Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 11 Maret 2022

Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 PB 3 (Jumat 11 Maret 2022)

MATERI AJAR TEMATIK

Kelas : IV B 

Tema : Daerah Tempat Tinggalku

Subtema : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 3

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKn

Hari / Tanggal : Jumat / 11 Maret 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii..... Jumat berkah...

 ðŸ˜ŠðŸ˜Š

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat ya.

Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah.

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...

Sebelum kita mulai belajar hari ini,

Yuk kita baca dulu tujuan pembelajaran hari ini

Tujuan pembelajaran hari ini yaitu melalui bimbingan guru dari media Daring, kalian mampu menuliskan pengetahuan baru dari teks yang telah dibaca, dapat menjelaskan tentang bentuk, bahan pembuat, dan keunikan dari rumah adat daerah dan dapat menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat dengan tepat.

Selamat belajaarr...!!


Hari itu, Dayu dan teman-teman berdiskusi mengenai berbagai pekerjaan sesuai lingkungan tempat tinggalnya. Mereka juga berdiskusi mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Dayu bercerita bahwa dia dan ayahnya pernah berbincang dengan seorang bapak yang pekerjaannya menjadi badut. Bapak itu bernama Pak Andi. Pak Andi bekerja di sebuah mal dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pagi hari, Pak Andi menjadi badut di sebuah taman bermain yang letaknya tidak jauh dari mal. Sampai akhirnya, pem bicaraan Dayu, Ayah Dayu, dan Pak Andi berlanjut dengan bertukar alamat. Ternyata, tempat tinggal Pak Andi tidak jauh dari mal yang Dayu kunjungi.


Ayo Mengamati
Amatilah gambar-gambar di bawah.
Produksi Distribusi dan Konsumsi Buku
Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi. 

1. Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?
Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan produsen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang atau jasa.
2. Apakah yang dimaksud distribusi dan distributor?
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut didistribusikan dari produsen kepada konsumen. Distributor adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
3. Apakah yang dimaksud konsumsi dan konsumen?
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dan jasa. Konsumen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang menggunakan barang atau jasa yang dihasilkan produsen.
4. Apa kegiatan penduduk pada gambar rubik “Ayo Mengamati” ?
Pada gambar tersebut terdapat tiga pelaku kegiatan ekonomi, yaitu produsen, distributor, dan konsumen. Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut saling berkaitan. Pengusaha memproduksi barang berupa buku. Agar buku tersebut sampai ke tangan konsumen (pelajar), buku tersebut didistribusikan ke toko-toko buku. Toko buku bertindak sebagai penjual buku. Dengan demikian, pelajar sebagai konsumen dapat membeli buku di toko buku dan menggunakannya untuk belajar.
5. Dalam memproduksi buku, seorang produsen melibatkan banyak pekerja. Di antaranya ada penulis buku, ada yang menata isi buku, ada yang menggambar isi buku, ada yang mencetak, ada yang menjilid, ada yang menata buku dalam kardus, ada sopir yang mengantar ke toko-toko buku, dan lain sebagainya. Nah, pilih salah satu diantara pekerja yang ada pada produksi buku. 
Syarat menjadi seorang penulis buku antara lain :
  1. Memiliki ketrampilan menulis yang baik
  2. Memiliki pengalaman yang luas
  3. Memiliki pengetahuan mendalam
  4. Memiliki wawasan yang luas dalam berbagai bidang

Buku merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk membuka cakrawala. Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat julukan Kota Pelajar? Kota dengan julukan Kota Pelajar adalah Yogyakarta.

Kota Yogyakarta memiliki banyak keunikan. Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar. Tahukah kamu perguruan tinggi di Yogyakarta yang sangat terkenal? Perguruan tinggi itu adalah Universitas Gadjah Mada yang disingkat UGM. Selain UGM, masih banyak lagi perguruan tinggi di Yogyakarta seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena banyak perguruan tinggi di Yogyakarta, banyak orang yang bekerja sebagai dosen atau guru.

Bagaimanakah karakteristik pelajar di kota Yogyakarta? Saat ini daerah Yogyakarta sudah dihuni banyak suku bangsa di Indonesia seperti suku Jawa, Sunda, Batak, serta etnis TiongHoa. Oleh karena itu, karakteristik pelajar yang ada di Yogyakarta beragam. Di sekolah, setiap pelajar harus bisa menghormati keragaman karakteristik di antaranya mau berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya. Begitu juga saat di lingkungan tempat tinggal, para pelajar dari berbagai daerah yang tinggal di satu lingkungan harus hidup rukun. Manusia harus hidup rukun di tengahtengah perbedaan. Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan merupakan sarana untuk saling mengenal. Sebagai contoh, pada saat di lingkungan tempat tinggal mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, para pelajar dari berbagai daerah pun ikut serta dalam bekerja bakti.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Keragaman Fisik
Apakah gambar di atas menunjukkan keragaman karakteristik? Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas? 
Terdapat keberagaman karakteristik pada gambar anak-anak tersebut, yaitu keberagaman fisik. Ada anak berkulit gelap. Ada juga anak berkulit putih. Meskipun berbeda warna kulit, mereka tetap bekerja sama dalam melakukan tugas kelompok.

Kamu di sekolah mempunyai banyak teman dengan keragamannya. Ada teman dengan ciri fisik berbeda-beda. Ada teman berbeda agama. Ada juga teman dengan asal daerah tempat tempat tinggal berbeda. Bagaimana kamu menyikapi keragaman karakteristik di sekolahmu? 
Cara menyikapi keberagaman karakteristik di sekolah yaitu dengan menghormati dan menghargai teman yang berbeda fisik, agama, dan asal daerah. Kita harus tetap menjalin persahabatan dengan semua teman tanpa membeda-bedakan, baik fisik, agama, maupun asal daerah.

Daerah tempat tinggal penduduk Yogyakarta beragam. Ada daerah dataran tinggi, dataran rendah, pesisir, kota, dan desa. Di Yogyakarta juga banyak dijumpai sungai, di antaranya Sungai Opak, Sungai Code, Sungai Kuning, Sungai Progo, dan Sungai Gajah Wong.

Salah satu sungai di Yogyakarta yang memiliki cerita legenda adalah Sungai Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20 kilometer. Pada abad ke-17, kali ini merupakan kali yang kecil. Masyarakat di daerah tersebut menyebutnya dengan kalen, yang artinya kali kecil. Dan kebetulan airnyapun hanya gemercik mengalir sedikit sekali.

TUGAS
Membaca dan memahami materi hari ini, kirim foto kegiatan pada guru kelasmu.. 😊

Kamis, 10 Maret 2022

Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 PB 2 (Kamis 10 Maret 2022)

TEMATIK


Kelas : IV B 

Tema : Daerah Tempat Tinggalku

Subtema : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPA, SBDP

Hari / Tanggal : Kamis / 10 Maret 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....

 ðŸ˜ŠðŸ˜Š

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat ya.

Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah.

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...

Selamat belajaarr...!!


Aku berasal dari Bali. Banyak orang bilang Bali sangatlah unik. Keunikan Bali di antaranya terlihat dari keragaman kesenian yang ada. Bagaimana keunikan Bali dilihat dari keseniannya berupa karya tari?


Dayu berasal dari Bali. Bali terkenal dan kaya ragam tari-tarian yang indah. Dayu sangat menyukai tari. Oleh sebab itu, Dayu rajin berlatih tari. Kali ini, Dayu berlatih tari Pendet.

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerakgerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis. Selain Bali, daerah lain juga memiliki ragam tari daerah berbeda. Tarian apa sajakah itu? Ayo, kita cari tahu bersama.

Ayo Berdiskusi
Apa saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? 
Perhatikan tabel dibawah ini!
No.Nama Tari TradisionalDaerah Asal
1.Tari Tor-torSumatra Utara
2Tari PiringSumatra Barat
3.Tari YapongDKI Jakarta
4.Tari GambyongJawa Tengah
5.Tari Reog PonorogoJawa Timur
6.Tari KecakBali
7.Tari HudogKalimantan Timur
8.Tari BalumpaSulawesi Tenggara
9.Tari BerburuPapua

Setiap tarian daerah memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tari daerah terlihat dari unsur-unsur tari. Gerak merupakan unsur utama dalam tari. Unsur lain adalah busana, tata rias, iringan, dan properti atau perlengkapan tari. Gerak tari adalah serangkaian gerakan indah dari anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain. Gerak tari nusantara sangat beragam. Gerak tari dari suatu daerah berbeda dengan daerah lain.

Ayo Mengamati
Berikut keragaman tari dari berbagai daerah.
Tarian Daerah

Ada dua jenis karya tari, yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari tradisional? Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.


1. Tari Tradisional
No.Nama Tari TradisionalDaerah Asal
1.Tari GambyongJawa Tengah
2Tari PiringSumatra Barat
3.Tari KecakBali
4.Tari RemoJawa Timur
5.Tari Topeng CirebonJawa Barat


2. Tari Kreasi
Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari kreasi baru? Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali. Carilah contoh tari kreasi baru yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.
No.Nama Tari KreasiDaerah Asal
1.Tari ApusePapua
2.Tari MerakJawa Barat
3.Tari Manuk RawaBali
4.Tari Rara NgigelJogjakarta
5.Tari ManipurenJawa Tengah

Ayo Berlatih
Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? 
Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda
  1. Gaya dapat menggerakkan benda diam
  2. Gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam
  3. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda
  4. Gaya dapat mengubah arah gerak benda

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.
  1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.

  2. No.Peristiwa Gerakan BendaPengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda
    1.
    Mendorong Meja
    Gaya dapat menggerakan benda diam
    2
    Menahan Bola
    Gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam
    3.
    Naik Sepeda
    Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda
    4.
    Ronaldo
    Gaya dapat mengubah arah gerak benda

TUGAS

Bacalah cerita yang berjudul Terjadinya Selat Bali yang ada dibuku cetak tematik Tema 8, halaman 76-77. Kemudian jawablah pertanyaan dibawah ini.
1. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
2. Pada Pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mempelajari tentang tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Apa yang dimaksud dengan tokoh protagonis? Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Jelaskan!
3. Tuliskan tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
4. Tuliskan tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

Kerjakan dibuku tulis kalian, foto lalu kirimkan pada guru kelasmu!