Hari / Tanggal : Kamis, 04 September 2025
Fase / Kelas : C / 5 Saudah
Muatan Pembelajaran
1. Bahasa Indonesia : Majas Personifikasi
2. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
- Angin berbisik di telingaku . (Angin yang seharusnya tidak bisa berbisik diberi kemampuan berbicara)
- Laut yang biru seakan menatapku dalam keheningan . (Laut yang diam digambarkan seolah bisa menatap)
- Jembatan ini selalu memakan korban setiap tahunnya . (Jembatan digambarkan bisa "memakan" korban, yang merupakan tindakan manusia)
- Jam weker di kamarku rutin bernyanyi di pagi hari . (Jam weker yang berbunyi disebut "bernyanyi")
- Matahari berbisik pada bunga agar terus bersinar cerah . (Matahari yang tidak dapat berbicara, digambarkan seolah bisa "berbisik")
b. Langit menangis menumpahkan hujan deras.
c. Kertas itu melambai-lambai tertiup angin.
b. Memperjelas pengertian suatu kata.
c. Menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat atau perilaku manusia.
Dari kutipan di atas, yang dimaksud dengan bunga-bunga menari adalah...
a. Bunga-bunga bergoyang mengikuti irama.
b. Bunga-bunga itu memiliki kaki untuk menari.
c. Bunga-bunga itu bergoyang-goyang indah tertiup angin.
d. Bunga-bunga itu sedang mengadakan festival tarian.