Welcome To The Class 1A SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 20 Februari 2020

Materi Ajar Kelas 3, Jumat 21 Februari 2020


MATERI AJAR PERTEMUAN 7

Hari / Tanggal              : Jumat / 21 Februari 2020

Kelas                               : 3C dan 3E

Standar Kompetensi    : Menggunakan Program Pengolah Kata

Kompetensi Dasar       : Menggunakan Menu dan Ikon Microsoft Office Word


MENGGUNAKAN IKON CLIP ART
















Clip Art digunakan untuk memasukkan gambar di Microsoft Office Word.

Cara menampilkan Clip Art :
1.      Klik Menu Insert
2.      Klik Ikon Clip Art
3.      Klik Go
4.      Pilih Gambar yang kalian suka

Contoh Menggunakan Ikon Clip Art !


Rabu, 19 Februari 2020

Materi Ajar Kelas 6, Kamis 20 Februari 2020


MATERI AJAR PERTEMUAN 7

Hari / Tanggal             : Kamis / 20 Februari 2020

Kelas                               : 6D

Standar Kompetensi    : Menggunakan Program Microsoft Office

Kompetensi Dasar       : Menggunakan Menu dan Ikon Microsoft Office Excel


MENGGUNAKAN PROGRAM MS.EXCEL

Mcrosoft excel adalah Salah satu program dalam windows untuk mengolah angka.
Dan lembar kerja ms.excel disebut sheet atau worksheet.

Cara menampilkan program Microsoft excel 2007 adalah:
Klik start, Klik All program, Klik Microsoft Office, Klik Microsoft Office Excel.

Worksheet dalam Excel terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan sel ( sel A1, A2, B1, B2 dst.). Sel-sel dalam Excel dapat diisi dengan data-data dengan jenis yang berbeda.

Jumlah Baris dalam ms.excel : 1.048.576
Jumlah Kolom dalam ms.excel : 16.384

Ada tiga jenis data yang dapat dimasukkan dalam lembar kerja, yaitu:
1. Label, berupa potongan teks/naskah, dengan ciri kas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
2. Angka ( numerik), berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan
3. Rumus (formula), berupa rumus perhitungan dalam Excel, dengan ciri khas selalu diawali dengan tanda sama dengan ( = ).

MENYISIPKAN SEL, BARIS ATAU KOLOM
1. Tunjuk sel mana yang akan di sisipi
2. Lalu blok kolom atau baris sebanyak yang ingin kita sisipi
3. Klik menu Insert colums / row

MENGGABUNGKAN SEL
1. Blok sel yang akan di gabung
2. Klik menu Format _ Cells
3. Klik Alignment
4. Pada text Alignment Horisontal dan Vertical dibuat Center
5. Lalu pada Text Control klik pada Merge Cell

MENENGAHKAN JUDUL
1. Blok judul sepanjang kolom yang ada
2. Lalu klik toolbar Merge and Center ( atau dengan langkah-langkah seperti pada menggabungkan sel, seperti diatas)

Selasa, 18 Februari 2020

Materi Ajar Kelas 5, Rabu 19 Februari 2020


MATERI AJAR PERTEMUAN 7

Hari / Tanggal             : Rabu / 19 Februari 2020

Kelas                               : 5A

Standar Kompetensi    : Mengenal Program Pengolah Angka

Kompetensi Dasar       : Mengenal Menu dan Ikon Microsoft Office Excel


LATIHAN PRAKTEK MENGGUNAKAN OPERATOR HITUNG

Pada pertemuan sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Operator Hitung Matematika pada Microsoft Excel.
Siswa diminta untuk mengerjakan latihan praktek tanpa di bimbing oleh guru.

Soal Latihan :


Senin, 17 Februari 2020

Materi Ajar Kelas 6, Selasa 18 Februari 2020


MATERI AJAR PERTEMUAN 7

Hari / Tanggal             : Selasa / 18 Februari 2020

Kelas                              : 6B

Standar Kompetensi    : Menggunakan Program Microsoft Office

Kompetensi Dasar       : Menggunakan Menu dan Ikon Microsoft Office Excel


MENGGUNAKAN PROGRAM MS.EXCEL

Mcrosoft excel adalah Salah satu program dalam windows untuk mengolah angka.
Dan lembar kerja ms.excel disebut sheet atau worksheet.

Cara menampilkan program Microsoft excel 2007 adalah:
Klik start, Klik All program, Klik Microsoft Office, Klik Microsoft Office Excel.

Worksheet dalam Excel terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan sel ( sel A1, A2, B1, B2 dst.). Sel-sel dalam Excel dapat diisi dengan data-data dengan jenis yang berbeda.

Jumlah Baris dalam ms.excel : 1.048.576
Jumlah Kolom dalam ms.excel : 16.384

Ada tiga jenis data yang dapat dimasukkan dalam lembar kerja, yaitu:
1. Label, berupa potongan teks/naskah, dengan ciri kas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
2. Angka ( numerik), berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan
3. Rumus (formula), berupa rumus perhitungan dalam Excel, dengan ciri khas selalu diawali dengan tanda sama dengan ( = ).

MENYISIPKAN SEL, BARIS ATAU KOLOM
1. Tunjuk sel mana yang akan di sisipi
2. Lalu blok kolom atau baris sebanyak yang ingin kita sisipi
3. Klik menu Insert colums / row

MENGGABUNGKAN SEL
1. Blok sel yang akan di gabung
2. Klik menu Format _ Cells
3. Klik Alignment
4. Pada text Alignment Horisontal dan Vertical dibuat Center
5. Lalu pada Text Control klik pada Merge Cell

MENENGAHKAN JUDUL
1. Blok judul sepanjang kolom yang ada
2. Lalu klik toolbar Merge and Center ( atau dengan langkah-langkah seperti pada menggabungkan sel, seperti diatas)

Minggu, 16 Februari 2020

Materi Ajar Kelas 1, Senin 17 Februari 2020


MATERI AJAR PERTEMUAN 7

Hari / Tanggal             : Senin / 17 Februari 2020

Kelas                               : 1B

Standar Kompetensi    : Mengenal Komputer

Kompetensi Dasar       : Mengenal Perangkat Komputer


MENGENAL KEYBOARD



Keyboard digunakan untuk mengetik
Keyboard terdiri dari tombol huruf dan tombol angka
Tombol Caps Lock untuk membuat huruf kapital
Tombol Enter untuk ke bawah
Tombol Backspace ß untuk menghapus huruf
Tombol Spasi untuk memberi jarak tulisan