Hari / Tanggal : Jumat, 10 Januari 2025
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya
2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia
Media pembelajaran : video/PPT, Peta
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya
Apa kabar anak sholih sholihah..
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ..
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menelaah kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan / maritim dan agraris serta mengidentifikasi kekayaan alam, membedakan singkatan dan akronim.
IPAS
Membaca informasi dari peta
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
Fungsi gambar di atas yaitu...
A. menggambarkan banyak rasi bintang
B. menunjukkan lokasi suatu tempat
C. membantu dalam segala kegiatan
D. mempercepat laju kendaraan
A. peta topograf
B. peta chorograf
C. peta tematik
D. peta dunia
A. skala
B. legenda
C. judul peta
D. peta sisipan
Informasi umum yang menjelaskan keterangan simbol pada suatu peta ditunjukkan oleh nomor
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
A. skala
B. simbol
C. legenda
D. peta sisipan
Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!Fungsi gambar di atas yaitu...
A. menggambarkan banyak rasi bintang
B. menunjukkan lokasi suatu tempat
C. membantu dalam segala kegiatan
D. mempercepat laju kendaraan
Soal No.2
Diana memperhatikan sebuah peta. Peta tersebut menggambarkan informasi tentang kepadatan penduduk di suatu wilayah. Peta yang diperhatikan Diana disebut. . .A. peta topograf
B. peta chorograf
C. peta tematik
D. peta dunia
Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!Informasi umum peta yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas yaitu. . .A. skala
B. legenda
C. judul peta
D. peta sisipan
Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!No | Informasi Umum Peta |
---|---|
1 | Skala |
2 | Simbol |
3 | Legenda |
4 | Peta sisipan |
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Soal No.5
Wina berkata bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang luas, tetapi terlihat kecil pada peta. Hal itu terjadi karena peta dibuat berdasarkan perbandingan ukuran besarnya gambar dengan keadaan yang sebenarnya. Perbandingan tersebut dinamakan . . .A. skala
B. simbol
C. legenda
D. peta sisipan
BAHASA INDONESIA
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, masih ada 3 peserta didik yang masih kesulitan dalam menulis kepanjangan dari singkatan dan akronim.