Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 08 Maret 2024

Materi Ajar Seni Musik Kelas 1 (Jumat 8 Maret 2024)

Hari/Tanggal            : Jumat 8 Maret 2024            

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                       

Fase/Kelas                : A/1                                  

BAB/Tema                : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran : Bermain Bunyi                  

                                      

CP :
Peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/ media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana.

Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal.
2. Peserta didik dapat membandingkan jenis waena bunyi musikal melodis dan non melodis.

 ATP : 
1. Megidentifikasi jenis-jenis nada.
2. Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik.
Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajara  Seni Musik tentang bermain bunyi. 

 A. Bermain Bunyi 
  Jenis-Jenis alat musik:

Ada banyak jenis alat musik yaitu jenis alat musik ritmis dan alat musik melodis.
a. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada atau tingkatan nada, contoh nya seperti:
   1. Drum



    2. Gong
   3. Marakas


4. Kricikan

b. Alat musik Melodis adalah alat musik yang mempunyai tingkatan nada atau yang disebut tangga nada, Tingkatan nada memiliki nada yaitu Do Re Mi Fa Sol La Si Do.
Contoh alat musik melodis yaitu:
1. Piano
2. Gitar
3. Angklung



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Rabu, 06 Maret 2024

Materi Ajar Matematika Kelas 1 (Rabu 6 Maret 2024)

Hari/Tanggal : Rabu, 6 Maret 2024   

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung      

Fase/Kelas : A/1                                                                                                                            

BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20                                                                        

Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        



CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar  mata pelajaran matematika tentang nilai tempat.

A. Nilai tempat puluhan dan satuan.

Setiap angka pada suatu bilangan memiliki nilai yang berbeda sesuai tempatnya.
Perhatikan contoh berikut.

1. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan 




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selasa, 05 Maret 2024

Materi Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 (Selasa 5 Maret 2024)

Hari/Tanggal: Selasa / 5 Maret 2024    

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                

BAB/Tema                    :  4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar  

Materi Pembelajaran     : Lingkungan Sekitar

 Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 

 

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Ia dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikannya di rumah dan di sekolah

 

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1. Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya (P/ CK/BK).

2. Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar  bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat. (K/CD/SS). 

3. Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat (P/CK/ EK).

 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.

2. Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.

3. Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.

4. Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..

 

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Lingkungan Sekitar

Tata Cara dalam Bertetangga


Rumah yang berada dekat dengan rumah kita disebut tetangga.

Dalam kehidupan sehari-hari kita berhubungan dengan tetangga.

Setiap masing-masing rumah memiliki batas.

Batas itu bisa beruapa tembok, pagar, tanaman, jalan dan sebagainya.

Tata cara bertetangga yang baik yaitu dengan cara saling menghormati.

Untuk bertetangga yang baik, ada tata caranya yaitu:

1. Saling mengucap salam saat bertamu.

2. Mengucap permisi saat berkunjung.

3. Menjenguk bila ada yang sakit.

4. Membantu bia ada yang mengalami kesulitan.


Kita akan belajar tentang Arah Mata Angin, apakah disini ada yang tau, arah mata angin rumah kalian kemana? Kita bisa menggunakan alat untuk mengetahui arah mata angin rumah kita. Alat untuk melihat arah rumah kita yaitu kompas, dengan menggunakan kompas kita jadi tahu letak rumah kita menghadap kemana. Berikut contoh gambar kompas:


 Sekarang kita akan belajar tentang denah, apakah kalian tau denah? Berikut contoh denah


PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang lingkungan sekitar kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

 

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb