Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 24 Januari 2025

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 24 Januari 2025)

   Hari / Tanggal : Jumat / 24 Januari 2025

   Fase / Kelas : C / 5C

   Muatan  Pembelajaran :  

   1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya

   2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

    Media pembelajaran : video/PPT       

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

 Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat memahami keanekaragaman hayati beserta persebarannya,  mengidentifikasi ide pok pada m y

    IPAS
  Simak video pembelajaran berikut!


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Berikut ini salah satu penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yaitu...

A. Indonesia memiliki iklim subtropis

B. bentang alam Indonesia yang sempit

C. Indonesia memiliki gurun pasir 

D. Indonesia negara kepulauan yang luas


2. Perhatikan gambar berikut!

Keanekaragaman yang tampak pada gambar tersebut merupakan keanekaragaman...

A .jenis    B. genetik  C. flora      D. ekosistem


3. Gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman...

A. jenis  B. genetik  C. fauna  D. ekosistem


4. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Asiatis, wilayah Peralihan, dan wilayah Autralis. Wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dibatasi oleh...

A. garis Wallace           B. garis Webber       

C. garis Meridiana        D. garis Khatulistiwa


5. Harimau sumatera termasuk fauna di wilayah...

A. Amerikalis                     B. Asiatis                        C. Autralis                     D. Peralihan


6. Curah hujan yang rendah dan relatif kering membuat flora di Indonesia Tengah didominasi oleh sabana. Berikut salah satu flora tipe peralihan di wilayah tersebut yaitu...

A. pohon sagu                   B. matoa                        C. cengkeh                    D. rotan


7. Kuskus dan kanguru merupakan salah satu fauna khas Indonesia...

A. barat                             B. tengah                        C. timur                         D. selatan


soal 10 gambar IPAS
8. Fauna pada gambar tersebut merupakan fauna khas...

A. Jawa   B. Sumatera   C. Kalimantan  D. Bali


9. Apa yang memengaruhi perbedaan-perbedaan dalam keanekaragaman genetik?

a. Keanekaragaman jenis.                          

b. Keanekaragaman ekosistem.
c. Gen atau pembawa sifat.                          

d. Suku yang dimiliki.

10. Apa manfaat keanekaragaman hayati? 

a. Kesenangan dalam melihat berbagai jenis flora dan fauna. 

b. Memperindah pemandangan alam saja. 

c. Hanya sebagai objek penelitian. 

d. Menyediakan sumber daya alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.


Bahasa Indonesia


Untuk menentukan ide pokok dalam paragraf, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut: 
  1. Membaca paragraf dengan cermat
  2. Menemukan kalimat utama
  3. Menemukan inti dari kalimat utama
  4. Menandai informasi penting
  5. Menandai ide pokok

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya". 


Kamis, 23 Januari 2025

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 23 Januari 2025)

HARI / TANGGAL : KAMIS, 23 JANUARI 2025
FASE / KELAS : C / 5C
KEGIATAN PEMBELAJARAN : P5
TEMA : KEARIFAN LOKAL
JUDUL : MENGENAL TEKNIK ANYAMAN
MEDIA/ALAT DAN BAHAN : VIDEO, KERTAS BUFFALO, GUNTING, LEM, PENGGARIS

TUJUAN KEGIATAN P5 
 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
Peserta didik dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Pesertadidik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Pesertadidik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Pesertadidik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya masyarakt Indonesia pada umumnya.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran :
-Peserta didik dapat mengenal anyaman dan memahami teknik menganyam

Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Hari ini merupakan hari pertama kegiatan P5 di semester genap. Adapaun Tujuan kegiatan P5 hari ini adalah peserta didik dapat mengenal teknik menganyam.





Teknik anyam merupakan sebuah teknik dimana kita menyilangkan dan saling menumpuk sebuah kain, serat tumbuhan, dan yang lainnya menjadi satu kesatuan. Teknik anyam bisa digunakan untuk menciptakan berbagai kerajinan tangan.


Anyaman Polos
Merupakan anyaman yang paling umum, dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan utama bahkan kain sekalipun. Teknik ini menggunakan cara menyilangkan benang pakan dan lusi saling menyilang naik dan turun. Untuk menciptakan motif yang unik kamu bisa pakai 2 jenis kain dengan warna yang berbeda. Salah satu kain yang dibuat dengan teknik ini adalah kain Blacu dan Taffeta.


Anyaman Keper
Merupakan anyaman dasar kedua yang cukup banyak digunakan dalam pembuatan kain. Teknik kain ini menghasilkan motif garis horizontal 45 derajat sehingga memberikan ciri khas pada kainnya dan menghasilkan kain dengan 2 sisi berbeda. Salah satu kain yang dibuat dengan cara anyaman keper ini adalah kain Twill dan Drill.


Anyaman Satin
Merupakan anyaman dasar yang biasa digunakan dalam pembuatan kain dengan konstruksi padat. Titik persilangan antara benang lusi dan pakan tidak terlalu dekat seperti anyaman polos dan keper. Biasanya dalam dunia tekstil kata satin sendiri merujuk pada bahan kain yang memiliki kilau seperti sutra maupun alami maupun sintetis.

Alat dan bahan yang digunakan untuk menganyam adalah:

  • Bahan: Bahan yang bisa digunakan untuk menganyam adalah bahan tumbuh-tumbuhan yang kuat, seperti bambu, rotan, daun pandan, janur, daun lontar, kulit kambing, mengkuang, jut, dan sebagainya. Bahan-bahan ini biasanya mudah dikeringkan dan lembut. 
  • Alat: Alat yang digunakan untuk menganyam bambu antara lain gergaji, blakas, pengutik, meteran, penggaris siku, kompresor, kuas, jarum, wajan, alat tulis, dan bor
Untuk membuat anyaman, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut: 
1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  1. Potong bahan-bahan tersebut menjadi strip-strip yang seragam.
  1. Mulailah dengan membuat anyaman dasar.
  1. Lanjutkan dengan menambahkan strip-strip bahan secara berselang-seling.
  1. Pastikan setiap strip terpasang dengan kuat dan rapi.
  1. Beri sentuhan akhir seperti memotong sisa-sisa bahan atau memberikan hiasan tambahan.

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik antusias menyelesaikan tugasnya membuat anyaman dari kertas buffalo.

Rabu, 22 Januari 2025

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 22 Januari 2025)

Hari / Tanggal : Rabu, 22 Januari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika : Sudut

2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

3. Pancasila : Jati Diri dan Lingkungan

Media Pembelajaran : Video/PPT, LKPD, wordwall            

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik  dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sudut, menemukan ide pokok pada sebuah teks dan mengenal keragaman di Indonesia

      Matematika
     



1. Jarum jam yang menunjukan pukul 13.10 merupakan contoh dari sudut ...
             a. tumpul             b. lancip                c. siku-ciku            d. lurus
      2. Sekarang jarum jam menunjukan tepat pukul 09.00. Sudut yang terbentuk oleh jarum jam tersebut yaitu ...

a. tumpul                    b. lancip                 c. siku-ciku                d. lurus

3. Sebuah roda sepedah yang berputar ketika sepedah dikayuh menunjukan sudut ...

a. lurus                        b. refleks                c. siku-siku                d. tumpul

4. Sudut yang terbentuk oleh Jarum jam yang menunjukan pukul 08.00 adalah ...

a. lurus                        b. refleks                c. siku-siku                d. tumpul

Sudut yang terbentuk pada jarum jam yang menujukan pukul 06.00 tepat yaitu ...

 a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 

6. Jarum jam yang menunjukan pukul 13.10 merupakan contoh dari sudut lancip karena besar sudut yang dibentuk yaitu ...

a. tepat 90 derajat        b. 0 - 90 derajat        c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

7. Sudut yang terbentuk oleh jarum jam yang menunjukan pukul 09.00 tepat adalah sudut siku-siku karena besar sudutnya ...

a. tepat 90 derajat        b. 0 - 90 derajat        c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

8. Sebuah roda sepedah yang berputar ketika sepedah dikayuh menunjukan sudut refleks karena besar sudutnya ...

 tepat 90 derajat            b. 0 - 90 derajat            c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

9. Adit menggunakan gunting untuk memotong kertas. Gunting tersebut terbuka dan membentuk sudut yang besarnya lebih dari 0° dan kurang dari 90°. Sudut tersebut dinamakan. 

a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 

10. Umar menggambar sebuah sudut yang besarnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Sudut yang digambar Komang dinamakan. . .

 a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 


Bahasa Indonesia


Untuk memudahkan dalam menemukan ide pokok paragraf, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, yaitu:
  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.
  2. Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
  4. Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
  5. Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
  6. Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Kerjakan soal berikut!

1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.

Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?

A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.


2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.

Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….

a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk. 

d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.


Pendidikan Pancasila


Kerjakan soal berikut!

1. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia adalah…
A. letak geografis                    B. iklim                C. agama                D. sejarah

2. Kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan menyebabkan perbedaan …
A. bahasa daerah            B. suku bangsa            C. agama                   D. budaya

3. Perbedaan kondisi alam di berbagai daerah dapat memengaruhi perbedaan budaya masyarakat Indonesia. Faktor ini disebut faktor…
A. letak geografis            B. iklim                        C. agama                      D. sejarah


4. Faktor yang mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia dari segi ekonomi adalah…

A. sejarah                        B. iklim                            C. warna kulit            D. pekerjaan

5. Suku bangsa yang paling banyak di Indonesia adalah …
A. Jawa                            B. Sunda                        C. Madura                   D. Bali

6. . Suku bangsa yang mendiami wilayah Nusa Tenggara Barat adalah …

A. Jawa                    B. Melayu                    C. Sasak                                D. Batak

7 Pakaian adat wanita Jawa Tengah disebut …
A. kebaya                B. batik         C. surjan            D. lurik

8.Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk menyambut kelahiran bayi adalah…

A. ngaben                                   B. mepandes             

 C. upacara Galungan                D. upacara Kuningan

9. Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah untuk menyambut bulan suci Ramadan adalah…
A. ngaben          B. mepandes     C. sekaten         D. dugderan

10. Suku bangsa yang mendiami Pulau Kalimantan adalah Suku …

A. Batak           B. Sasak           C. Dayak                D. Badui

11. Makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang adalah…

A. garang asem           B. rawon       

C. soto ayam                D. pecel tumpang

12. Makanan khas Papua yang terbuat dari sagu, ikan, dan sayuran adalah…
A. bika ambon                B. rawon                     

C. rendang                  D. papeda

13. Senjata tradisional asal Nanggroe Aceh Darussalam yang memiliki bentuk seperti huruf S adalah…
A. rencong                    B. piso surit                    

C. kujang                       D. keris

14. Senjata tradisional asal Kalimantan Timur yang memiliki bentuk seperti pedang pendek dan memiliki hiasan ukiran burung enggang adalah…
A. rencong                    B. clurit                            

C. keris                        D. mandau

15. Senjata tradisional asal Sumatera Barat yang berbentuk pisau kecil dengan ujung yang runcing dan tajam adalah…
A. clurit                        B. piso surit                   

 C. kerambit                D. badik

16. Tari tradisional dari Aceh yang terkenal dengan gerakannya yang dinamis dan menghentak adalah
A. Tari Saman            B. Tari Tor-Tor                           

C. Tari Piring            D. Tari Kecak

17. Tari tradisional dari Sumatera Utara yang awalnya dikaitkan dengan ritual dan roh adalah
A. Tari Serampang Dua Belas            B. Tari Tor-Tor
C. Tari Serimpi                                    D. Tari Maengket            

18. Tari tradisional dari Sumatera Barat yang menggunakan piring sebagai propertinya adalah
A. Tari Yapong                    B. Tari Gambyong
C. Tari Piring                       D. Tari Jaipong

19. Tari tradisional dari Bali yang menggambarkan cerita Ramayana adalah

A. Tari Saman                B. Tari Maengket               

C. Tari Zapin                   D. Tari Kecak

20. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dapat menjadi sarana untuk saling mengenal dan menghargai antarsuku bangsa. Hal ini karena setiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Manfaat keberagaman tersebut adalah ….
A. memperkaya khasanah budaya bangsa
B. memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
C. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
D. meningkatkan rasa cinta tanah air



  Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik dapat membuat gambar sudut menggunakan busur derajat.