Hari / Tanggal : Selasa, 3 September 2024
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran : Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia dan IPAS
Capaian Pembelajaran IPAS
1. Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
1. Elemen Membaca
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
L LATIHAN
1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....
A. A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. pengurai
2. Perhatikan gambar di bawah!
A. produsen B. konsumen tingkat 1 C. konsumen tingkat 2 D. dekomposer
NO | KALIMAT | JENIS MAJAS | ARTI SEBENARNYA |
1 | Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang-orang di Indonesia. | ||
2 | Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya. | ||
3 | “Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara. | ||
4 | Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu. | ||
5 | Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya |
kesatu, ketiga, keempat, dan kelima, dan begitu seterusnya. Kelima sila tidak bisa dilepas satu dengan yang lainnya. Walaupun masing-masing sila mempunyai nilai-nilai sendiri tetapi hubungan antarsila merupakan hubungan yang utuh dan saling terkait.
Setiap sila yang membentuk Pancasila merupakan unsur yang mutlak yang membentuk kesatuan, bukan unsur pelengkap. Artinya satu sila menjiwai dan dijiwai oleh sila-sila yang lain. Sila Pertama menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima, dan demikian seterusnya. Misalnya, meskipun Sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila yang berkaitan dengan Tuhan, tetapi tidak berarti sila-sila yang lain hanya sebagai pelengkap saja.
Setiap sila yang membentuk Pancasila juga sebagai satu kesatuan yang mutlak, tidak dapat ditambah dan dikurangi. Oleh karena itu, Pancasila tidak dapat diubah menjadi Trisila atau ekasila.
Kerjakan latihan berikut!
1. Sila berikut yang sesuai dengan nilai Pancasila, sila ke-4 adalah ....
- Gotong royong memperbaiki jalan raya
- Tidak membeda-bedakan antara orang kaya dengan orang miskin
- Beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing
- Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab
- Belajar tarian tradisional dengan teman
- Tidak suka dengan kebudayaan sendiri
- Membuat tas buatan dalam negeri
- Tidak membuang sampah di sungai
- Beribadah tepat waktu
- Menjaga persatuan dan kesatuan
- Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok
- Saling menyayangi dan mengasihi sesama teman tanpa membeda-bedakan
5. Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari sebagai generasi penerus bangsa, kecuali ....
- Tawuran
- Belajar dengan sungguh-sungguh
- Selalu main game online
- Malas belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar