rabu, 12 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 & Matematika (Rabu 12 Januari 2022)

Kelas : IV B

Tema : Cita-Citaku

Subtema : Hebatnya Cita-Citaku

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP

Hari / Tanggal : Rabu / 12 Januari 2022



Assalamualaikum...

Selamat pagiiii....

Semangaaaatt pagii yaa....

Yuk sarapan yang bergizi, shalat dhuha terus Murojaah yaa..

Selamaaaatt belajar.....
 

Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?

Ayo Mengamati

Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.

Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai? Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki? Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!

Ayo Membaca
Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi

Seorang ibu bernama Supinah, mengisahkan perjalanan hidupnya sebagai seorang penari Gandrung. Tari Gandrung berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Tari Gandrung merupakan tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771. Oleh karenanya, pada awalnya penari Gandrung adalah laki-laki. Pada tahun 1895 mulai muncul generasi penari gandrung wanita.

Ibu Supinah mulai menjadi penari Gandrung pada usia 14 tahun, yaitu sejak tahun 1979. Ibu Supinah belajar pada sebuah kelompok Tari Gandrung yang dipimpin oleh Akidah, yaitu Gandrung Akidah. Di sana Bu Supinah belajar dengan rajin sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, diperkenankan menari di pentas. Saat itu, Ibu Supinah sering tampil di pentas untuk acara-acara tertentu seperti undangan atau perkawinan yang biasa digelar di masyarakat Banyuwangi.

Ibu Supinah tidak pernah menyesali keputusannya untuk menjadi seorang penari Gandrung. Ibu Supinah bangga karena tari Gandrung melambangkan kesuburan. Ibu Supinah bahkan pernah diundang menari ke mancanegara, seperti Amerika, Korea, dan Cina. Ibu Supinah tidak menyangka bahwa profesinya sebagai penari Gandrung mendapatkan penghormatan yang tinggi. Ibu Supinah bangga telah mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di mancanegara.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?
Nama dan asal daerah tarian yang menjadi profesi Bu Supinah adalah tari Gandrung yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur
2. Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?
Tari Gandrung merupakan tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771
3. Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah?
Sebagai seorang penari Ibu Supinah menunjukan sikap belajar dengan rajin dan tidak pernah menyesali keputusannya. dan merasa bangga dengan tari Gandrung. Sedangkan nilai yang ditunjukkan adalah ikut mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di mancanegara.
4. Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?
Sikap yang diperlukan untuk menjadi seorang penari adalah sikap cinta dan bangga atas kebudayaan bangsa. Sementara sikap yang dibutuhkan adalah kedisiplinan, kerja keras, dan pantang menyerah dalam berlatih. Adapun keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan melakukan gerakan tarian dengan baik.
5. Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.
Silahkan lakukan gerakan tarian

Ayo Membaca
Puisi Penari
Karya: Hascahya Trilion Laksono

Anggunnya gerak tubuhmu
Lentiknya jemari-jemari berpadu indah

Derap langkah gemulai
Hentakan irama mengalun syahdu

Lirikan mata yang tajam
Berubah sekejap menjadi indah

Kibasan selendang emas bergoyang perlahan
Liukan leher mengundang kekaguman

Menari dan terus menari
Dengan senyum dan ketulusan

Gerakanmu sungguh indah
Karena engkau menari dengan hatimu.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!
1. Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
Judul puisi di atas adalah Puisi Penari, karya Hascahya Trilion Laksono.
2. Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?
Puisi di atas terdiri dari 6 bait
3. Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?
Setiap bait terdiri dari 2 baris dan 12 baris seluruhnya
4. Bercerita tentang apakah Puisi Penari? Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut!
Puisi penari menceritakan  tentang gemulainya seorang penari yang tercermin dari gerakan, lirik mata, dan senyumannya.
5. Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!
Puisi Penari

Ayo Mengamati
Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia. Amatilah gambar tari berikut ini!
Ragam Tarian


Ayo Berlatih
Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut! Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
  1. Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.
  2. Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
  3. Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.
Contoh
No.AspekKeterangan
1.Nama TarianTari Pendet
Asal TarianBali
Cerita tentang tariTari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.
Nama Gerakan
  1. Ngumbang luk penyalin, berjalan ke muka belok kanan kiri dan ngentrag.
  2. Duduk bersimpuh mengambil bunga lalu menyembah dengan manganjali.
  3. Leher ngilek ke samping kanan seraya nyeledet (gerakan ini dilakukan 3x berturut-turut).
  4. Ngagem kanan disertai luk nerudut dan nyeledet ke kiri.
  5. Ngenjet gerak peralihan untuk perpindah dan menjadi agem kanan.
  6. Ngotag pinggang bertukar tempat dari kanan ke kiri dan sebaliknya.
  7. Ngelung rebah ke kiri dan kanan yang disertai dengan angumad tarik kanan dan kiri.
  8. Ngumbang ombak segera berjalan belok ke belakang dan ke muka. Nyeregseg ngider berputar ke kanan dan kiri berturut-turut sampai 2 atau 3 kali.
  9. Ngelung kiri kanan beserta nyeledet kiri kanan lalu beranjak 2 terus berjalan.
  10. Ngentrag berjalan cepat terus ngeseh dan menabur bunga sambil berjalan ngumbang luk penyalin.
  11. Metanjek ngandang berputar ke kiri dan ditutup dengan gerka nyakup bawa.
No.AspekKeterangan
2.Nama TarianTari Saman
Asal TarianNangroe Aceh Darussalam
Cerita tentang tariTari saman adalah salah satu tarian tradisional Aceh yang berasal dari suku Gayo yang dibawakan oleh pria. Tari saman diciptakan oleh Syekh Saman, seorang penyebar agama Islam di Aceh. Nama tarian ini dinamakan sesuai dengan nama penciptanya. Oleh Syekh Saman, tari Saman digunakan sebagai media dakwah agama Islam.
Nama Gerakan
  1. Tari Saman memiliki dua unsur utama dalam gerakannya yaitu tepuk dada dan tepuk tangan. Gerakan-gerakan tersebut di dalam bahasa Gayo dikenal dengan nama gerak guncang, kirep, lingang dan surang-saring.
  2. Guncang adalah goyah (tidak tetap)
  3. Kirep adalah gerakan dada pada penari
  4. Lingang adalah gerak badan dalam posisi duduk melenggang ke kanan-depan atau kiri-belakang.
  5. Surang-saring adalah gerakan memikirkan lagi sesuatu keputusan
Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan perairan laut yang luas . Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?


Ayo Membaca
Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita
Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuat punah. Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam.

Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut.
  1. Sumber bahan pangan Hewan yang merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi,ayam, udang, dan ikan. Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran, buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.
  2. Bahan sandang atau pakaian. Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan.Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.
  3. Peralatan rumah tangga. Banyak perabot rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan keras. Beberapa contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus
  4. Produk kesehatan. Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan.Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing

Berdasarkan bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan kegiatan berikut. 
1. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia.
Manfaat Makhluk Hidup
2. Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.
Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai bahan makanan, bahan pakaian, penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida.
3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.
Manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai bahan makanan, bahan pakaian, objek uji coba, bahan obat, bahan kerajinan, dan membantu pekerjaan manusia.
4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?
Jika tidak ada tumbuhan yang akan terjadi adalah suhunya akan berubah secara drastis, hewan hewan banyak yang punah, dan akan terjadi kekeringan sebab tidak ada air.
5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?
Hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh manusia akan mengalami kekurangan makanan dan dapat menyebabkan kepunahan.

Ayo Mengamati
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.

Bandingkan hasil pengamatanmu. Ceritakan di depan kelas. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu!
Di Rumah
Nama TumbuhanManfaatNama HewanManfaat
JaheBahan obat dan BumbuSapiBahan makanan dan tenaganya
MawarHiasan rumahKelinciBahan makanan
Jambu bijiBahan makanan dan obatKucingPenjaga rumah
ManggaBahan makanan dan peneduhAyamBahan makanan
PalemPenghias dan PenyejukIkanBahan makanan
AnggrekTanaman hiasKambingBahan makanan

Di Sekolah
Nama TumbuhanManfaatNama HewanManfaat
MelatiTanaman hiasIkanBahan percobaan
MawarTanaman hiasKelinciBahan percobaan
KetapangPenyejuk halamanCacingBahan percobaan
FeliciumPenyejuk halamanBelalangBahan percobaan
PalemPenghias dan PenyejukKatakBahan percobaan
KambojaTanaman hiasSeranggaBahan percobaan
3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Ada yaitu tumbuhan mawar dan palem
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Ya keduanya dimanfaatkan sebagai peneduh dan tanaman hias
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Ada yaitu hewan ikan
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Ikan di rumah untuk dikonsumsi sementara di sekolah hanya sebagai objek percobaan
Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
Kesimpulanku:
Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tumbuhan dan hewan perlu dijaga kelestariannya.

Ayo Renungkan
1. Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!
Tiga hal penting yang telah saya pelajari adalah cara membuat puisi, gerak tari kreasi daerah, dan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar
2. Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumahmu?
Pemanfaatan hewan dan tumbuhan dengan bijak dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan kelestariannya. Misalnya saja jika kita memanfaatkan kayu hutan maka lakukan reboisasi. Jika memanfaatkan hewan maka usahakan mencari cara pengembangbiakannya sehingga tumbuhan dan hewan tidak terancam punah


TUGAS
Tugas tematik hari ini hanya membaca dan memahami materi di atas.
Kirimkan foto kegiatan hari ini pada guru kelasmu!



MATERI AJAR MATEMATIKA

Kelas : IV B

Materi : Bangun Datar

Submateri : Keliling bangun datar 

Hari / Tanggal : Rabu / 12 Januari 2022


Bismillah...

Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah belajar tentang rumus-rumus keliling bangun datar yaitu Persegi dan Persegi Panjang. Hari ini kita akan melanjutkan tentang keliling Segitiga (Untuk lebih jelasnya pada Google Meet ya nak, Link dibagikan di grup WA 4B).

Nah setelah ini, kita akan berlatih mengerjakan soal-soal tentang bangun datar.

Yuk langsung aja dikerjakan soal di bawah ya!


TUGAS MATEMATIKA :

1. Selembar kain dengan ukuran panjang 150 cm dan lebarnya 75 cm. Keliling kain tersebut adalah...cm.

2. Keliling persegi panjang 88 cm. Jika panjangnya 26 cm, maka lebarnya adalah...cm.

3. Keliling segitiga sama sisi dengan panjang sisi 30 cm adalah...cm.

4. Keliling segitiga ABC sama kaki adalah 60 cm. Jika AC=BC=18 cm, maka panjang AB adalah...cm.

5. Perhatikanlah gambar dibawah ini!



Jika sisi tegak nya 12 cm. Berapakah keliling segitiga tersebut....