Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 04 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 3 (Jumat 5 Mei 2023)

Hari/Tanggal   : Jumat / 05 Mei 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 3

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

KD Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca dan berdiskusi, siswa dapat mengetahui macam-macam energi dan perubahannya dengan penuh kepedulian. 

2. Dengan mengamati gambar, siswa memahami sumber energi dengan penuh kepedulian

Pertemuan sebelumnyabkita sudah mempelajari perubahan energi. Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 3 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.



Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi.

Macam-macam energi sebagai berikut: 

1. Energi Bunyi Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.

2. Energi Panas Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor.

3. Energi Listrik Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak.

contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari :

 1. Energi Listrik-Energi Panas Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika. 

2. Energi Listrik-Energi Gerak Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender. 

3. Energi Panas-Energi Panas Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.

4. Energi Cahaya-Energi Listrik Contohnya penggunaan panel surya. 

5. Energi Listrik-Energi Panas Contohnya penggunaan alat pengering rambut ( airdryer). 

6. Energi Gerak-Energi Bunyi Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.

Rabu, 03 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 2 & Matematika (Kamis 4 Mei 2023)



Hari/Tanggal                : Kamis, 04 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 2

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PPKN

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

KD SBdP

3.2  Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada. 

4.2  Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.

2. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.


Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang dampak kerusakan sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 2 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.





PKN 

Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut. (seperti gambar yang ada dibuku tema 9 halaman 115).

Banyak kegiatan yang menggunakan air misalnya, mandi , mengepel, minum, mencuci dan lain sebagianya. hal tersebut merupakan hak masyarakat dalam memanfaatkan air. Selain hak, masyarakat juga memiliki kewajiban untuk melestarikan ketersediaan air bersih.  Kewajiban tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
1. mematikan keran air saat tidak digunakan 
2. menanam pohon di pekarangan rumah
3. tidak membuang sampah ke selokan 
4. mandi atau mencuci dengan air yang secukupnya
tidak menebang pohon yang dapat mengganggu kelestarian air. 

Melestarikan sumber daya alam merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat. hal tersebut dilakukan agar sumber dayya alam tetap lestari dan bisa dimanfaatkan. berikut ini adalah contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam, yaitu 
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.


SBdP
Ayo Bernyanyii :)

Menghemat penggunaan air bersih merupakan contoh perilaku yang menunjukkan rasa cinta terhadap lingkungan.  Perwujudan rasa cinta lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pada lagu berikut.






Soal
1. Mengapa ketersediaan air sangat penting bagi kehidupan manusia? 

2. Sebutkan contoh sikap dalam melestarikan sumber daya alam? 



MATERI MATEMATIKA
Metode

Menggambar Sudut dengan Busur Derajat

  1. 1.Gambarlah sebuah garis lurus. Garis tersebut akan menjadi garis acuan sekaligus kaki pertama dari sudut yang hendak Anda gambar. Garis tersebut akan digunakan untuk menentukan posisi di mana Anda harus menggambar kaki sudut yang kedua. Biasanya yang termudah adalah menggambar garis lurus dalam posisi horizontal di atas kertas.
    • Untuk menggambar garis tersebut, Anda dapat menggunakan pinggiran busur derajat yang rata.
    • Panjang garis tidak ditentukan.
  2. 2.Posisikan pangkal busur derajat pada salah satu ujung garis. Titik tersebut akan menjadi puncak dari sudut yang akan Anda gambar. Tandai pada kertas, tepat pada titik puncak tersebut ditempatkan.[4]
    • Anda tidak harus menempatkan titik tersebut pada ujung garis. Titik dapat ditempatkan di mana pun sepanjang garis tersebut, tetapi lebih mudah hanya menggunakan ujung garis.
  3. 3.Carilah nilai derajat untuk sudut yang ingin Anda gambar pada skala busur derajat yang tepat. Buatlah garis acuan tersebut berimpit dengan garis dasar busur derajat, kemudian tandai kertas pada ukuran derajat yang Anda inginkan. Jika Anda akan menggambar sebuah sudut lancip (kurang dari 90 derajat), gunakan skala dengan bilangan yang lebih kecil. Untuk sudut tumpul (lebih besar dari 90 derajat), gunakan skala dengan bilangan yang lebih besar.
    • Ingatlah bahwa garis dasar sejajar dengan pinggiran busur derajat, tetapi garis dasar bukan pinggiran busur derajat yang rata tersebut. Garis dasar berimpit dengan pusat pangkalnya (pusat busur) dan garis tersebut membentang sampai ke titik awal skala pada kedua sisi (kiri dan kanan).
    • Pada contoh di atas, ukuran sudut adalah 36 derajat.
  4. 4.Gambarlah kaki kedua untuk menyelesaikan sudut tersebut. Untuk menggambar kaki kedua, hubungkan titik puncak dengan ukuran derajat yang sudah ditandai. Gunakan penggaris, pinggiran busur derajat yang rata atau tepi lurus dari alat lain. Kaki kedua akan menyempurnakan sudut yang Anda buat. Untuk memeriksa keakuratan sudut yang telah Anda gambar, gunakan busur derajat untuk mengukurnya.
  5. Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 3 pembelajaran 3. Terimakasih Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 02 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 1 & Matematika (Rabu 3 Mei 2023)


Hari/Tanggal   :  Rabu, 3 Mei 2023

Tema                :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema          : 3  (Pelestarian Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran  : 1

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,

air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

KD IPS

3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat

dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 

KD Bahasa Indonesia 

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.

 2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.

3. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat memahami usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh tanggung jawab

Pada pertemuan sebelum nya kita sudah membahas tentang kekayaan Indonesia. hari ini Miss akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3  yakni tentang Pelesatarian Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 1 dibawah ini.

Mari simak ringkasan materi dibawah ini nak....

                

IPA

Pemanfaatan Alam oleh Manusia


Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya. Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya.  Selain itu, berbagai jenis bahalogam mulia bernilai tinggi pun ditambang.  Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit. Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia.  Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.

IPS

Berikut ini adalah dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia  terhadap keseimbangan ekosistem diantaranya :

1 . Penebangan dan pembakaran hutan

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan

3. Eksploitasi sumber daya laut

4. Perpindahan penduduk

5. Penggunaan kendaraan bermotor

6. Perburuan liar

7. Perusakan terumbu karang

Bahasa Indonesia

Mengingat betapa besar ketergantungan kehidupan kita terhadap keberadaan sumber energi, maka sudah sepantasnyalah kita dapat berhemat. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini. Pelaksanaannya dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari. Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster hemat energi. 

Soal

1. Bagaimana manusia memanfaatkan lingkungan abiotik? 

2.Sebutkan dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia terhadap keseimbangan ekosistem? 




MATERI MATEMATIKA
Metode

Menggambar Sudut dengan Busur Derajat

  1. 1.Gambarlah sebuah garis lurus. Garis tersebut akan menjadi garis acuan sekaligus kaki pertama dari sudut yang hendak Anda gambar. Garis tersebut akan digunakan untuk menentukan posisi di mana Anda harus menggambar kaki sudut yang kedua. Biasanya yang termudah adalah menggambar garis lurus dalam posisi horizontal di atas kertas.
    • Untuk menggambar garis tersebut, Anda dapat menggunakan pinggiran busur derajat yang rata.
    • Panjang garis tidak ditentukan.
  2. 2.Posisikan pangkal busur derajat pada salah satu ujung garis. Titik tersebut akan menjadi puncak dari sudut yang akan Anda gambar. Tandai pada kertas, tepat pada titik puncak tersebut ditempatkan.[4]
    • Anda tidak harus menempatkan titik tersebut pada ujung garis. Titik dapat ditempatkan di mana pun sepanjang garis tersebut, tetapi lebih mudah hanya menggunakan ujung garis.
  3. 3.Carilah nilai derajat untuk sudut yang ingin Anda gambar pada skala busur derajat yang tepat. Buatlah garis acuan tersebut berimpit dengan garis dasar busur derajat, kemudian tandai kertas pada ukuran derajat yang Anda inginkan. Jika Anda akan menggambar sebuah sudut lancip (kurang dari 90 derajat), gunakan skala dengan bilangan yang lebih kecil. Untuk sudut tumpul (lebih besar dari 90 derajat), gunakan skala dengan bilangan yang lebih besar.
    • Ingatlah bahwa garis dasar sejajar dengan pinggiran busur derajat, tetapi garis dasar bukan pinggiran busur derajat yang rata tersebut. Garis dasar berimpit dengan pusat pangkalnya (pusat busur) dan garis tersebut membentang sampai ke titik awal skala pada kedua sisi (kiri dan kanan).
    • Pada contoh di atas, ukuran sudut adalah 36 derajat.
  4. 4.Gambarlah kaki kedua untuk menyelesaikan sudut tersebut. Untuk menggambar kaki kedua, hubungkan titik puncak dengan ukuran derajat yang sudah ditandai. Gunakan penggaris, pinggiran busur derajat yang rata atau tepi lurus dari alat lain. Kaki kedua akan menyempurnakan sudut yang Anda buat. Untuk memeriksa keakuratan sudut yang telah Anda gambar, gunakan busur derajat untuk mengukurnya.
  5. Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 3 pembelajaran 2.
  6. Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 01 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 6 (Selasa 2 Mei 2023)

Hari/Tanggal   : Selasa /02 Mei 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 6

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

Pembelajaran 6 :

KD PPkn

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
 

Tujuan Pembelajaran 6 : 

1. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang-orang di sekitarnya, siswa dapat menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang
menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan seharihari dengan penuh kepedulian.

Dipertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat kekayaan alam pada pembelajaran 5..Dan hari ini kita memasuki pembelajaran 6.

Pembelajaran 6



Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.
 

Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.

                               

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga
kelestarian lingkungan

Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota
yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.

Soal

1. Sebutkan usaha kita dalam menjaga lingkungan?

2. Sebutkan kerjasama masyarakat dan pemerintah dalam menjaga lingkungan? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 3 pembelajaran 1.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh