Hari / Tanggal : Jumat / 8 November 2024
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran : IPAS dan Bahasa Indonesia
Media pembelajaran : video, gambar benda elektronik
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Menulis
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber energi listrik dan perubahan ernergi listrik, menulis surat pribadi sesuai dengan kaidah penulisan surat
IPAS
Enenrgi Listrik
Setelah menyimak tayangan video di atas kerjakan soal latihan berikut!
Ayo Berlatih
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Zaki ditugaskan oleh Ibu guru untuk menuliskan sumber energi listrik. Agar tugas Zaki benar, maka dia harus menulis nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon
A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik
A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas
A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya
A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai
A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas
A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering
A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik
A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG
A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA
A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara
A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi
1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker
Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara
Soal No.1
Perhatikan benda berikut!- lemari
- bolpoin
- parfum
- blender
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
Soal No.2
Sepeda motor Pak Anton dapat menyala dan memancarkan cahaya karena mendapatkan energi listrik dari ....A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda
Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!Tino bersama teman-temannya membuat rangkaian listrik seperti gambar di atas. Bagian rangkaian tersebut yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik yaitu ....A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!No | Pilihan |
---|---|
1 | roda |
2 | aki |
3 | kabel |
4 | baterai |
5 | PLN |
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
Soal No.5
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut . . . .A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon
Soal No.6
Diana membeli kabel listrik di toko. Kemudian dia mengelupas bagian luar kabel yang berwarna hitam sehingga terlihat bagian dalam kabel yang terbuat dari ....A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik
Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!Benda pada gambar di atas dapat mengubah energi listrik menjadi energi....A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas
Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!Benda pada gambar di atas dapat kita lihat pada suatu ruangan. Fungsinya agar orang yang berada dalam ruangan tidak kepanasan. Benda tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi ....A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya
Soal No.9
Dwita membuat rangkaian listrik sederhana dengan menggunakan 2 lampu, kabel, dan 1 baterai. Lampu dapat menyala pada rangkaian tersebut. Kemudian Dwita menambahkan 1 baterai lagi, maka lampu akan ....A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai
Soal No.10
Adit memasang baterai pada senter sehingga senter dapat menyala. Tiba-tiba Adit melepas baterai lalu memasangnya secara terbalik pada senter, maka senter tersebut akan. . . .A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)
Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!Benda di atas yang dapat berfungsi dengan menggunakan sumber listrik arus searah (DC) ditunjukkan oleh nomor...A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Soal No.12
Salah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengubah sumber arus listrik dua arah menjadi sumber arus listrik searah yaitu....A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas
Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!Benda di atas terhubung dengan kabel milik PLN sehingga energi listrik dapat diperoleh masyarakat. Benda di atas disebut...A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering
Soal No.14
Perhatikan gambar di bawah!Fungsi benda pada gambar di atas yaitu ...A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik
Soal No.15
Pembangkit listrik yang memanfaatkan air waduk yaitu ....A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG
Soal No.16
Made berasal dari Kabupaten Bangli Provinsi Bali. Dia melihat banyak panel surya di kebun milik kakeknya. Alat yang dilihat Made digunakan untuk ....A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA
Soal No.17
PLTU memanfaatkan hasil pemanasan ketel uap yang dapat memutar turbin. Bahan bakar yang digunakan yaitu ....A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara
Soal No.18
Perhatikan gambar di bawah!Pembangkit listrik pada gambar di atas memanfaatkan ....A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi
Soal No.19
Perhatikan pernyataan berikut!1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker
Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
Soal No.20
Perhatikan gambar di bawah!Pembangkit listrik di atas memanfaatkan bahan bakar ....A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara
Bahasa Indonesia
Menulis Surat Pribadi
Masih ingatkah kalian cara menulis surat yang baik? Nah, jurnal membaca kali ini memberikan contoh bagaimana menuliskan surat pribadi kepada tokoh pada artikel yang sedang kalian baca. Seandainya dapat menulis surat kepada tokoh utama, apakah yang akan kalian katakan dan tanyakan kepada tokoh tersebut? Tulislah surat pada selembar kertas. Perhatikan unsur penulisan surat pada contoh.
Bagian Surat | Kalimat |
---|---|
Tempat dan tanggal penulisan surat | Judul Artikel : Ekspresi Diri Melalui Hobi Penulis : Juarana Sumber : Harian Silih Bangsa Edisi Minggu, 10 Agustus 2020 Tokoh Utama : Jefri (1) Surabaya, 16 Agustus 2020 |
Nama dan alamat penerima surat | Untuk: Jefri Mamantouw Jalan Walanda Maramis 123A Manado |
Nama pengirim | Hai, Jefri, apa kabar? (3) |
Kalimat pembuka surat | Kenalkan, namaku Doni. Aku tinggal di Surabaya. Aku seumuran denganmu. (4) |
Isi surat | Aku membaca cerita tentang kamu di surat kabar. Aku sangat mengagumi mainan kardus buatanmu. Ternyata kita sama, kesulitan berbicara dan tidak punya banyak teman. Sayangnya, aku tidak seperti kamu. Aku pemalu. Setelah membaca kisahmu, aku ingin menjadi seperti kamu. Kamu hebat sekali, tetap semangat, meskipun banyak yang menyepelekanmu sebelumnya. Bisakah engkau mengajarkanku cara membuat mainan dari kardus? Aku ingin membuat model gajah dan jerapah. (5) |
Kalimat penutup | Kuharap kamu mau menjadi temanku. Aku tunggu balasan darimu, ya! (6) |
Salam penutup | Salam, Teman barumu (7) Doni Waluyo |
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik yang berjumlah 24 orang antusias membuat surat pribadi.