Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 21 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 (Jumat 21 Januari 2022)

Kelas : IV B
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pembelajaran : 3
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA
Hari/Tanggal : Jumat, 21 Januari 2022

Assalamu'alaikum....
Selamaaaatt pagiii....
Jumat berkah yaaaa...
Gak kerasa udah akhir pekan nih...
Hayoo yg masi punya hutang tugas-tugas minggu ini segera diselesaikan yaa...

Yookk biar semangat, sarapan dulu terus dilanjut shalat dhuha dan Murojaah.
Hari jumat, hari yang penuh berkah dan jangan lupa sedekah.
Selamat belajaar...

Ayo Mengamati 
Perhatikanlah peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri di Indonesia berikut.
SDA Hayati
Peta di atas disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah yang memiliki sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buahbuahan. Sedangkan tanaman industri berupa tanaman tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra. Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan.

Sumber daya alam berupa hewan terdiri atas hewan liar dan hewan ternak. Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan. Contoh hewan liar tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa.

Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh hewan ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

Ayo Mengamati
Tempat Ibadah


Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

Ayo Berlatih
Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan yang khas.

TUGAS
Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan anggota keluargamu, lakukanlah kegiatan berikut.
  1. Kamu akan mencari informasi tentang SATU tempat ibadah keagamaan.
  2. Carilah informasi tentang rumah ibadah  di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut.
  3. Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
  4. Dengan menggunakan sebuah kertas, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
  5. Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.

Contoh pengerjaan tugas
Gambar AGambar B
Masjid Baitussalam
Kelenteng Ho Tek Bio
NamaMasjid Baitussalam PurwokertoNamaKelenteng Hok Tek Bio Purwokerto
Tahun berdri1910Tahun berdiri1831
Tempat ibadah umatIslamTempat ibadah umatKong hu cu
Sejarah singkat :Masjid Agung Baitussalam Purwokerto dibangun ketika masyarakat muslim Purwokerto diberi tanah wakaf oleh Raden M. Dirdjo kemudaian masyarakat membangun masjid bernama Masjid Agung PurwokertoSejarah singkat : Para pedagang yang beragama Konghucu sering berkumpul di rumah milik Hok Tek Tjeng Sin. Mereka berinisiatif untuk mendirikan sebuah tempat ibadah sesuai agama yang mereka anut.
Kegunaan : Selain beribadah masjid Baitussalam juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya seperti peringatan hari besar agama.Kegunaan : Klenteng Hok Tek Bio digunakan untuk ibadah tiga aliran yaitu Kong hu cu, Toisme dan Budha

Kamis, 20 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 (Kamis 20 Januari 2022)

Kelas : IV B
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Giat Menggapai Cita-Cita
Pembelajaran : 2
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP, IPA
Hari / Tanggal : Kamis / 20 Januari 2022


Assalamu'alaikum...
Apa kabar anak sholeh dan sholehaaa pagi inii?
Semoga semuanya sehat dan semangat menyambut hari ini yaaa..
Udah hari kamis nih, tinggal 2 hari lagi sudah ketemu akhir pekan lagi.
Ayookk yg semangaaaatt belajarnya,
Jangan lupa sarapan yg bergizi, shalat dhuha dan Murojaah.

Nah yuk kita baca Tujuan Pembelajaran hari ini:
1. Melalui membuat kolase barang bekas, kalian dapat mengetahui cara-cara untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar.
2. Dan kalian dapat membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar.

Selamat Belajar...



Perhatikan gambar di atas!
Pernahkah kamu menemui anak-anak yang bekerja menjadi pemulung seperti di atas? Pernahkah kamu berpikir mengapa mereka bekerja di usia muda mereka? Apakah yang dilakukan mereka? Apakah peran mereka di masyarakat?
Tahukah kamu, bahwa beberapa anak pemulung tetap bersekolah. Mereka memiliki cita-cita juga seperti kamu. Bahkan, ada beberapa pemulung yang telah mencapai cita-citanya dengan gemilang.

Bacalah cerita Aku, Sarjana Pemulung! yang ada di buku Cetak Tema 6.
Kemudian lengkapi diagram berikut secara lisan bersama anggota keluargamu di rumah!



Selanjutnya, Yuk dibuka buku cetak tema 6 halaman 123.
TUGAS kalian adalah membuat kolase dari barang-barang bekas.
Untuk langkah-langkah dan contohnya sudah ada dibuku cetak.
Buat Video proses pembuatannya, kemudian fotolah bersama karya yang kalian hasilkan.
Pengiriman tugas paling lambat hari Jumat 21 Januari 2022 Pukul 09.00.
--Good Luck--

Rabu, 19 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 (Rabu 19 Januari 2022)

Kelas : IV B

Tema : Cita-Citaku

Subtema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran : 1

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Hari / Tanggal : Rabu / 19 Januari 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaaatt pagiii 🥰 🥰 

Alhamdulillah yaa udah hari rabu. 

Apa kabarnya anak sholeh dan sholehah? 

Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.. 

Yuk kita awali hari ini dengan sarapan yang bergizi, shalat dhuha dan Murojaah. Agar segala sesuatu berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. 

Nah sebelum lanjut ke materi, kita baca dulu Tujuan Pembelajaran kita hari ini:

1. Siswa mampu mendeklamasikan puisi

2. Siswa mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitar. 


Selamat belajar....

Ayo Mengamati

Sunga Pesanggrahan
Sungai Pesanggrahan Dahulu dan Sekarang. Amatilah gambar di bawah dengan saksama! Ceritakan pendapatmu tentang kondisi kedua sungai tersebut kepada teman sebangkumu Menurutmu, siapakah yang berperan untuk mengubah sungai tersebut? Ternyata semuanya berasal dari satu orang yang peduli dan bertekad baja!. 

Gambar itu menunjukkan kondisi sungai di Jakarta dan sekarang. Dahulu sungai Pesanggrahan begitu bersih kini telah berubah menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dibutuhkan kesadaran masyarakat tentang  pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.


Ayo Membaca
Berikut ini adalah sebuah puisi untuk para pelestari lingkungan Indonesia.

Penjaga Alamku
Karya: D. Karitas

Kau tidak pernah lelah
Kau tidak pernah putus asa
Kau tidak pernah menyerah
Mencintai alam di mana kau dibesarkan

Angin dan badai adalah sahabatmu
Hujan dan panas adalah penolongmu
Air sungai adalah kehidupanmu
Alammu adalah ibumu

Maka engkau menjaganya
Maka engkau memeliharanya
Maka engkau merawatnya
Karena alam adalah ibumu

Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berkisah tentang apakah puisi tersebut?
2. Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam?
3. Mengapa alam dalam puisi di atas disebut sebagai ibu?

Tahukah Kamu
Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.

Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya.

Contoh menentukan jeda:
Kau // adalah / para penyelamat negeri //

Catatan:
  1. / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.
  2. // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.
  3. /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.


Tahukah Kamu
Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan bahan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi.

Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta karena sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya.

Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga agar lestari. Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya. Jika alam rusak, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber kehidupan. Oleh karenanya, manusia harus berusaha menjaganya. Salah satunya adalah dengan mengampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui poster.


TUGAS TEMATIK HARI INI :
Buatlah sebuah poster dengan memilih satu dari dua tema berikut.
  1. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)
  2. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)

Contoh Poster Pelestarian Tumbuhan
Poster Pelestarian Tumbuhan
Contoh Poster Pelestarian Hewan.
Poster Pelestarian Hewan


Foto dan kirimkan pada guru kelasmu!

Selasa, 18 Januari 2022

Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 6 (Selasa 18 Januari 2022)

Kelas : IV B

Hari / Tanggal : Selasa / 18 Januari 2022

Tema : Cita - Citaku

Subtema 2 :  Hebatnya Cita-Citaku 

Pembelajaran Ke- :  6

Tujuan Pembelajaran :

1.         Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mengkomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri dengan percaya diri.

2.         Melalui kegiatan berkreasi, siswa mampu membuat sebuah tarian kreasi perpaduan tari-tari Merak dengan baik.

 

Bismillah...
Assalamu'alaikum wr.wb 🙏
Apa kabar anak sholeh sholehah hari ini?
Apa kabar dengan keimanan dan rasa semangat kita hari ini?
In syaa Allah, Allah senantiasa memberikan kita nikmat iman, sehat dan rasa semangat yg tak pernah putus. Aamiin.

Alhamdulillah.. Jgn lupa, kita mulai dgn bismillah, menyimak tausiah, sholat dhuha, dan murrajaah ya Nak ☺ 
☺ 


Mari kita simak materi hari ini ^,^


Peran polisi di masyarakat

 

Ceritakan kehebatan polisi melalui sebuah puisi karangan kalian sendiri. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut.

1.      Perhatikan beberapa gambar tentang kegiatan polisi di masyarakat.

2.      Rangkailah sebuah puisi yang terdiri atas tiga bait. Masing-masing baik terdiri atas empat baris kalimat sederhana.

3.      Gunakan beberapa kata sifat yang menjadi bagian dari gagasan pokok dalam tiap baitnya.

4.      Tulislah kata-kata dalam baris puisi kalian di buku tugas.

5.      Periksa dan bacalah puisi kalian beberapa kali untuk merasakan keindahan makna dan rimanya. Jika ada yang belum sesuai, segera perbaiki sesuai dengan keinginan kalian.

 

Memperagakan Tari Kreasi Daerah 

1.       Lakukan latihan untuk menarikan beberapa gerakan yang kalian kreasikan dari tari daerah, misalnya Tari Pendet dari Bali, Tari Serimpi dari Yogyakarta, atau Tari Sajojo dari Papua

2.       Ikutilah irama dan ketukan dari musik yang mengiringi tarian kalian.

3.      Gunakan properti seadanya yang ada di sekitar kalian.

4.      Bekerja samalah dengan teman sekelompok kalian agar dapat menghasilkan harmoni yang indah.


TUGAS HARI INI :

Menyimak dan Memahami Materi Hari ini, kirimkan Foto Kegiatan pada Guru Kelasmu.


Untuk yang hari ini Vaksin, semoga sehat selalu ya, sampai bertemu dengan Ms. Dwi di sekolah :)