Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 26 Mei 2023

Kelas 4 Review Tema 8 (Jumat 26 Mei 2023)

Hari/Tanggal   : Jumat / 26 Mei 2023

Tema 8            : Daerah tempat⁶ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Tujuan Pembelajaran 

KD 3.4  IPA (percobaan hubungan antara gaya dan gerak)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.

KD 3.2  SBDP (Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada)

1. Dengan kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai ragam tari daerah di Indonesia.

Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. 

Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. 

Berikut beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. 

1. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak. 

2. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

3. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

4. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerakgerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis. 

berikut dibawah ini adalah jenis tarian dari berbagai daerah.


Ada 2 jenis karya tari yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru.Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.

Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.


Itulah tadi review tema 8 subtema 2 dan besok kita akan bertemu lagi pada review tema 8 subtema 3.

Terima kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kamis, 25 Mei 2023

Kelas 4 Review Tema 7 (Kamis 25 Mei 2023)

Hari/Tanggal : Kamis / 25 Mei 2023

Tema : 7 Indahnya Keragaman Negeriku

Subtema : 2 ( Indahnya Keragaman budaya di negriku) 

Tujuan Pembelajaran 

1.Setelah mencermati gambar alat-alat elektronik, siswa mampu menjelaskan penyebab alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya dengan tepat.

2.Setelah mengamati gambar beberapa rumah adat di Indonesia, siswa mampu menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat dengan tepat.

IPA

Peralatan elektronik dapat bekerja karena ada aliran arus listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif.

Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain. Saat arus listrik mengalir melewati bohlam, bohlam akan menyala. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya.

Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Saat arus listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, motor akan berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin.

Saat arus listrik melewati elemen pemanas di dalam setrika, elemen akan menjadi panas. Energi listrik berubah menjadi energi panas. Pada lemari pendingin, arus listrik akan memutar motor pada mesin lemari pendingin dan membuat bahan pendingin bekerja.

IPS

Keragaman Rumah Adat di Indonesia

Keragaman suku bangsa juga berpengaruh terhadap bentuk rumah adat. 
Rumah adat umumnya dibangun menyesuaikan kondisi bentang alam wilayah setempat. Keragaman bentuk rumah adat mencerminkan kemampuan nenek moyang bangsa Indonesia sebagai arsitek andal. Tidak hanya unik, bentuk 
rumah adat mengandung makna dan simbol tertentu. Semua itu disesuaikan adat istiadat tiap-tiap daerah. Keragaman rumah adat di Indonesia sebagai berikut.

Rabu, 24 Mei 2023

Kelas 4 Review Tema 6 Bahasa Indonesia (Rabu 24 Mei 2023)

Hari/Tanggal                : Rabu / 24 Mei 2023

Tema                            : Review tema 6 ( Cita-citaku)

Pembelajaran              : Bahasa Indonesia 

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 

KD Bahasa Indonesia 

3.6  Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan  dan  tulis dengan tujuan untuk kesenangan

BAHASA INDONESIA

Puisi adalah sebuah karya sastra yang tersusun dalam bentuk bait-bait. Di dalam puisi juga mengandung sebuah rima. Rima adalah persamaan bunyi di akhir baris sebuah puisi. Nama lain dari rima adalah sajak.

Puisi memiliki ciri, yaitu tersusun dari baris dan bait, serta bahasanya terikat oleh irama dan rima.
  1. Baris dan bait. Puisi biasanya tersusun dalam bentuk bait- bait, dalam suatu bait puisi terdapat beberapa baris kata atau kalimat.
  2. Irama dan rima. Irama adalah keselarasan bunyi pada puisi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata. Irama berhubungan dengan panjang pendeknya bunyi serta kemerduan bunyi saat membacakan puisi.Rima adalah persamaan bunyi yang ada dalam baris- baris puisi.

Penyair adalah sebutan bagi orang yang mengarang syair (puisi) atau sajak. Penyair disebut juga pujangga. Salah satu penyair Indonesia adalah Chairil Anwar. Secara umum, puisi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu puisi lama dan puisi baru.

Puisi Lama
Puisi lama adalah jenis puisi yang masih terikat erat dengan kaidah dan aturan penulisan sebuah puisi. Kaidah dan aturan yang dimaksud antara lain: jumlah suku kata dalam tiap baris dan jumlah baris di tiap bait. Beberapa contoh yang termasuk puisi lama adalah pantun, syair, gurindam, karmina dan talibun.

Ciri ciri dari puisi lama antara lain:
  1. Bersifat anonim, atau tidak diketahui siapa pengarangnya.
  2. Berupa sastra lisan karena disampaikan dari mulut ke mulut bukan ditulis.
  3. Sangat terikat oleh aturan dan kaidah yang berlaku.

Puisi Baru
Puisi baru adalah jenis puisi yang tidak lagi terikat oleh kaidah dan aturan yang berlaku. Biasanya bentuknya lebih bebas jika dibandingkan dengan puisi lama. Contoh puisi baru antara lain: balada, himne, ode, epigram dan elegi.

Ciri Ciri dari puisi baru, antara lain:
  1. Mempunyai bentuk rapi atau bersifat simetris.
  2. Mempunyai rima yang lebih teratur.
  3. Umumnya berbentuk empat seuntai.
  4. Terdiri dari kesatuan sintaksis atau gatra.
  5. Di setiap gatra terdiri dari 4 sampai 5 suku kata.

Jenis jenis rima pada puisi, antara lain:
  1. Rima terus atau kembar memiliki rima a – a – a – a.
  2. Rima pasangan memiliki rima a – a – b – b.
  3. Rima silang memiliki rima a – b – a – b.
  4. Rima peluk memiliki rima a – b – b – a.

Langkah-langkah Menulis Puisi:
Ada beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk memulai menulis puisi. Beberapa langkah dalam menulis puisi antara lain sebagai berikut :
Menentukan topik utama dan judul
Menentukan kata kunci yang akan digunakan
Menentukan ide pokok untuk setiap bait
Menuangkan ide pokok-ide pokok ke dalam bait-bait dengan memperhatikan gaya bahasa, diksi, dan rima
Mengembangkan puisi seindah mungkin

Selasa, 23 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Review IPS dan IPA (Selasa 23 Mei 2023)

Materi Ajar Review Tema 9 IPS dan IPA

Hari/Tanggal                : Selasa / 23 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Pembelajaran              : Mereview Tema 9

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan


Tujuan Pembelajaran

1.  Siswa mengetahui jenis jenis sumber daya alam dan persebarannya

2. Siswa dapat mengetahui macam macam sumber energi. 

B. IPS

Sumber Daya Alam: segala sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia

Jenis Sumber Daya Alam:

  1. Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus tidak habis. Contoh: air, tanah, tumbuhan, hewan
  2. Tidak Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, emas

B.1. Persebaran Hasil Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan


Persebaran Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui

B.2. Persebaran Hasil Tambang


Persebaran Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui

B.3. Hutan Indonesia

Jenis Hutan:

  1. Hutan Heterogen: ditumbuhi berbagai jenis pohon. Contoh: Kebun Raya Bogor
  2. Hutan Homogen: ditumbuhi satu jenis pohon. Contoh: hutan jati, hutan pinus

Manfaat Hutan:

  1. Menyimpan air
  2. Habitat hewan
  3. Mencegah erosi
  4. Penghasil kayu
  5. Objek wisata

Akibat Jika Hutan Rusak:

  1. Banjir
  2. Tanah longsor
  3. Kebakaran hutan

Tindakan Pelestarian Hutan:

  1. Pembuatan kawasan cagar alam, taman nasional, dan suaka margasatwa
  2. Melaksanakan tebang pilih

E. IPA
Energi Alternatif: energi ramah lingkungan yang dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam)

E.1. Angin

Angin: udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan, mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah atau dari tempat bersuhu rendah ke tempat bersuhu tinggi

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB): pembangkit listrik yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi, berupa kincir angin yang terhubung dengan turbin dan generator

Keunggulan Energi Angin:

Jumlahnya melimpah
Tidak menghasilkan gas rumah kaca dan limbah berlebihan
Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Angin yang Bagus:

Nusa Tenggara Barat (NTB)
Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai selatan Pulau Jawa
Pantai selatan Pulau Sulawesi
PLTB di Indonesia: PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan

PLTB terbesar di Asia Tenggara
Memiliki 30 turbin angin dengan ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter
Mampu menghasilkan listrik 75 Megawatt (MW)
E.2. Air

Air: zat utama yang dibutuhkan makhluk hidup dan mempunyai potensi energi besar

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA): pembangkit listrik yang mengubah energi air yang mengalir menjadi energi mekanik (menggunakan turbin) dan diubah menjadi energi listrik (menggunakan generator)

E.3. Matahari

Matahari: sumber energi utama di alam semesta, menyimpan potensi energi yang besar dalam bentuk panas dan cahaya

Sel Surya: alat pengubah energi panas dan cahaya matahari menjadi energi listrik

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS): pembangkit listrik yang memanfaatkan sel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, terdapat di Karangasem dan Bangli (Bali)

E.4. Geotermal (Panas Bumi)

Geotermal (Panas Bumi): energi yang berasal dari inti bumi, dapat ditemui di sekitar gunung berapi aktif yang mengandung batu-batu panas. Diperoleh dengan cara mengebor lapisan batuan untuk membebaskan uap pada kedalaman tertentu

Keunggulan Energi Geotermal:
  1. Dihasilkan terus-menerus sepanjang musim karena tidak memerlukan penyimpanan energi
  2. Hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca

E.5. Nuklir

Nuklir: penerapan bidang ilmu inti atom yang memanfaatkan atom Uranium sebagai sumber energi panas

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN): pembangkit listrik yang menggunakan satu atau lebih reaktor nuklir, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin

Keunggulan Energi Nuklir:

  1. Tidak menghasilkan limbah berbahaya
  2. Mampu bertahan lebih lama
  3. Menghasilkan tenaga lebih besar daripada bahan bakar fosil
  4. Tidak menyebabkan efek rumah kaca
Itulah tadi pembelajaran hari ini dan besok kita akan bertemu lagi untuk mereview tema yang sudah kita pelajari. 

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 22 Mei 2023

Kelas 4 Review Tema 9 (Senin 22 Mei 2023)

Hari/Tanggal               : Senin / 22 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Pembelajaran              : Mereview tema 9

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PKN 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

Tujuan Pembelajaran

2.  Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

3.  Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulia!n

Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya 

Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi  dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....

A. Bahasa Indonesia

A.1. Wawancara

Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi

Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara

Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber

Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H

What (Apa): menanyakan kejadian

Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)

Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian

When (Kapan): menanyakan waktu kejadian

Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu

How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:

1. Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber

2. Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber

3. Fokus pada topik yang dibahas

4. Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara

Langkah Pelaksanaan Wawancara:

1. Menentukan topik yang akan dibahas

2. Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik

3. Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H

4. Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber

5. Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan

Langkah Menarasikan Wawancara:

1. Baca teks wawancara dengan cermat

2. Catat pokok-pokok isi wawancara

3. Buat pengantar ke arah isi wawancara

4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara

5. Lengkapi narasi dengan bagian penutup

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:

1. Sikap badan tegak dan percaya diri

2. Menguasai materi laporan hasil wawancara

3. Pelafalan kata tepat dan jelas

4. Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna

A.2. Teks Petunjuk

Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar

Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:

1. Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya

2. Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan

3. Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis

4. Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk

C. PPKN

Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban

Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab

Hak Anak di Rumah:

  1. Mendapat kasih sayang dari orang tua
  2. Mendapat perlindungan
  3. Mendapat perhatian

Kewajiban Anak di Rumah:

  1. Menjaga kebersihan rumah
  2. Mematuhi nasihat orang tua
  3. Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
  4. Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah

Hak Anak di Sekolah:

  1. Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa
  2. Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami
  3. Mendapatkan nilai hasil belajar

Kewajiban Anak di Sekolah:

  1. Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal
  2. Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur
  3. Menyerahkan SPP tepat waktu

Latihan

Tulislah soal latihan dibawah ini dan carilah jawaban yang paling tepat tanpa harus menulis pilihan gandanya. 

1. Suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh keterangan dari narasumber disebut ....
a. pembacaan
b. penulisan
c. wawancara
d. penilaian

2. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wawancara adalah ....
a. menyiapkan baju baru
b. menyusun daftar pertanyaan
c. belajar dengan giat
d. membaca buku

3. Tujuan wawancara adalah untuk memperoleh ....
a. penghargaan 
b. imajinasi
c. informasi
d. pekerjaan

4. Setelah wawancara selesai, pewawancara mengucapkan .... kepada narasumber.
a. salam
b. terima kasih
c. kata penutup
d. kata pembuka

5. Andi ingin mengetahui kerajinan yang populer di daerahnya. Selanjutnya, Andi mencari jawabannya kepada Bu Darmi. Dalam hal ini, Bu Darmi berperan sebagai ....
a. wartawan
b. tokoh publik
c. narasumber 
d. pembawa acara

6. Berikut ini adalah hak kita terhadap tumbuhan adalah ....
a. menghilangkan gulma di sekitar tanaman
b. memanfaatkan jahe untuk bahan minuman
c. memupuk tanaman agar subur
d. menyiram tanaman secara teratur

7. Salah satu kewajiban terhadap hewan yang kita pelihara yaitu ....
a. memberinya makan
b. memanfaatkan telurnya
c. memanfaatkan dagingnya
d. memanfaatkan tenaganya

8. Berikut yang bukan merupakan kewajiban manusia terhadap sumber daya alam adalah ....
a. Menggunakan sumber air bersih
b. Membersihkan sungai yang kotor
c. Tidak membuang sampah ke sungai
d. Tidak menebang pohon sembarangan 

9. Jika ada teman yang membuang sampah sembarangan. Sikap kita seharusnya ....
a. membiarkannya
b. pura-pura tidak tahu
c. membantunya agar cepat selesai
d. mengingatkannya agar membuang sampah pada tempatnya

10. Manusia menggunakan energi untuk aktivitas sehari-hari. Menggunakan energi merupakan salah satu .... yang dimiliki setiap orang ....
a. hak
b. kewajiban
c. keharusan
d. tanggung jawab

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh