Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 12 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 PB 3 (Jumat 12 Mei 2023)

Hari/Tanggal               : Jumat / 12 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 3

Aokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.5  Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa mengidentifikasi sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif dengan penuh kepedulian.

3.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dengan penuh kepedulian.

Pada pertemuan sebelum nya kita sudah membahas tentang pelestarian sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 3 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini..... 


IPA

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.  Sumber  energi  alternatif  berasal  dari  sumber  energi  yang  dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut, dan biomasa. Mari kita mencari tahu lebih lanjut. Sumber  energi  alternatif  merupakan  sumber  energi  yang  bukan  sumber  energi tradisional yaitu bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati


Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah  merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas. Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi. 

SBdP
Menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan sumber daya alam, salah satunya adalah sumber energi,  dapat dilakukan oleh diri sendiri dan mengajak orang-orang di sekitar kita. Media yang dapat digunakan untuk melakukan ajakan tersebut dapat berupa poster. Amati dan cermatilah poster berikut yang menunjukkan kepedulian terhadap sumber daya alam yakni air. Poster yang mengajak kita berhemat air sebagai salah satu upaya untuk melestarikan ketersediaan air bersih.


Tugas Hari Ini :
"MEMBUAT POSTER TENTANG ENERGI ALTERNATIF"


Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 11 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 PB 2 & Matematika (Kamis 11 Mei 2023)

Hari/Tanggal                : Kamis / 11 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 2

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PPKN

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

KD SBdP

3.2  Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada. 


Tujuan Pembelajaran

1. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.

2. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.


Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang dampak kerusakan sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 2 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.


PKN 

Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut. (seperti gambar yang ada dibuku tema 9 halaman 115).

Banyak kegiatan yang menggunakan air misalnya, mandi , mengepel, minum, mencuci dan lain sebagianya. hal tersebut merupakan hak masyarakat dalam memanfaatkan air. Selain hak, masyarakat juga memiliki kewajiban untuk melestarikan ketersediaan air bersih.  Kewajiban tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
1. mematikan keran air saat tidak digunakan 
2. menanam pohon di pekarangan rumah
3. tidak membuang sampah ke selokan 
4. mandi atau mencuci dengan air yang secukupnya
tidak menebang pohon yang dapat mengganggu kelestarian air. 

Melestarikan sumber daya alam merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat. hal tersebut dilakukan agar sumber dayya alam tetap lestari dan bisa dimanfaatkan. berikut ini adalah contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam, yaitu 
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.


SBdP
Ayo Bernyanyi :)

Menghemat penggunaan air bersih merupakan contoh perilaku yang menunjukkan rasa cinta terhadap lingkungan.  Perwujudan rasa cinta lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pada lagu berikut.



MATERI MATEMATIKA

Pada pertemuan sebelumnya di kelas, anak Sholeh Sholehah sudah belajar bagaimana cara membuat gambar sudut menggunakan busur derajat.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah sebuah ruas garis.
2. Letakkan pusat busur derajat pada salah satu ujung ruas garis.
3. Berilah tanda titik sesuai dengan besar derajat sudut yang akan kita buat.
4. Hubungkan salah satu ruuas garis dengan tanda titik yang sudah dibuat.

Video cara membuat sudut menggunakan busur derajat :


Tugas Hari ini :
Kerjakan Latihan Google Form berikut :

Terimakasih 
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 10 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 PB 1 & Matematika (Rabu 10 Mei 2023)

Hari/Tanggal   :  Rabu / 10 Mei 2023

Tema                :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema          : 3  (Pelestarian Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran  : 1

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

KD IPS

3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 

KD Bahasa Indonesia 

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.

 2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.

3. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat memahami usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh tanggung jawab

Pada pertemuan sebelum nya kita sudah membahas tentang kekayaan Indonesia. hari ini Miss akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3  yakni tentang Pelesatarian Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 1 dibawah ini.

Mari simak ringkasan materi dibawah ini nak....

            

IPA

Pemanfaatan Alam oleh Manusia

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya. Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya.  Selain itu, berbagai jenis bahalogam mulia bernilai tinggi pun ditambang.  Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit. Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia.  Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.

IPS

Berikut ini adalah dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia  terhadap keseimbangan ekosistem diantaranya :

1 . Penebangan dan pembakaran hutan

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan

3. Eksploitasi sumber daya laut

4. Perpindahan penduduk

5. Penggunaan kendaraan bermotor

6. Perburuan liar

7. Perusakan terumbu karang

Bahasa Indonesia

Mengingat betapa besar ketergantungan kehidupan kita terhadap keberadaan sumber energi, maka sudah sepantasnyalah kita dapat berhemat. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini. Pelaksanaannya dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari. Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster hemat energi. 

Tugas Tematik (Hanya membaca materi hari ini).


MATERI MATEMATIKA

Pada pertemuan sebelumnya di kelas, anak Sholeh Sholehah sudah belajar bagaimana cara membuat gambar sudut menggunakan busur derajat.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah sebuah ruas garis.
2. Letakkan pusat busur derajat pada salah satu ujung ruas garis.
3. Berilah tanda titik sesuai dengan besar derajat sudut yang akan kita buat.
4. Hubungkan salah satu ruuas garis dengan tanda titik yang sudah dibuat.

Video cara membuat sudut menggunakan busur derajat :


Soal Latihan Matematika : 

Buatlah gambar sudut menggunakan busur derajat dengan besar sebagai berikut :
1. 65 derajat
2. 35 derajat
3. 120 derajat
4. 150 derajat
5. 165 derajat

Terimakasih
Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 09 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 6 (Selasa 9 Mei 2023)

Hari/Tanggal   : Selasa / 09 Mei 2023

Tema              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 6

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

Pembelajaran 6 :

KD PPkn

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
 

Tujuan Pembelajaran 6 : 

1. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang-orang di sekitarnya, siswa dapat menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan seharihari dengan penuh kepedulian.

Dipertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat kekayaan alam pada pembelajaran 5..Dan hari ini kita memasuki pembelajaran 6.

Pembelajaran 6



Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.
 

Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.

                               

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan

Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota
yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.


TUGAS :

"SEBUTKAN (Minimal 3) HAK DAN KEWAJIBAN WARGA MASYARAKAT DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN !"


Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 3 pembelajaran 1.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 08 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 5 (Senin 8 Mei 2023)

Hari/Tanggal   : Senin / 8 Mei 2023

Tema              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 5

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

KD SBDP

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

Tujuan Pembelajaran 5 :

1. Dengan membaca dan menggamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.


Pemanfaatan Sumber Daya Alam


Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
 

Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat   dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.
 

Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan
masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
 

untuk selanjutnya contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya dapat kalian buka buku tema 9 kalian di halaman 86-87. 

Baiklah anak sholeh dan sholehah. Itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu di tema 9 subtema 2 pembelajaran 6.

Terimakasih

TUGAS : 

"MENGIRIM VIDEO MENYANYIKAN LAGU DESAKU YANG KUCINTA". 

(Boleh dengan iringan musik).

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh