Hari / Tanggal : Jumat 21 Februari 2025
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Daerahku Kebanggaanku
2. Bahasa Indonesia : Cinta Indonesia
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.
a. Kegiatan untuk bersosialisasi
b. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya
c. Kegiatan olahraga
d. Kegiatan seni dan budaya
2. Faktor apa yang menjadi penentu aktivitas ekonomi di suatu daerah?
a. Kepadatan penduduk dan budaya
b. Kondisi politik dan sosial
c. Kondisi geografis, sumber daya alam, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana
d. Tingkat pendidikan masyarakat
3. Bagaimana aktivitas ekonomi dapat memengaruhi kondisi perekonomian suatu daerah?
a. Tidak memiliki pengaruh
b. Meningkatkan kepadatan penduduk
c. Meningkatkan tingkat pendidikan
d. Mempengaruhi pendapatan dan kegiatan ekonomi di daerah tersebut
4. Aktivitas ekonomi di masyarakat mencakup berbagai sektor, salah satu di antaranya adalah sektor pertanian. Apa yang termasuk dalam aktivitas pertanian?
a. Perdagangan komoditas
b. Budidaya tanaman
c. Pelayanan jasa
d. Produksi barang industri
5. Jenis aktivitas ekonomi apa yang melibatkan produksi barang dengan menggunakan mesin dan teknologi?
a. Perdagangan
b. Pertanian
c. Perindustrian
d. Perkebunan
6. Seorang petani bekerja di ladangnya untuk menghasilkan pangan. Apakah jenis aktivitas ekonomi yang terlibat dalam kegiatan ini?
a. Perdagangan
b. Perindustrian
c. Pertanian
d. Peternakan
7. Aktivitas ekonomi di pelabuhan melibatkan kegiatan apa?
a. Produksi barang
b. Perdagangan internasional
c. Pelayanan kesehatan
d. Pertanian
8. Di mana seseorang biasanya bekerja jika ia terlibat dalam aktivitas administrasi dan keuangan?
a. Sawah
b. Ladang
c. Perkantoran
d. Pabrik
9. Apa yang sangat berpengaruh terhadap jenis aktivitas perekonomian masyarakat suatu tempat?
a. Kepadatan penduduk
b. Kondisi sosial
c. Kondisi geografis dan sumber daya
d. Kesenian lokal
10. Mengapa barang yang diproduksi di daerah sendiri menggunakan sumber daya alam yang ada dapat menjadi produk kebanggaan daerah?
a. Karena produksinya murah
b. Karena memiliki kualitas unggul
c. Karena terbuat dari bahan impor
d. Karena memiliki desain yang sederhana
- panjang -> 8 sentimeter
- berat -> 7 kilogram
- luas -> 10 hektare
- isi -> 10 liter
- waktu -> 5 tahun 7 bulan 3 hari 1 jam 20 menit
- nilai uang-> Rp5.000,00.
- Jalan Pulo Raya I No. 15
- Hotel Samudera, Kamar 542
- Gedung Wahana, Lantai II, Ruang 201
- dua belas (12)
- tiga puluh (30)
- lima ribu (5.000)
- setengah atau seperdua (½)
- tiga perempat (¾)
- abad XX
- abad ke-20
- abad kedua puluh
No. | Kaidah Penulisan | Contoh |
---|---|---|
1. | Bilangan yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf. | Sudah dua kali kami berkunjung ke museum itu. |
Jika bilangan ditulis secara berurutan seperti dalam perincian maka ditulis dengan angka/nomor | PT Berkah Sejahtera memiliki 35 orang karyawan yang terdiri atas 15 karyawan laki-laki dan 20 karyawan perempuan | |
2. | Bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf. | Tiga pemenang sayembara itu diundang ke Jakarta. |
Apabila bilangan pada awal kalimat tidak dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata, susunan kalimatnya diubah. | Panitia mengundang 250 orang peserta. Catatan: Angka tidak boleh berada di awal kalimat, seperti: 250 orang peserta diundang panitia. | |
3. | Angka yang menunjukkan bilangan besar dapat ditulis sebagian dengan huruf supaya lebih mudah dibaca. | Sekolah kami mendapatkan bantuan 250 juta rupiah untuk pengembangan perpustakaan sekolah. |
4. | Angka dipakai untuk menyatakan satuan ukuran. | |
5. | Angka dipakai untuk menomori alamat, seperti jalan, rumah, apartemen, atau kamar. | |
6. | Penulisan bilangan dengan huruf utuh | |
Penulisan bilangan dengan huruf pecahan | ||
7. | Penulisan bilangan tingkat. |
A. Gedung Wahana, Lantai II, Ruang 201
B. Gedung wahana, lantai 2, ruang 201
C. Gedung Wahana, lantai II, ruang 201
D. Gedung Wahana, Lantai 2, ruang 201