Hari / Tanggal : Jumat, 6 September 2024
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPAS
Capaian Pembelajaran IPAS
1. Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
1. Elemen Membaca
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
L LATIHAN
1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....
A. A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. pengurai
2. Perhatikan gambar di bawah!
A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D dekomposer
NO | KALIMAT | JENIS MAJAS | ARTI SEBENARNYA |
1 | Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang-orang di Indonesia. | ||
2 | Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya. | ||
3 | “Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara. | ||
4 | Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu. | ||
5 | Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya |