Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 20 Februari 2025

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 21 Februari 2025)

Hari / Tanggal : Jumat 21 Februari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. IPAS : Daerahku Kebanggaanku

2. Bahasa Indonesia         : Cinta Indonesia                                                                                                                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi masyarakat, menulis angka dan bilangan.

    IPAS


    Latihan 
    1Apa pengertian aktivitas ekonomi?

a. Kegiatan untuk bersosialisasi
b. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya
c. Kegiatan olahraga
d. Kegiatan seni dan budaya

2. Faktor apa yang menjadi penentu aktivitas ekonomi di suatu daerah?

a. Kepadatan penduduk dan budaya
b. Kondisi politik dan sosial
c. Kondisi geografis, sumber daya alam, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana
d. Tingkat pendidikan masyarakat

3. Bagaimana aktivitas ekonomi dapat memengaruhi kondisi perekonomian suatu daerah?

a. Tidak memiliki pengaruh
b. Meningkatkan kepadatan penduduk
c. Meningkatkan tingkat pendidikan
d. Mempengaruhi pendapatan dan kegiatan ekonomi di daerah tersebut

4. Aktivitas ekonomi di masyarakat mencakup berbagai sektor, salah satu di antaranya adalah sektor pertanian. Apa yang termasuk dalam aktivitas pertanian?

a. Perdagangan komoditas
b. Budidaya tanaman
c. Pelayanan jasa
d. Produksi barang industri

5. Jenis aktivitas ekonomi apa yang melibatkan produksi barang dengan menggunakan mesin dan teknologi?

a. Perdagangan
b. Pertanian
c. Perindustrian
d. Perkebunan

6. Seorang petani bekerja di ladangnya untuk menghasilkan pangan. Apakah jenis aktivitas ekonomi yang terlibat dalam kegiatan ini?

a. Perdagangan
b. Perindustrian
c. Pertanian
d. Peternakan

7. Aktivitas ekonomi di pelabuhan melibatkan kegiatan apa?

a. Produksi barang
b. Perdagangan internasional
c. Pelayanan kesehatan
d. Pertanian

8.  Di mana seseorang biasanya bekerja jika ia terlibat dalam aktivitas administrasi dan keuangan?

a. Sawah
b. Ladang
c. Perkantoran
d. Pabrik

9. Apa yang sangat berpengaruh terhadap jenis aktivitas perekonomian masyarakat suatu tempat?

a. Kepadatan penduduk
b. Kondisi sosial
c. Kondisi geografis dan sumber daya
d. Kesenian lokal

10. Mengapa barang yang diproduksi di daerah sendiri menggunakan sumber daya alam yang ada dapat menjadi produk kebanggaan daerah?

a. Karena produksinya murah
b. Karena memiliki kualitas unggul
c. Karena terbuat dari bahan impor
d. Karena memiliki desain yang sederhana

    

  BAHASA INDONESIA
   
    Sebagaimana telah diketahui secara umum, bahwa lazimnya ada dua macam angka yang digunakan dalam tulisan yaitu angka Arab dan angka Romawi. Di Indonesia sudah ada ketentuan dalam pemakaiannya, apakah dipakai angka Arab atau angka Romawi. Berikut ini beberapa ketentuan mengenai penulisan kedua angka tersebut.
    No.Kaidah PenulisanContoh
    1.Bilangan yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf.Sudah dua kali kami berkunjung ke museum itu.
    Jika bilangan ditulis secara berurutan seperti dalam perincian maka ditulis dengan angka/nomorPT Berkah Sejahtera memiliki 35 orang karyawan yang terdiri atas 15 karyawan laki-laki dan 20 karyawan perempuan
    2.Bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf.Tiga pemenang sayembara itu diundang ke Jakarta.
    Apabila bilangan pada awal kalimat tidak dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata, susunan kalimatnya diubah.Panitia mengundang 250 orang peserta. Catatan: Angka tidak boleh berada di awal kalimat, seperti: 250 orang peserta diundang panitia.
    3.Angka yang menunjukkan bilangan besar dapat ditulis sebagian dengan huruf supaya lebih mudah dibaca.Sekolah kami mendapatkan bantuan 250 juta rupiah untuk pengembangan perpustakaan sekolah.
    4.Angka dipakai untuk menyatakan satuan ukuran.
    1. panjang -> 8 sentimeter
    2. berat -> 7 kilogram
    3. luas -> 10 hektare
    4. isi -> 10 liter
    5. waktu -> 5 tahun 7 bulan 3 hari 1 jam 20 menit
    6. nilai uang-> Rp5.000,00.
    5.Angka dipakai untuk menomori alamat, seperti jalan, rumah, apartemen, atau kamar.
    1. Jalan Pulo Raya I No. 15
    2. Hotel Samudera, Kamar 542
    3. Gedung Wahana, Lantai II, Ruang 201
    6.Penulisan bilangan dengan huruf utuh
    1. dua belas (12)
    2. tiga puluh (30)
    3. lima ribu (5.000)
    Penulisan bilangan dengan huruf pecahan
    1. setengah atau seperdua (½)
    2. tiga perempat (¾)
    7.Penulisan bilangan tingkat.
    1. abad XX
    2. abad ke-20
    3. abad kedua puluh
    
    Latihan 
    Soal No.1 
  Berikut ini contoh penulisan angka dan bilangan yang tepat yaitu. . .
A. 6 orang siswa tidak hadir hari ini
B. sepuluh siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki
C. Adit lahir pada tahun dua ribu satu
D. Riri sudah dua kali pergi ke Gianyar

Soal No.2
Kapal ini dapat memuat tujuh puluh empat awak kapal termasuk kapten.

Kata yang dicetak tebal seharusnya diganti dengan....
A. 73             B. 74    C. 703        D. 704

Soal No.3
Abad dua puluh satu dikenal sebagai era globalisasi dan teknologi informasi.

Kata yang dicetak tebal seharusnya diganti dengan....
A. XXI        B. LLI        C. XXV        D. LLV

Soal No.4
 Penulisan angka yang tepat ada pada kalimat...

  A. Ibu mempunyai pita dengan panjang seratus dua belas cm
B. Rumahku ada di Jalan Pulo Raya I No. 15
C. Uangku tersisa 25.000 rupiah
D. Baru 1 kali kami berkunjung ke museum itu

 Soal No.5
Perbaikan atas alamat ini 'gedung wahana, lantai ii, ruang dua ratus satu,' adalah...

A. Gedung Wahana, Lantai II, Ruang 201
B. Gedung wahana, lantai 2, ruang 201
C. Gedung Wahana, lantai II, ruang 201
D. Gedung Wahana, Lantai 2, ruang 201


 
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  

Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 19 Februari 2025

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 20 Februari 2025)

Hari / Tanggal : Kamis / 20 Februari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Mata Pelajaran : P5

Tema : Kearifan Lokal 

Topik : Lestarikan Budayaku, Cintai Negeriku

Judul : Menggambar Batik dan Mewarnai Sesuai Kreasi


TUJUAN KEGIATAN P5 
 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
Peserta didik dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Pesertadidik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Pesertadidik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Pesertadidik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.


Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya masyarakt Indonesia pada umumnya.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran :
-Peserta didik dapat menggambar batik dan mewarnai sesuai kreasi.

Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, aamiin ....


Perhatikan video berikut :





Membatik pada pola sketsa Baju.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :
- LKPD
- Pensil
- Penghapus
- Alat Mewarnai

Langkah-langkah pembuatan silahkan simak video nya ya.. 🥰

Selamat mencoba..

Semoga berhasil..

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat, jangan lupa murojaah dan shalat lima waktu, terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum wr wb. 🙏🏼


Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua peserta didik antusias membuat gambar batik pada sketsa desain baju di LKPD yang telah dibagikan.

Selasa, 18 Februari 2025

Materi Ajar Matematika dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Rabu 19 Februari 2025)

Hari / Tanggal : Rabu, 19 Februari  2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika : Keliling Segitiga

2. Bahasa Indonesia : Cinta Indonesia                                         

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik  dapat menghitung keliling segitiga, dan mengenal kalimat perintah.

      Matematika
   

Rumus keliling segitiga adalah K = a + b + c ( sis 1 + sisi 2 + sisi 3) di mana a, b, dan c adalah panjang sisi-sisi segitiga. Rumus ini berlaku untuk semua jenis segitiga, termasuk segitiga sama sisi, sama kaki, dan sembarang. 
Cara menghitung keliling segitiga: 
  1. Jumlahkan panjang ketiga sisi segitiga.
  2. Tuliskan panjang masing-masing sisi ke dalam rumus K = a + b + c.
  3. Hitung hasilnya.
Contoh soal:
  • Jika sebuah segitiga memiliki panjang sisi 12 cm, 5 cm, dan 13 cm, maka keliling segitiga tersebut adalah 30 cm. 
Kerjakan soal berikut dengan cermat!

1. Perhatikan gambar berikut!
     Soal Luas dan Keliling Segitiga plus Kunci Jawaban 1
Keliling bangun di atas adalah .... cm
a. 21                b. 22                c. 24              d. 25

2.
Soal Luas dan Keliling Segitiga plus Kunci Jawaban 2
Jika keliling bangun di atas 86 cm, maka panjang alasnya adalah .... cm
a. 24               b. 26                 c. 28               d. 30    
  3. Keliling segitiga sama sisi dengan panjang sisi 26 cm adalah ....
    a. 72                b. 78               c. 80                d. 82

  4. Perhatikan gambar berikut!
Keliling segitiga di atas yaitu . . .
A. 12 cm               B. 16 cm   
  C. 24 cm                D. 32 cm
   5. Perhatikan gambar berikut!
Keliling segitiga di atas yaitu 47 cm. Panjang sisi a yaitu. . .
A. 16 cm            B. 17 cm  
  C. 18 cm            D. 19 cm
Bahasa Indonesia

   
   
  Soal No.1
Berikut ini salah satu contoh kalimat perintah yang sifatnya menyatakan ajakan yaitu. . .
A. dilarang membuang sampah sembarangan
B. harap tenang ada ujian sekolah
C. jangan merokok di ruangan ini!
D. ayolah kita berolahraga setiap hari!

Soal No.2
Kalimat perintah yang sifatnya menyatakan harapan biasanya dimulai dengan kata. . .
A. ayo
B. mari
C. hendaknya
D. jangan

Soal No.3
Perhatikan gambar berikut!
Tono dan Banu pergi ke museum. Mereka melihat plang seperti gambar di atas. Plang tersebut berisikan. . .
A. harapan
B. ajakan
C. larangan yang lunak
D. larangan yang keras

      Soal No. 4. ..... baju kotormu itu!
  
       Soal No. 5
      Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh Soal PTS/STS 2 Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1
 
Kalimat peringatan tersebut menggunakan kalimat perintah ....
a. permintaan
b. saran
c. larangan
      d. ajakan 

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik mengikuti pembelajaran dengan seksama.