Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi
--Semester 2 (Genap) T.P.2024 / 2025--

Kamis, 10 April 2025

Materi Ajar IPAS Kelas 5C (Jumat 11 April 2025)

Hari / Tanggal : Jumat, 11 April 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. IPAS : Kondisi perekonomian di Daerahku  

Capaian  Pembelajaran IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi masyarakat.
IPAS
  





Aktivitas ekonomi masyarakat sekitar dapat berupa produksi, distribusi, dan konsumsiAktivitas ekonomi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 


Tujuan aktivitas ekonomi
Tujuan dari adanya aktivitas ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup yang beragam. Misalnya, untuk makan sehari-hari, membeli keperluan rumah tangga, membayar biaya pendidikan, dan lainnya. 
Dampak aktivitas ekonomi
Aktivitas ekonomi masyarakat dapat membawa perubahan sosial ekonomi. Misalnya, pendapatan pelabuhan dan pendapatan daerah dapat mengalami peningkatan. 

Contoh aktivitas ekonomi 
  • Bertani, berkebun, atau berladang
  • Menjual pakaian
  • Mengangkut barang dari pabrik
  • Menyimpan barang di gudang
  • Membeli gadget
  • Menggunakan jasa perbankan untuk mengelola tabungan
  • Menggunakan jasa transportasi
  • Investasi saham, obligasi, maupun properti
  • Melakukan jual beli barang dan jasa di internet melalui e-commerce

Aktivitas ekonomi unggulan di Lampung didominasi oleh sektor pertanian, khususnya komoditas seperti padi, jagung, kopi, kelapa sawit, karet, dan kelapa, serta industri pengolahan yang mengolah hasil pertanian tersebut. 
Berikut adalah rincian aktivitas ekonomi unggulan di Lampung:
  • Pertanian:
    • Tanaman Pangan: Padi, jagung, ubi kayu. Lampung menjadi salah satu sentra penghasil padi di Indonesia. 
    • Perkebunan: Kelapa sawit, kopi, karet, kelapa, tebu, kakao, lada. Komoditas perkebunan Lampung menyumbang nilai ekspor yang tinggi. 
    • Perikanan: Lampung juga memiliki potensi perikanan yang perlu dikembangkan. 
  • Industri Pengolahan:
    • Industri pengolahan hasil pertanian, seperti pengolahan kelapa sawit menjadi CPO, kopi, dan produk kelapa lainnya. 
  • Contoh Komoditas Unggulan di lampung:
    • CPO (Crude Palm Oil): Salah satu komoditas unggulan Lampung yang diekspor. 
    • Kopi Robusta: Lampung dikenal sebagai penghasil kopi robusta. 
    • Nanas Kaleng: Lampung juga memproduksi nanas kaleng untuk ekspor. 
    • Karet: Karet merupakan komoditas perkebunan penting di Lampung. 
    • Kelapa: Kelapa merupakan salah satu komoditas andalan utama Lampung. 

Aktivitas ekonomi di suatu daerah dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: 
1. kondisi geografis
2. sumber daya alam
3.  infrastruktur, 
Jika infrastruktur, seperti bangunan, jembatan, dan jalannya bagus, maka begitu pun dengan ekonomi.
Ini karena kondisi infrastruktur yang bagus dapat memperlancar aktivitas perekonomian di daerah.
Misalnya, ketika akses jalan raya atau jembatan sulit, maka pasokan barang dan aktivitas ekonomi terhambat.
3. kualitas SDM, 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, antara lain:

- Pendidikan

- Pelatihan

- Studi banding

- Pembinaan

Misalnya, dilakukan pelatihan diversifikasi pengolahan ikan bagi nelayan, pembudidaya, dan pengolah ikan.

4. teknologi  
Dengan teknologi yang semakin canggih, maka produksi yang dihasilkan akan semakin baik dan cepat pula.
Kerjakan soal berikut!

1. Bagaimana kondisi sumber daya yang dimiliki suatu tempat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan masyarakat?

a. Semakin sedikit sumber daya, semakin mudah pemenuhan kebutuhan

b. Semakin banyak sumber daya, semakin sulit pemenuhan kebutuhan

c. Semakin banyak sumber daya, semakin mudah pemenuhan kebutuhan

d. Sumber daya tidak berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan

 

2. Apa yang terjadi jika sumber daya alam suatu daerah berlimpah, namun kebutuhan masyarakat setempat sudah terpenuhi?

a. Sumber daya didistribusikan ke daerah lain

b. Sumber daya dijual ke luar negeri

c. Sumber daya disimpan tidak dimanfaatkan

d. Sumber daya tidak digunakan

8. Kapan suatu barang dapat dikategorikan sebagai produk kebanggaan daerah?

     a. Ketika harganya murah

     b. Ketika diproduksi di luar daerah

     c. Ketika memiliki kualitas unggul dan diproduksi di daerah tersebut

     d. Ketika terbuat dari bahan impor

 

9.  Bagaimana aktivitas ekonomi dapat memengaruhi kondisi perekonomian suatu daerah?

a. Tidak memiliki pengaruh

b. Meningkatkan kepadatan penduduk

c. Meningkatkan tingkat pendidikan

d. Mempengaruhi pendapatan dan kegiatan ekonomi di daerah tersebut

10. Apa manfaat teknologi dalam konteks perekonomian daerah?

     a. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

     b. Mempercepat distribusi barang dan jasa

     c. Menyediakan sumber daya alam

   d. Meningkatkan kemampuan produktivitas
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
Wassalamu'alaikum wr wb

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik dapat menyebutkan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia.





Kom

Rabu, 09 April 2025

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 10 April 2025)

HARI / TANGGAL : KAMIS, 10 APRIL 2025

FASE / KELAS : C / 5C

MATA PELAJARAN : P5 ( PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA )

TEMA : KEARIFAN LOKAL

TOPIK : LESTARIKAN BUDAYAKU CINTAI NEGERIKU                   

TUJUAN KEGIATAN P5 
 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Peserta didik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Peserta didik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya serta kebiasaan masyarakt Indonesia pada umumnya 


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran :

-Peserta didik dapat mengenal  makanan khas Indonesia 


Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Hari ini kegiatan P5 akan diisi dengan mewarnai LKPD Makanan Tradisional Khas Indonesia dengan krayon atau alat mewarnai lainnya.

Simak video berikut!


Indonesia memiliki beragam makanan khas daerah, di antaranya rendang, soto, sate, nasi goreng, gado-gado, pempek, karedok, dan lain-lain. 
Makanan khas Indonesia dari berbagai daerah
  • Rendang: Makanan khas Indonesia yang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia 
  • Mie Aceh: Mie tebal khas Aceh dengan kuah rempah yang pedas 
  • Babi guling: Hidangan daging babi yang dipanggang secara tradisional di atas bara api 
  • Karedok: Perpaduan sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, mentimun, dan daun kemangi yang disiram dengan saus kacang 
  • Lumpia: Makanan khas Jawa Tengah, tepatnya di Kota Semarang, yang memiliki berbagai macam isian 
  • Rawon: Kuliner dari Jawa Timur yang menggunakan potongan daging sapi sebagai isiannya dan kecambah sebagai pelengkap 
  • Martabak manis: Kuliner khas Indonesia bercita rasa manis yang kerap dijajakan saat malam hari 
  • Klapertart: Kue khas daerah di Indonesia yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara 
Minuman khas Indonesia 
  • Bajigur dan bandrek yang populer di Jawa Barat
  • Sekoteng yang dapat ditemukan di Jawa Barat, dan Jakarta
  • Wedang jahe dan wedang ronde yang populer di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur
  • Tuak yang populer di kawasan suku Batak, Sumatera Utara
  • Ciu yang dikenal di Solo, Jawa Tengah
  • Brem (arak beras) Bali botolan yang populer di Bali
  • Ragam Makanan Khas Indonesia yang Lezat dan Bernutrisi - Halodoc
    Beragam Makanan Khas Indonesia * Rendang. Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang pernah dinobatkan menjadi makanan terleza...
    Halodoc
  • 34 Makanan Tradisional Khas Indonesia dan Asalnya
    27 Jan 2023 — Makanan Tradisional Khas Indonesia * Mi Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. ... * 2. Bika ambon, Provinsi Sumatra...
    CNN Indonesia
  • 35 Makanan Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya - Tempo.co
    11 Dec 2024 — Berikut ini makanan tradisional yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. * Mie Aceh - Provinsi Aceh. * 2. Bik...
    Tempo.co
  • Show all

Cuplikan pilihan dari web

Beragam Makanan Khas Indonesia
  • Rendang.
  • Pempek.
  • Karedok.
  • 4. Nasi Tutug Oncom.
  • Gudeg.
  • 6. Gethuk.
  • 7. Rujak Cingur.
  • 8. Rawon.


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
Wassalamu'alaikum wr wb  

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik dapat menyebutkan makanan khas di Indonesia dan daerah asalnya.