Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 19 Mei 2023

Kelas 4 Review Tema 9 (Jumat 19 Mei 2023)


Hari/Tanggal               : Jumat / 19 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Pembelajaran              : Mereview tema 9

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PKN 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

Tujuan Pembelajaran

2.  Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

3.  Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulia!n

Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya 

Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi  dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....

A. Bahasa Indonesia

A.1. Wawancara

Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi

Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara

Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber

Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H

What (Apa): menanyakan kejadian

Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)

Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian

When (Kapan): menanyakan waktu kejadian

Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu

How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:

1. Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber

2. Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber

3. Fokus pada topik yang dibahas

4. Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara

Langkah Pelaksanaan Wawancara:

1. Menentukan topik yang akan dibahas

2. Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik

3. Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H

4. Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber

5. Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan

Langkah Menarasikan Wawancara:

1. Baca teks wawancara dengan cermat

2. Catat pokok-pokok isi wawancara

3. Buat pengantar ke arah isi wawancara

4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara

5. Lengkapi narasi dengan bagian penutup

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:

1. Sikap badan tegak dan percaya diri

2. Menguasai materi laporan hasil wawancara

3. Pelafalan kata tepat dan jelas

4. Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna

A.2. Teks Petunjuk

Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar

Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:

1. Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya

2. Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan

3. Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis

4. Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk

C. PPKN

Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban

Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab

Hak Anak di Rumah:

  1. Mendapat kasih sayang dari orang tua
  2. Mendapat perlindungan
  3. Mendapat perhatian

Kewajiban Anak di Rumah:

  1. Menjaga kebersihan rumah
  2. Mematuhi nasihat orang tua
  3. Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
  4. Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah

Hak Anak di Sekolah:

  1. Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa
  2. Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami
  3. Mendapatkan nilai hasil belajar

Kewajiban Anak di Sekolah:

  1. Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal
  2. Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur
  3. Menyerahkan SPP tepat waktu

Latihan

Tulislah soal latihan dibawah ini dan carilah jawaban yang paling tepat tanpa harus menulis pilihan gandanya. 

1. Suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh keterangan dari narasumber disebut ....
a. pembacaan
b. penulisan
c. wawancara
d. penilaian

2. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wawancara adalah ....
a. menyiapkan baju baru
b. menyusun daftar pertanyaan
c. belajar dengan giat
d. membaca buku

3. Tujuan wawancara adalah untuk memperoleh ....
a. penghargaan 
b. imajinasi
c. informasi
d. pekerjaan

4. Setelah wawancara selesai, pewawancara mengucapkan .... kepada narasumber.
a. salam
b. terima kasih
c. kata penutup
d. kata pembuka

5. Andi ingin mengetahui kerajinan yang populer di daerahnya. Selanjutnya, Andi mencari jawabannya kepada Bu Darmi. Dalam hal ini, Bu Darmi berperan sebagai ....
a. wartawan
b. tokoh publik
c. narasumber 
d. pembawa acara

6. Berikut ini adalah hak kita terhadap tumbuhan adalah ....
a. menghilangkan gulma di sekitar tanaman
b. memanfaatkan jahe untuk bahan minuman
c. memupuk tanaman agar subur
d. menyiram tanaman secara teratur

7. Salah satu kewajiban terhadap hewan yang kita pelihara yaitu ....
a. memberinya makan
b. memanfaatkan telurnya
c. memanfaatkan dagingnya
d. memanfaatkan tenaganya

8. Berikut yang bukan merupakan kewajiban manusia terhadap sumber daya alam adalah ....
a. Menggunakan sumber air bersih
b. Membersihkan sungai yang kotor
c. Tidak membuang sampah ke sungai
d. Tidak menebang pohon sembarangan 

9. Jika ada teman yang membuang sampah sembarangan. Sikap kita seharusnya ....
a. membiarkannya
b. pura-pura tidak tahu
c. membantunya agar cepat selesai
d. mengingatkannya agar membuang sampah pada tempatnya

10. Manusia menggunakan energi untuk aktivitas sehari-hari. Menggunakan energi merupakan salah satu .... yang dimiliki setiap orang ....
a. hak
b. kewajiban
c. keharusan
d. tanggung jawab

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 17 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 PB 6 (Rabu 17 Mei 2023)

Hari/Tanggal              : Rabu / 17 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 6

Aokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PKN 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

Tujuan Pembelajaran

2.  Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

3.  Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulian.

Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 6 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....

Ringkasan Materi 




Akibat tidak melaksanakan kewajiban


Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita tidak boleh menuntut hak kita sebelum kewajiban kita laksanakan dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika kamu menginginkan nilai yang bagus,  kamu harus belajar terlebih dahulu.


Berikut contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang.
1. Jika ingin sehat,  kamu harus menjaga kebersihan lingkungan tempat 
tinggalmu.
2. Jika ingin terhindar dari banjir, jangan membuang sampah di sungai.
3. Jika kamu menginginkan udara bersih, kamu harus mau menanam pohon.

Selasa, 16 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 PB 5 (Selasa 16 Mei 2023)

Hari/Tanggal               : Selasa / 16 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 5

Aokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 

KD IPA

3.5 . Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif(angin, air,  matahari, panas bumi,   bahan bakar organik,   dan nuklir) dalam kehidupan  sehari-hari.

KD SBdP
3.2.  Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.

 Tujuan Pembelajaran 

1.  Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi usaha-usaha pelestarian sumber daya alam.

2.  Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.

Pada pertemuan kemarin kita sudah membahas persatuan dan kesatuan. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 5 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....




Ringkasan Materi
IPA

Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis.  Pemanfaatannya harus dilakukan secarahati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alamtersebut rusak atau bahkan habis,  kita akan terancam bencana. Hal inimerupakan perwujudan dari pelaksanaan hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam  tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

1. Penghematan bahan bakar dan listrik.
2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air. 
3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
5. Melakukan daur ulang bahan bekas.
6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai,  danau, maupun laut.
7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang  pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dansetelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang lebih muda.
8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan peledak.

SbdP
Nyanyikan lagu bertemakan alam berikut ini.
Nyanyikan secara bersama-sama lagu yang berjudul “Memandang Alam ”.




Latihan Soal

Tuliskan soal dibawah ini dan cari jawaban pilihan ganda yang paling tepat 

1. Perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila keadilan sosial bagi seluruh rajyat Indonesia adalah…
a. Mencari mata air baru
b. Memakai air semaunya
c. Menghemat pemakaian air
d. Mendapatkan sumber air

2. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu upaya menjaga udara agar tetap segar. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan cara.... 
a. membakar sampah di hutan
b. membuang sampah pada tempatnya
c. menebang pepohonan di lingkungan rumah
d. menyimpan sarnpah hingga membusuk

3. Menjalin persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah ditunjukkan dalam bentuk tindakan... 
a. bekerja sama dalam piket kelas
b. aktif dalam organisasi karang taruna
c. hidup rukun dengan tetangga
d. gotong royong membersihkan selokan

4. Contoh hak yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah ... 
a. Menanam pohon di lahan yang kering dan gundul
b. Tidak membuang sampah ke sungai
c. Mematikan air keran setelah selesai mencuci piring
d. Menggunakan air sungai untuk mengairi sawah

5. Tindakan yang tepat untuk memenuhi kewajiban sebagai masyarakat yang tinggal didekat lereng rawan tanah longsor adalah ... 
a. Membiarkan saja
b. Menanam kembali hutan yang gundul
c. Lapor ke polisi hutan
d. Mengambil sisa kayu

6. Berikut ini yang termasuk contoh kewajiban bagi warga terhadap air bersih adalah .... 
a. Menggunakan air untuk minum
b. Memakai air untuk mandi sehari-hari
c. Memakai air untuk mencuci baju
d. Menjaga kebersihan sumber-sumber air

7. Menikmati lingkungan segar merupakan ……… terhadap lingkungan *
a. Kehidupan
b. Hak
c. Perilaku
d. Kewajiban

8. Contoh kewajiban manusia terhadap lingkungan adalah ……… *
a. Membuang limbah detergen ke sungai
b. Membuang sampah ke sungai agar halaman tetap bersih
c. Menebang semua pohon yang ada di pinggir jalan
d. Menanam pohon di pinggiran sungai

9. Kewajiban manusia terhadap hutan adalah …… *
a. Reboisasi atau menanam pohon di hutan atau tanah yang gersang atau gundul.
b. Memanfaatkan hasil hutan untuk kebutuhan sehari-hari
c. Mendapatkan oksigen yang dihasilkan pohon di hutan
d. Mendapatkan udara yang sejuk

10. Melaksanakan kewajiban secara sadar bersama-sama dapat menumbuhkan rasa … dan … *
a. Persatuan dan kesatuan
b. perhatian dan tanggung jawab
c. Iba dan peduli
d. Tidak mudah putus asa dan mandiri

Senin, 15 Mei 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 PB 4 (Senin 15 Mei 2023)

Hari/Tanggal                : Senin / 15 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 4

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD PKN 

3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan pengamatan, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.

 2. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui kerja bakti dan manfaatnya dengan penuh kepedulian

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas sumber energi alternatif. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 4 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....





Ringkasan Materi 


PKN 




Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan,
atau krisis air bersih.  Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam? 

Perbuatan manusia yang tidak  bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta. Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi. Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam.

Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. 


Berikut ini adalah contoh sikap persatuan dan kesatuan yang dapat kita lakukan;
 Sikap persatuan dan kesatuan di rumah :
1. Saling menghargai dan saling menyanyangi anggota keluarga
2. Saling menghargai perbedaan kelompok antar anggota
3. Saling membantu bila ada anggota keluarga yang mengalami kesulitan
4. mendengarkan nasihat orang tua
5. Gotong royong dalam 

  Contoh sikap persatuan dan kesatuan di sekolah  :

1. Piket bersama membersihkan kelas atau halaman sekolah
2. Belajar kelompok 
3. Saling menghargai dan menghormati  antar teman
4. Membantu teman yang sedang mengalami kesulitan
5. Menjenguk teman yang sedang sakit


 Contoh sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat  :
1. Saling menghargai dan tidak membedakan antar anggota masyarakat
2. Hidup rukun, dengan cara mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
3. Kerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan
4. Bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan
5. Melakukan ronda malam untuk menjaga ketertiban lingkungan

BAHASA INDONESIA

Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang  berkaitan dengan kepentingan umum. Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar  tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya  kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu,  Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.


Latihan hari ini, 
Petunjuk soal :Tuliskan pendapatmu di buku tulis kalian. 
Amatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar.
Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan
persatuan dan kesatuan? Jelaskan !

1.                                                                       

   


2.                                                                         



3. 



4. 


5. 

Baiklah anak sholeh sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Dan besok kita akan bertemu pada preman 9 subtema 3 pembelajaran 5.

Terimakasih 
Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh