Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 25 Oktober 2024

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 25 Oktober 2024)

Hari/Tanggal : Jumat / 25 Oktober 2024

Muatan  Pembelajaran :  IPAS dan Bahasa Indonesia

Model Pembelajaran : Ketrampilan Proses, PBL

Media Pembelajaran : video/PPT

                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjelaskan proses siklus air dan dapat memahami imbuhan me-

IPAS
   Siklus Air



      




     LATIHAN 
     1.     Proses perputaran air yang terjadi secara terus menerus dari permukaan bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke permukaan Bumi adalah…

A.siklus kehidupan                   B.siklus air

C.penyerapan air                      D.pengupan air

2.     Proses penyerapan air ke dalam tanah disebut…. 

A.kondensasi                          B.Infiltrasi

C.evaporasi                             D.prsepitasi

3.     Siklus air mempengaruhi peristiwa di bumi dan kelangsungan hidup ….

A.manusia                             B.hewan 

C.tumbuhan                          D.semua makhluk hidup

4.     Uap air di atmosfer mengalami pengembunan membentuk awan-awan disebut….

A.evaporasi                           B.presipitasi

C.kondensasi                        D.infiltrasi

5.      Air dimuka bumi tidak pernah habis walaupun digunakan terus menerus karena adanya….

A.siklus air      B.hujan           C.salju             D.sumber air

6.     Siklus air terjadi melalui tiga proses,yaitu….

A.proses penguapan pengendapan, dan pengembunan 

B.proses penguapan, evaporasi, dan konduksi

C.proses elaborasi, konfirmasi, dan isolator

D.proses isolator, konduksi,dan konduktor

7.     Berikut ini bukan merupakan kegiatan menghemat air adalah….

8.     A.menutup keran setelah digunakan

B.menggunakan air sepenuhnya

C.menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman

D.mencuci motor dengan air berlebihan

9.     Dampak dari jalan aspal terhadap daur air adalah…. 

A.berkendara menjadi lancar

B.mengurangi daerah resapan air

C.nyaman dan aman saat melintas

D.mempercepat penguapan

10.  Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih adalah…..

A.menggunakan air secara boros

B.membuat lubang resapan air hujan

C.membiarkan hutan atau lahan yang gundul 
D.membuka lahan untuk mendirikan kawasan industry   

Bahasa Indonesia



Rabu, 23 Oktober 2024

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 24 Oktober 2024)

HARI / TANGGAL : KAMIS / 24 OKTOBER 2024

KEGIATAN PEMBELAJARAN : P5

TEMA : KEWIRAUSAHAAN

JUDUL  : CIPTA KARYA SAMPAH KITA

MODEL PEMBELAJARAN : Ketrampilan Proses

MEDIA/ALAT DAN BAHAN  : Kardus, kertas kado, lem tembak, gunting

TUJUAN KEGIATAN P5 

 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
Peserta didik dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Peserta didik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Peserta didik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat dari bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, aamiin ....

Sekarang perhatikan cara membuat celengan dari bahan kardus bekas berikut ini! 
Selamat berkarya ......

Alat dan Bahan yang diperlukan:
1. kardus
2. gunting
3. lem tembak dan isinya
4. solasiban bening
5. kertas kado 

KESIMPULAN :
Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik antusias membuat celengan dari kardus.

Materi Ajar Matematika dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Rabu 23 Oktober 2024)


Hari / Tanggal : Rabu / 23 Oktober 2024

Fase/Kelas : C/5C

Mata Pelajaran :
1. Matematika : Pecahan
2. Bahasa Indonesia : Ekspresi diri melalui hobi

Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen Bilangan)
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).

Tujuan Pembelajaran Matematika : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia : Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengekspresikan diri melalui hobi

Matematika

PENJUMLAHAN PECAHAN

 Penjumlahan pecahan biasa dan campuran bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.

PENGURANGAN PECAHAN

 Pengurangan pecahan biasa dan campuran, caranya sama seperti penjumlahan yaitu bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.


BAHASA INDONESIA 
Imbuhan me-, - kan dan lah




     Imbuhan Me
     Imbuhan me- adalah awalan yang membentuk kata dasar menjadi kata kerja. Imbuhan me dapat berubah-ubah bentuknya sesuai dengan kata dasarnya, yaitu menjadi mem, men, meny, meng, dan menge. Fungsi utama awalan me adalah membentuk kata kerja baik transitif maupun intransitif.

    Beberapa makna imbuhan me- adalah sebagai berikut.

a. Melakukan suatu pekerjaan
Contoh: membaca, melukis, menggambar, memasak, menulis

b. Membentuk atau menjadikan sesuatu
Contoh: membeku, mendidih, mengecil

c. Mengerjakan sesuatu dengan alat
Contoh: menggunting, mencangkul, memblender

    
Perhatikan bahwa terdapat penyesuaian jika kita menggabungkan kata dasar dan awalan me-. 
  1. Imbuhan me- menjadi mem jika kata dasar dimulai dengan huruf p contoh me+pukul = memukul
  2. Imbuhan me- menjadi meng jika kata dasar dimulai dengan huruf k, g contoh me+kubur = mengubur dan me+gali = menggali.
  3. Imbuhan me- menjadi men jika kata dasar dimulai dengan huruf c contoh me+catat = mencatat.
  4. Imbuhan me- tidak berubah jika kata dasar dimulai dengan huruf m contoh me+makan = memakan.
  5. Imbuhan me- mengubah kata dasar dengan awalan t menjadi n jika mendapat imbuhan me- contoh me+tikung = menikung.


Latihan
 Salinlah tabel ini pada buku kalian dan lanjutkan mengisinya. Nomor satu pada tabel dibuat sebagai contoh.
No.Kata Berimbuhan me-Kata DasarMakna
1.memotongpotongMelakukan suatu pekerjaan
2.menempel
Melakukan suatu pekerjaan
3.menggambar
Melakukan suatu pekerjaan
4.membuat
Melakukan suatu pekerjaan
5.menjiplak
Melakukan suatu pekerjaan
6.melihat
Melakukan suatu pekerjaan
7.menarik
Melakukan suatu pekerjaan
8.memotret
Mengerjakan sesuatu dengan alat

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, masih ada 4 peserta didik yang masih kesulitan dalam menjumlahkan pecahan campuran.

Senin, 21 Oktober 2024

Materi Ajar Matematika dan Seni Rupa Kelas 5C (Senin 21 Oktober 2024)

Hari / Tanggal : Senin / 21 Oktober 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan Pelajaran : Matematika dan Seni Rupa

Media Pembelajaran : Video/PPT, 

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik diharapkan dapat menjumlahkan berbagai bentuk pecahan dan mengenal makrame

   Matematika
Operasi Hitung Pecahan 
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Ayo Berlatih!
Setelah menyimak video di atas sekarang mari kita mencoba sejauh mana pemahaman materi yang sudah disampaikan
1. kerjakan soal 1-4 berikut dengan benar!



5. Kerjakan no 5-7 berikut!

8. Perhatikan soal berikut!
9. Bacalah soal berikut dengan saksama, lalu kerjakan dengan benar!
.Sebuah taman kota, 4/6 luas tanah ditanami bunga mawar dan 1/6 luas lainnya ditanami bunga melati. Berapa total bagian tanah yang ditanami bunga?

10. Vina mempunyai seutas tali masing-masing panjangnya 2 meter. Kemudian tali itu dipotong sebanyak 1/4 meter. Panjang sisa tali Vina adalah... meter


SENI BUDAYA 

Makrame
Simaklah video berikut ini!

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik dapat menyebutkan tentang makrame dan tali yang digunakan dalam pembuatan makrame.