Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 12 Januari 2024

Materi Ajar Seni Musik Kelas 1 (Jumat 12 Januari 2024)

Hari/Tanggal : Jumat/12 Januari 2024                                                                                             

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                               

Fase/Kelas : A/1                                                                                                                         

BAB/Tema : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran : Bermain Bunyi                                                                                 


CP :

Peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/ media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana.


Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu menemukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal, baik melodis dan non-melodis.


 ATP : 

3.1 peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi nonmusikal. 



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik tentang bermain bunyi. 

 A. Bermain Bunyi 

Banyak bunyi yang kamu dengar di sekitar. Ada suara orang-orang yang bicara. Di sekolah, tentu kamu mendengar bunyi bel. Ada pula bunyi lembaran kertas buku dibuka atau bunyi pintu diketuk. 


• BUNYI BEL

Tet tet tet


•BUNYI KERTAS

Srek srek srek



• BUNYI PINTU

Tok tok tok


Kesimpulan :

Setiap bunyi terdengar berbeda. perbedaan suara pada bunyi disebut warna bunyi.

Bunyi-bunyi di atas adalah bunyi nonmusikal. Bunyi nonmusikal adalah bunyi yang berasal bukan dari alat musik. 

Bunyi nonmusikal ada dua macam, yaitu bunyi nonmusikal nonmelodis dan bunyi nonmusikal melodis.

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 10 Januari 2024

Materi Ajar P5 Kelas 1 (Kamis 11 Januari 2024)

HARI/TANGGAL    : KAMIS, 11 JANUARI 2024 

KELAS                : 1A

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVITASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Pembelajaran P5 hari ini akan kita mulai dengan menyaksikan video pemnfaatan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk dijadikan hasil karya. Silahkan simak video berikut ya...



Nah jika kalian sudah menyaksikan video di atas maka kalian faham bahwa alat dan bahan di lingkungan sekitar kita ternyata bisa kita jadikan karya yang indah dan bernilai. 
Selanjutnya silahkan gambarkan alat dan bahan apa saja yang kalian ketahui yang dapat dijadikan atau dimanfaatkan untuk membuat karya yang bernilai. Silahkan gambarkan ke kertas yang telah disiapkan oleh gurumu. 

Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 
Wassalaamualaikum Wr Wb