Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 15 November 2024

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 15 November 2024)

Hari / Tanggal : Selasa, 15 November 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : IPAS dan Bahasa Indonesia 

Media pembelajaran : video, gambar benda elektronik                                                                                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber energi listrik dan perubahan ernergi listrik, menulis surat pribadi sesuai dengan kaidah penulisan surat.

    IPAS
Enenrgi Listrik


Setelah menyimak tayangan video di atas kerjakan soal latihan berikut! 
Ayo Berlatih
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Perhatikan benda berikut!
  1. lemari
  2. bolpoin
  3. parfum
  4. blender
Benda yang hanya dapat berfungsi apabila mendapat energi listrik yaitu...
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Soal No.2
Sepeda motor Pak Anton dapat menyala dan memancarkan cahaya karena mendapatkan energi listrik dari ....
A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Tino bersama teman-temannya membuat rangkaian listrik seperti gambar di atas. Bagian rangkaian tersebut yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik yaitu ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoPilihan
1roda
2aki
3kabel
4baterai
5PLN
Zaki ditugaskan oleh Ibu guru untuk menuliskan sumber energi listrik. Agar tugas Zaki benar, maka dia harus menulis nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut . . . .
A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon

Soal No.6
Diana membeli kabel listrik di toko. Kemudian dia mengelupas bagian luar kabel yang berwarna hitam sehingga terlihat bagian dalam kabel yang terbuat dari ....
A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik

Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Benda pada gambar di atas dapat mengubah energi listrik menjadi energi....
A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas

Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!
Benda pada gambar di atas dapat kita lihat pada suatu ruangan. Fungsinya agar orang yang berada dalam ruangan tidak kepanasan. Benda tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi ....
A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya

Soal No.9
Dwita membuat rangkaian listrik sederhana dengan menggunakan 2 lampu, kabel, dan 1 baterai. Lampu dapat menyala pada rangkaian tersebut. Kemudian Dwita menambahkan 1 baterai lagi, maka lampu akan ....
A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai

Soal No.10
Adit memasang baterai pada senter sehingga senter dapat menyala. Tiba-tiba Adit melepas baterai lalu memasangnya secara terbalik pada senter, maka senter tersebut akan. . . .
A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)

Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!
Benda di atas yang dapat berfungsi dengan menggunakan sumber listrik arus searah (DC) ditunjukkan oleh nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal No.12
Salah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengubah sumber arus listrik dua arah menjadi sumber arus listrik searah yaitu....
A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas

Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!
Benda di atas terhubung dengan kabel milik PLN sehingga energi listrik dapat diperoleh masyarakat. Benda di atas disebut...
A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering

Soal No.14
Perhatikan gambar di bawah!
Fungsi benda pada gambar di atas yaitu ...
A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik

Soal No.15
Pembangkit listrik yang memanfaatkan air waduk yaitu ....
A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG

Soal No.16
Made berasal dari Kabupaten Bangli Provinsi Bali. Dia melihat banyak panel surya di kebun milik kakeknya. Alat yang dilihat Made digunakan untuk ....
A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA

Soal No.17
PLTU memanfaatkan hasil pemanasan ketel uap yang dapat memutar turbin. Bahan bakar yang digunakan yaitu ....
A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara

Soal No.18
Perhatikan gambar di bawah!
Pembangkit listrik pada gambar di atas memanfaatkan ....
A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi

Soal No.19
Perhatikan pernyataan berikut!
1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker

Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.20
Perhatikan gambar di bawah!
Pembangkit listrik di atas memanfaatkan bahan bakar ....
A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara


Bahasa Indonesia
Menulis Surat Pribadi 


Masih ingatkah kalian cara menulis surat yang baik? Nah, jurnal membaca kali ini memberikan contoh bagaimana menuliskan surat pribadi kepada tokoh pada artikel yang sedang kalian baca. Seandainya dapat menulis surat kepada tokoh utama, apakah yang akan kalian katakan dan tanyakan kepada tokoh tersebut? Tulislah surat pada selembar kertas. Perhatikan unsur penulisan surat pada contoh.
Bagian SuratKalimat
Tempat dan tanggal penulisan suratJudul Artikel : Ekspresi Diri Melalui Hobi
Penulis : Juarana
Sumber : Harian Silih Bangsa Edisi Minggu, 10 Agustus 2020
Tokoh Utama : Jefri
(1) Surabaya, 16 Agustus 2020
Nama dan alamat penerima suratUntuk: Jefri Mamantouw
Jalan Walanda Maramis 123A
Manado
Nama pengirimHai, Jefri, apa kabar? (3)
Kalimat pembuka suratKenalkan, namaku Doni. Aku tinggal di Surabaya. Aku seumuran denganmu. (4)
Isi suratAku membaca cerita tentang kamu di surat kabar. Aku sangat mengagumi mainan kardus buatanmu. Ternyata kita sama, kesulitan berbicara dan tidak punya banyak teman. Sayangnya, aku tidak seperti kamu. Aku pemalu. Setelah membaca kisahmu, aku ingin menjadi seperti kamu. Kamu hebat sekali, tetap semangat, meskipun banyak yang menyepelekanmu sebelumnya. Bisakah engkau mengajarkanku cara membuat mainan dari kardus? Aku ingin membuat model gajah dan jerapah. (5)
Kalimat penutupKuharap kamu mau menjadi temanku. Aku tunggu balasan darimu, ya! (6)
Salam penutup Salam, Teman barumu (7)

Doni Waluyo


Kamis, 14 November 2024

Materi Ajar Pendidikan Anti Korupsi Kelas 5C (Kamis 14 November 2024)

Hari / Tanggal : Kamis / 14 November 2024 

Kelas / Fase : 5C / C

Mata Pelajaran : PAK


Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran ya, jangan lupa berdoa terlebih dahulu..

Mata Pelajaran : Pendidikan Anti Korupsi

Salah satu nilai yang ada dalam mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi adalah "Tanggung Jawab".

Tanggung Jawab adalah melakukan tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kesiapan menanggung segala resiko atas perbuatannya sendiri.

Contoh Tanggung Jawab :

- Mengerjakan tugas dengan baik

- Melaksanakan tugas upacara dengan sungguh-sungguh 

Apakah kalian sudah tanggung jawab atas apa yang kalian kerjakan??

Simak video berikut ini :


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr wb 


Kesimpulan:

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, 3 peserta didik tidak masuk sekolah, 21 peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajaran PAK "Detektif Cilik" bersama dengan Kampus Mengajar.

Rabu, 13 November 2024

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 13 November 2024)

Hari / Tanggal : Rabu / 13 November 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

Model pembelajaran : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran : Video/PPT, Papan tulis, kertas, alat tulis, dll                                        

CP Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


CP BAHASA INDONESIA 

ELEMEN MENULIS

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu

menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam  bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.


CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran mengubah pecahan ke bilangan desimal, menulis surat pribadi dan mengidentifikasi norma 


   MATEMATIKA
                             


BAHASA INDONESIA 



Pendidikan Pancasila 



Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik masih ada 5 peserta didik yang masih kesulitan dalam mengubah pecahan ke bentuk desimal.

Senin, 11 November 2024

Materi Ajar Matematika dan Seni Rupa Kelas 5C (Senin 11 November 2024)

Hari / Tanggal : Senin / 11 November 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan Pelajaran : Matematika dan Seni Rupa

Media Pembelajaran : Video/PPT,  Tali KUR, Penjepit Kertas, Gunting          

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik diharapkan dapat menngubah pecahan desimal dan mampu membuat Makrame.

   Matematika
Pecahan Desimal


SENI BUDAYA 
Makrame
Simaklah video berikut ini!

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik antusias membuat gelang dan gantungan kunci dari tali KUR