Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 08 November 2024

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 8 November 2024)

Hari / Tanggal : Jumat / 8 November 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : IPAS dan Bahasa Indonesia 

Media pembelajaran : video, gambar benda elektronik                                                                                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber energi listrik dan perubahan ernergi listrik, menulis surat pribadi sesuai dengan kaidah penulisan surat 

    IPAS
Enenrgi Listrik


Setelah menyimak tayangan video di atas kerjakan soal latihan berikut! 
Ayo Berlatih
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Perhatikan benda berikut!
  1. lemari
  2. bolpoin
  3. parfum
  4. blender
Benda yang hanya dapat berfungsi apabila mendapat energi listrik yaitu...
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Soal No.2
Sepeda motor Pak Anton dapat menyala dan memancarkan cahaya karena mendapatkan energi listrik dari ....
A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Tino bersama teman-temannya membuat rangkaian listrik seperti gambar di atas. Bagian rangkaian tersebut yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik yaitu ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoPilihan
1roda
2aki
3kabel
4baterai
5PLN
Zaki ditugaskan oleh Ibu guru untuk menuliskan sumber energi listrik. Agar tugas Zaki benar, maka dia harus menulis nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut . . . .
A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon

Soal No.6
Diana membeli kabel listrik di toko. Kemudian dia mengelupas bagian luar kabel yang berwarna hitam sehingga terlihat bagian dalam kabel yang terbuat dari ....
A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik

Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Benda pada gambar di atas dapat mengubah energi listrik menjadi energi....
A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas

Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!
Benda pada gambar di atas dapat kita lihat pada suatu ruangan. Fungsinya agar orang yang berada dalam ruangan tidak kepanasan. Benda tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi ....
A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya

Soal No.9
Dwita membuat rangkaian listrik sederhana dengan menggunakan 2 lampu, kabel, dan 1 baterai. Lampu dapat menyala pada rangkaian tersebut. Kemudian Dwita menambahkan 1 baterai lagi, maka lampu akan ....
A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai

Soal No.10
Adit memasang baterai pada senter sehingga senter dapat menyala. Tiba-tiba Adit melepas baterai lalu memasangnya secara terbalik pada senter, maka senter tersebut akan. . . .
A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)

Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!
Benda di atas yang dapat berfungsi dengan menggunakan sumber listrik arus searah (DC) ditunjukkan oleh nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal No.12
Salah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengubah sumber arus listrik dua arah menjadi sumber arus listrik searah yaitu....
A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas

Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!
Benda di atas terhubung dengan kabel milik PLN sehingga energi listrik dapat diperoleh masyarakat. Benda di atas disebut...
A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering

Soal No.14
Perhatikan gambar di bawah!
Fungsi benda pada gambar di atas yaitu ...
A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik

Soal No.15
Pembangkit listrik yang memanfaatkan air waduk yaitu ....
A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG

Soal No.16
Made berasal dari Kabupaten Bangli Provinsi Bali. Dia melihat banyak panel surya di kebun milik kakeknya. Alat yang dilihat Made digunakan untuk ....
A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA

Soal No.17
PLTU memanfaatkan hasil pemanasan ketel uap yang dapat memutar turbin. Bahan bakar yang digunakan yaitu ....
A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara

Soal No.18
Perhatikan gambar di bawah!
Pembangkit listrik pada gambar di atas memanfaatkan ....
A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi

Soal No.19
Perhatikan pernyataan berikut!
1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker

Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.20
Perhatikan gambar di bawah!
Pembangkit listrik di atas memanfaatkan bahan bakar ....
A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara


Bahasa Indonesia
Menulis Surat Pribadi 

Masih ingatkah kalian cara menulis surat yang baik? Nah, jurnal membaca kali ini memberikan contoh bagaimana menuliskan surat pribadi kepada tokoh pada artikel yang sedang kalian baca. Seandainya dapat menulis surat kepada tokoh utama, apakah yang akan kalian katakan dan tanyakan kepada tokoh tersebut? Tulislah surat pada selembar kertas. Perhatikan unsur penulisan surat pada contoh.
Bagian SuratKalimat
Tempat dan tanggal penulisan suratJudul Artikel : Ekspresi Diri Melalui Hobi
Penulis : Juarana
Sumber : Harian Silih Bangsa Edisi Minggu, 10 Agustus 2020
Tokoh Utama : Jefri
(1) Surabaya, 16 Agustus 2020
Nama dan alamat penerima suratUntuk: Jefri Mamantouw
Jalan Walanda Maramis 123A
Manado
Nama pengirimHai, Jefri, apa kabar? (3)
Kalimat pembuka suratKenalkan, namaku Doni. Aku tinggal di Surabaya. Aku seumuran denganmu. (4)
Isi suratAku membaca cerita tentang kamu di surat kabar. Aku sangat mengagumi mainan kardus buatanmu. Ternyata kita sama, kesulitan berbicara dan tidak punya banyak teman. Sayangnya, aku tidak seperti kamu. Aku pemalu. Setelah membaca kisahmu, aku ingin menjadi seperti kamu. Kamu hebat sekali, tetap semangat, meskipun banyak yang menyepelekanmu sebelumnya. Bisakah engkau mengajarkanku cara membuat mainan dari kardus? Aku ingin membuat model gajah dan jerapah. (5)
Kalimat penutupKuharap kamu mau menjadi temanku. Aku tunggu balasan darimu, ya! (6)
Salam penutup Salam, Teman barumu (7)

Doni Waluyo

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik yang berjumlah 24 orang antusias membuat surat pribadi.

Kamis, 07 November 2024

Materi Ajar P5 dan Pendidikan Anti Korupsi Kelas 5C (Kamis 7 November 2024)

Hari / Tanggal : Kamis / 7 November 2024 

Kelas / Fase : 5C / C

Mata Pelajaran : P5 dan PAK


Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik "Cipta Karya Sampah Kita". Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.

Tema : Kewirausahaan

Topik : Cipta Karya Sampah Kita

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat dari bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Simak Video berikut ini :


Mata Pelajaran : Pendidikan Anti Korupsi

Salah satu nilai yang ada dalam mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi adalah "Tanggung Jawab".

Tanggung Jawab adalah melakukan tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kesiapan menanggung segala resiko atas perbuatannya sendiri.

Contoh Tanggung Jawab :

- Mengerjakan tugas dengan baik

- Melaksanakan tugas upacara dengan sungguh-sungguh 

Apakah kalian sudah tanggung jawab atas apa yang kalian kerjakan??

Simak video berikut ini :


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.

Terimakasih


Kesimpulan :

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik antusias membuat gelang dari tali KUR.

Wassalamu'alaikum wr wb 

Rabu, 06 November 2024

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 6 November 2024

Hari / Tanggal : Rabu / 6 November 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

Model pembelajaran : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran : Video/PPT, Papan tulis, kertas, alat tulis, dll                                        

CP Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


CP BAHASA INDONESIA 

ELEMEN MENULIS

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu

menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam  bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.


CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran mengubah pecahan ke bilangan desimal, menulis surat pribadi dan mengidentifikasi norma 


   MATEMATIKA
                             


BAHASA INDONESIA 



Pendidikan Pancasila 



Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, ada 5 peserta didik masih kesulitan dalam mengubah pecahan ke bentuk desimal.

Selasa, 05 November 2024

Materi Ajar IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Selasa 5 November 2024)

Hari / Tanggal : Selasa, 5 November 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Mata Pelajaran : IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

Media pembelajaran : video/PPT                                                                                                

Capaian  Pembelajaran IPAS

1. Elemen Pemahaman IPAS:


CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjelaskan proses siklus air, membuat kalimat dengan awalan me-, akhiran kan dan akhiran lah


    IPAS



  Ayo Berlatih!
     1. Apa yang dimaksud dengan evaporasi?
2   2. Apa yang dimaksud dengan kondensasi?
3   3. Apa yang dimaksud dengan presipitasi? 
     4. Apa yang dimaksud dengan transpirasi? 
     5. Apa yang dimaksud dengan infiltrasi? 




Akhiran Kan dan Lah
Akhiran adalah imbuhan yang dibubuhkan pada akhir sebuah kata. Dalam bahasa Indonesia,ada beberapa akhiran yang sering digunakan.

Akhiran -kan adalah akhiran yang mengubah kata dasar menjadi kata kerja.Kata kerja yang terbentuk menyatakan makna perintah. Contoh: ambilkan, dengarkan, pindahkan, tuangkan.

Akhiran -lah adalah akhiran yang mengubah kata dasar menjadi kata kerja. Kata kerja yang terbentuk menekankan kata dasarnya dan menyatakan perintah. Contoh: buatlah, gambarlah.

Latihan
Saatnya kalian melatih pemahaman tentang penggunaan imbuhan me- pada kalimat. Perhatikan gambar di bawah ini. Ini adalah Nina. Nina suka melukis. Ilustrasi di bawah ini menggambarkan urutan kegiatan Nina.
Kegiatan Nina
Sekarang, ubahlah kata-kata di dalam kurung dengan menambahkan imbuhan me-sehingga menjadi kalimat yang baik dan benar.

Pertama-tama, Nina menyiapkan alat-alat lukisnya. Kertas lukis, kuas, cat cair, segelas air, dan palet. Lalu, Nina (tuang) beberapa warna cat ke dalam palet. Nina (tambah) sedikit air di setiap warna cat lalu (aduk) cat hingga sedikit cair dan siap digunakan. Nina juga (buat) satu warna baru. Ia (campur) warna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu. Setelah persiapan warna selesai, Nina siap (lukis) pada permukaan kertas lukis.


Latihan
Berikut adalah petunjuk membuat nasi goreng. Tambahkan imbuhan -lah atau -kan yang sesuai untuk kata-kata di dalam kurung.

Nasi Goreng
  1. (siap) bahan-bahan yang di(perlu).
  2. (tuang) minyak ke dalam penggorengan.
  3. (masuk) bawang dan cabai iris saat minyak sudah panas. 
  4. (tunggu) sampai bawang layu, lalu (masuk) telur. 
  5. (tambah) nasi, kecap, dan sedikit garam, lalu aduk-aduk.
  6. (tata) nasi goreng di atas piring dengan tambahan kerupuk, potongan tomat, atau taburan bawang goreng.

Pendidikan Pancasila 



Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik dapat menyebutkan macam-macam norma dalam kehidupan.