Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 26 Januari 2023

Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 PB 2 (Jumat 27 Januari 2023)

Hari/Tanggal : Jumat/27 Januari 2023

Tema               : 7 Indahnya Keragaman di Negeriku

Subtema         : 1 ( Keragaman Suku Bangsa dan agama di negriku) 

Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu Apuse sesuai dengan naik turunnya nada pada lagu Apuse dengan percaya diri.

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengenal contoh-contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah membahas tentang banyaknya suka bangsa dan karya seni 3 dimensi.Pada pertemuan hari ini miss akan menyampaikan materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 2 


Pembelajaran 2




Indonesia terdiri atas ribuan suku bangsa yang 
tersebar di berbagai daerah.Suku bangsa apa yang ada di daerahmu?

Salah satu lagu terkenal dari Papua adalah “Apuse”. Lirik lagu “Apuse”menceritakan kisah perpisahan seseorang dengan kakek dan neneknya. Sicucu ini akan merantau ke negeri seberang. Perhatikan notasi lagu “Apuse” berikut. Dengarkan gurumu menyanyikan lagu ini.

















Gerakan melangkahkan kaki juga termasuk gaya otot. Melangkahkan kaki menyebabkan tubuh berpindah tempat.

Lakukan kegiatan ini dengan teman sebangkumu.
1. Siapkan beberapa buah buku, lalu ajaklah teman sebangkumu untuk bertukar buku.
2. Catatlah kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan ketika melakukan proses penukaran buku.
3. Tuliskan hasil kegiatan yang kamu lakukan.
4. Gaya apa yang digunakan dalam kegiatan penukaran buku ini?

Aktivitas bertukar buku merupakan salah satu contoh pemanfaatan gaya otot. Dengan memanfaatkan gaya otot, kita dapat memindahkan benda-benda ringan dengan mudah. Gaya otot sangat bermanfaat dalam
kehidupan sehari-hari.

Tugas. 
1. Sebutkan contoh kegiatan dari gaya otot? 
2  Lagu Apuse berasal dari... 
3. Sebutkan lagu yang berasal dari lampung? 

Rabu, 25 Januari 2023

Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 PB 1 & Matematika (Kamis 26 Januari 2023)


Hari/Tanggal : Kamis/26 Januari 2023

Tema : 7 Indahnya Keragaman Negeriku

Subtema : 1 ( Keragaman Suku Bangsa dan agama di negriku) 

Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran 1 :

1. Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar. 

2. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat. 

3. Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat 

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah membahasakan tentang cita cita pada tema 6.Pada pertemuan hari ini miss akan menyampaikan materi tema 7 subtema 1 pembelajaran 1

Pembelajaran 1 ;

Let's check this video


Bangsa Indonesia terdiri atas banyak suku bangsa. 

Bacalah teks berikut

                 Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan. 

Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia. 

Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia. 




Dari kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat suku bangsa. Setiap suku bangsa kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. 
Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.


Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambardi atas? Coba, ceritakan kepada teman-temanmu. Apakah teman-temanmujuga menjumpai jenis alat transportasi seperti yang kamu sebutkan?
Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut?
Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau
pedati.

Aktivitas yang telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya.
Aktivitas yang kamu lakukan terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya.
Aktivitas yang kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya















































MATERI MATEMATIKA

Materi Hubungan Antar Garis

Macam-Macam Garis

Ruas GarisGarisSinar Garis  
Bagian garis yang dibatasi oleh dua titik berbeda pada kedua ujungnyaPerpanjangan ruas garis pada kedua ujungnyaPerpanjangan ruas garis pada salah satu titik ujungnya


Catatan:

Garis sebidang contohnya :
Garis AB dengan Garis EF
Garis AB dengan Garis AE
Garis BC dengan Garis DC
dan lainnya

Garis tidak sebidang contohnya:
Garis AB dengan Garis FG
Garis AE dengan Garis CG
Garis EH dengan Garis BC
dan lainnya 

Selasa, 24 Januari 2023

Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 PB 6 & Matematika (Rabu 25 Januari 2023)


Hari/Tanggal              : Rabu, 25  Januari 2023

Kelas                             : IV B 

Tema                             : 6 (Cita-citaku)

Subtema                       : 3 (Giat Berusaha Meraih Cita-cita)

Pembelajaran             : 6

Tujuan Pembelajaran :
  1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. 
  2. Melalui kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat  karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
Baik anak soleh solehah kelas 4, kemarin kita sudah belajar Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 5 tentang membaca teks dan karya seni tempel montase. . Nah hari ini kita akan belajar di pembelajaran 6 tentang memahami isi bacaan dan karya seni tempel mozaik. 

Let's check this video

Bacalah teks berikut ini





























Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian membantu kita untuk mengekspresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar kita. Selain seni sastra, seni rupa merupakan salah satu seni yang membantu kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda. Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase.
Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan benda-benda itu, antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca,
potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar.
Langkah-langkah membuat mozaik :
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.
a. Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian
b. Lem
c. Pensil
d. Penghapus
e. Kertas gambar A4
f. Gunting/pelubang kertas
2. Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengan
keinginan kita, misalnya seperti gambar di bawah ini.











3. Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.
4. Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkan potongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, seperti jarum atau benda runcing lainnya.














5. Tutupi pola secara menyeluruh dengan kertas warna-warni sesuai dengan keinginanmu.


















MATERI MATEMATIKA

Materi Hubungan Antar Garis

Macam-Macam Garis

Ruas GarisGarisSinar Garis  
Bagian garis yang dibatasi oleh dua titik berbeda pada kedua ujungnyaPerpanjangan ruas garis pada kedua ujungnyaPerpanjangan ruas garis pada salah satu titik ujungnya


Catatan:

Garis sebidang contohnya :
Garis AB dengan Garis EF
Garis AB dengan Garis AE
Garis BC dengan Garis DC
dan lainnya

Garis tidak sebidang contohnya:
Garis AB dengan Garis FG
Garis AE dengan Garis CG
Garis EH dengan Garis BC
dan lainnya 

Senin, 23 Januari 2023

Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 PB 4 dan 5 (Selasa 24 Januari 2023)



Hari/Tanggal        : Selasa , 24 Januari 2023

Kelas                       : IV B

Tema                       : 6 (Cita-citaku)

Subtema                 : 3 (Giat Berusaha Meraih Cita-cita)

Pembelajaran       : 4 dan 5 

Tujuan Pembelajaran PB 4 :

1. Melalui kegiatan mengamati siswa mampu menuliskan makna sebuah puisi dengan benar.

2. Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang terdapat di daerahnya dengan rinci.

3. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menuliskan satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya dengan tepat.

Baik anak soleh solehah kelas 4, kemarin kita sudah belajar Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 3 tentang agama di Indonesia beserta tempat ibadah, kitab suci dan hari rayanya. Nah hari ini kita akan belajar di pembelajaran 4 dan 5 tentang mengidentifikasi sumber daya alam dan juga perayaan agama.


Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik.  Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.

Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

1. V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.

2. VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.

3. VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya. Kemiskinan keluarganya tidak menghalanginya mengejar mimpinya hingga ke negeri orang. Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung, memang tidak dapat menyediakan banyak dana untuk sekolah Andrea.   Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia.  Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang. 

Perhatikan peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang berikut!

Berdasarkan peta sumber daya alam bahan  tambang di atas, terdapat berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.  Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang

Tujuan Pembelajaran PB 5 : 

  1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar. 
  2. Melalui kegiatan membuat montase, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
  3. Melalui kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat  karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh. 

Ringkasan Materi

Lets check the video



Kamu telah mengetahui bagaimana menggunakan tekanan dan jeda yang tepat pada saat mendeklamasikan puisi.  Selain pelafalan, intonasi dan tekanan yang tepat, kamu juga harus dapat menunjukkan ekspresi wajah yang sesuai dengan isi puisi. Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui makna atau isi puisi. Pada saat mendeklamasikan sebuah puisi, pahamilah isi dan pesan yang ingin disampaikan. Apabila puisimu tentang harapan dan doa, ekspresi wajahmu harus mendukungnya, yaitu berekspresi yang sama saat kamu berdoa. Jika puisimu berkisah tentang harapan, ekspresimu harus me- nunjukkan mata berbinar dengan pandangan jauh menerawang. Jika puisimu berisi tentang pengalaman sedih, ekspresimu harus menunjukkan kesedihan yang mendalam seperti saat kamu kehilangan orang terkasih.  Kamu dapat melatih perubahan ekspresi wajah dengan menggunakan kaca atau dengan bantuan temanmu. Setelah kamu menghafalkan puisi, kamu dapat menjiwai puisi dengan menempatkan dirimu sebagai bagian dari isi puisi tersebut.

Berikut adalah contoh membaca puisi dengan memperhatikan intonasi, ekspresi

SBdP

Ingatkah kamu tentang rumah-rumah ibadah di Indonesia? Tentu kamu telah mempelajari bagaimana umat beragama tersebut menggunakannya. Kali ini, kamu akan membuat sebuah karya seni rupa tentang perayaan keagama-an dan rumah ibadah sebagai objeknya dalam bentuk montase.   Montase merupakan karya seni yang dibuat dari berbagai foto atau gambar yang digabungkan dengan gambar tangan, gambar-gambar tersebut bisa terdiri atas berbagai macam gambar yang berasal dari foto, majalah, atau bahan lainnya. Gambar-gambar itu diatur sedemikian rupa sehingga membuat gambar baru yang mencapai makna.

Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.

1. Kertas gambar

2.  Gambar-gambar yang sudah ada, termasuk gambar rumah ibadah

3. Lem kertas

4. Gunting

5.  Alat gambar (pensil, spidol, pensil warna)

 Cara Kerja: 

Pertama, potong atau guntinglah gambar-gambar yang telah disiapkan mengikuti bentuknya.

Kedua, tempel gambar-gambr tersebut pada kertas gambar dengan menggunakan lem kertas. Gambar tersebut disusun sesuai cerita yang kita inginkan. 

Terakhir, sempurnakan karya montase dengan menambahkan gambar tangan.Berikut adalah contoh membaca puisi dengan memperhatikan intonasi, ekspresi

SBdP

Ingatkah kamu tentang rumah-rumah ibadah di Indonesia? Tentu kamu telah mempelajari bagaimana umat beragama tersebut menggunakannya. Kali ini, kamu akan membuat sebuah karya seni rupa tentang perayaan keagama-an dan rumah ibadah sebagai objeknya dalam bentuk montase. Montase merupakan karya seni yang dibuat dari berbagai foto atau gambar yang digabungkan dengan gambar tangan, gambar-gambar tersebut bisa terdiri atas berbagai macam gambar yang berasal dari foto, majalah, atau bahan lainnya. Gambar-gambar itu diatur sedemikian rupa sehingga membuat gambar baru yang mencapai makna.


Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut

1. Kertas gambar. 

2.Gambar-gambar yang sudah ada, termasuk gambar rumah ibadah

3. Lem kertas

4. Gunting

5. Alat gambar (pensil, spidol, pensil warna)

Cara Kerja:

Pertama, potong atau guntinglah gambar-gambar yang telah disiapkan mengikuti bentuknya.

Kedua, tempel gambar-gambr tersebut pada kertas gambar dengan menggunakan lem kertas. Gambar tersebut disusun sesuai cerita yang kita inginkan. 

Terakhir, sempurnakan karya montase dengan menambahkan gambar tangan.