Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 13 April 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 4 (Jumat 14 April 2023)

Hari/Tanggal   : Jumat/ 14 April 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 4

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

KD Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca dan berdiskusi, siswa dapat mengetahui macam-macam energi dan perubahannya dengan penuh kepedulian. 

2. Dengan mengamati gambar, siswa memahami sumber energi dengan penuh kepedulian

Pertemuan sebelumnyabkita sudah mempelajari perubahan energi. Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 4 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.





Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi.

Macam-macam energi sebagai berikut: 

1. Energi Bunyi Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.

2. Energi Panas Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor.

3. Energi Listrik Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak.

contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari :

 1. Energi Listrik-Energi Panas Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika. 

2. Energi Listrik-Energi Gerak Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender. 

3. Energi Panas-Energi Panas Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.

4. Energi Cahaya-Energi Listrik Contohnya penggunaan panel surya. 

5. Energi Listrik-Energi Panas Contohnya penggunaan alat pengering rambut ( airdryer). 

6. Energi Gerak-Energi Bunyi Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 3 & Matematika (Kamis 13 April 2023)


Hari/Tanggal   : Kamis / 13 April 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 3

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

KD Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca dan berdiskusi, siswa dapat mengetahui macam-macam energi dan perubahannya dengan penuh kepedulian. 

2. Dengan mengamati gambar, siswa memahami sumber energi dengan penuh kepedulian

Pertemuan sebelumnyabkita sudah mempelajari perubahan energi. Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 3 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.

Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi.

Macam-macam energi sebagai berikut: 

1. Energi Bunyi Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.

2. Energi Panas Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor.

3. Energi Listrik Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak.

Contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari :

 1. Energi Listrik-Energi Panas Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika. 

2. Energi Listrik-Energi Gerak Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender. 

3. Energi Panas-Energi Panas Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.

4. Energi Cahaya-Energi Listrik Contohnya penggunaan panel surya. 

5. Energi Listrik-Energi Panas Contohnya penggunaan alat pengering rambut ( airdryer). 

6. Energi Gerak-Energi Bunyi Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.

Soal

Kerjakan LKPD ( lembar kerja Peserta didik) berikut ini di buku latihan mu ya. 




MATERI MATEMATIKA

Mengukur Sudut dengan Busur Derajat

  1. 1
    Perkirakan ukuran sudut yang Anda miliki. Sudut dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok: lancip, tumpul, dan siku-siku. Sudut lancip berukuran sempit (kurang dari 90 derajat), sudut tumpul berukuran lebar (lebih besar dari 90 derajat), dan sudut siku-siku tepat berukuran 90 derajat (dua garis yang membentuknya saling tegak lurus).[1] Anda dapat mengidentifikasi kategori sudut yang hendak Anda ukur hanya dengan melihatnya. Menentukan kategori sudut pada langkah pertama membantu Anda mengidentifikasi skala mana pada busur derajat yang harus digunakan.
    • Sepintas, kita dapat mengetahui sudut tersebut tergolong lancip karena ukurannya kurang dari 90 derajat.
  2. 2. Posisikan pangkal atau puncak sudut yang ingin Anda ukur pada titik pusat (pusat busur). [2] Lubang kecil di pertengahan garis dasar busur derajat adalah pangkalnya. Buatlah puncak sudut berimpit dengan pusat persilangan pada pangkal tersebut.
    1. 3. Putarlah busur derajat untuk membuat salah satu kaki sudut berimpit dengan garis dasar busur derajat. Posisikan puncak sudut pada pangkal busur derajat, lalu secara perlahan putarlah busur derajat sehingga kaki sudut tersebut jatuh di atas garis dasar busur derajat. [3]
      • Garis dasar busur derajat sejajar dengan pinggiran busur derajat, tetapi garis dasar bukan pinggiran busur derajat yang rata tersebut. Garis dasar berimpit dengan pusat pangkalnya (pusat busur) dan garis tersebut membentang sampai ke titik awal skala pada kedua sisi (kiri dan kanan).
    2. 4. Ikuti kaki sudut (garis) yang berhadapan naik ke skala ukuran pada lengkung busur derajat. Jika garis tersebut tidak melewati lengkung busur derajat, perpanjanglah sehingga melewatinya. Sebagai alternatif, Anda dapat meletakkan bagian tepi selembar kertas berimpit dengan kaki sudut (garis) lalu memperpanjang garis tersebut hingga melewati lengkung busur derajat. Angka yang dilewati oleh garis tersebut adalah ukuran sudut dalam satuan derajat.
      • Pada contoh di atas, ukuran sudut adalah 71 derajat. Kita tahu untuk menggunakan skala yang lebih kecil karena pada langkah pertama kita sudah menentukan bahwa ukuran sudut kurang dari 90 derajat. Jika sudut tersebut tumpul, kita akan menggunakan skala yang menandai sebuah sudut lebih besar dari 90 derajat.
      • Pada awalnya, skala pengukuran mungkin tampak membingungkan. Sebagian besar busur derajat memiliki dua kisi penggaris yang berlawanan, satu kisi berada pada sisi sebelah dalam dan kisi yang lain di sisi sebelah luar. Desain demikian membuat alat ini mudah digunakan untuk mengukur sudut dari arah mana pun.
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada pembelajaran tema 9 subtema 2 pembelajaran 4.
Terimakasih
Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 12 April 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 2 & Matematika (Rabu 12 April 2023)


Hari/Tanggal   : Rabu / 12 April 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

{embelajaran    : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pembelajaran : 2

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

PPKN

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

SBDP

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada 

4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Tanah Air”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri. 

2. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang macam macam sumber daya alam pada pembelajaran 1.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 2 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.

Kesadaran akan rasa cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kesenian, misalnya seni musik dan lagu. Palajarilah salah satu lagu wajib berikut. Pelajari birama, tempo, dan lirik lagunya bersama teman sekelompokmu. Diskusikanlah agar kamu bisa menyanyikannya secara bersahutan (kanon). 

Dengarkanlah video dibawah ini.



Cinta tanah air juga dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Pada pembelajaran ini, kamu akan belajar mengenai pelaksanaan hak dan kewajiban terhadap lingkungan sosial, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Salah satu caranya dengan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Hak dan kewajiban tersebut kita laksanakan dengan mematuhi perundang-undangan yang berlaku.

1. Kewajiban Warga Negara
a. Menjunjung hukum dan pemerintahan Indonesia
b. Menjaga kelestarian lingkungan sekitar
c. Membayar pajak
d. Mengikuti pendidikan dasar

2. Hak Warga Negara
a. Menikmati persamaan kedudukan dan kepastian di muka hukum dan pemerintahan
b. Menikmati hidup layak
c. Mengeluarkan pendapat
d. Beragama dan beribadah
e. Membela negara
f. Mendapat pendidikan yang layak
g. Mengembangkan kebudyaan
h. Hak menikmati kekayaan alam

Soal
1. Sebutkan kewajiban kita sebagai warga negara? 
2. Sebutkan hak kita sebagai warga negara? 
3. Apa hal dapat kamu lakukan sebagai wujud rasa cinta terhadap tanah air? 


MATERI MATEMATIKA

Mengukur Sudut dengan Busur Derajat

  1. 1
    Perkirakan ukuran sudut yang Anda miliki. Sudut dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok: lancip, tumpul, dan siku-siku. Sudut lancip berukuran sempit (kurang dari 90 derajat), sudut tumpul berukuran lebar (lebih besar dari 90 derajat), dan sudut siku-siku tepat berukuran 90 derajat (dua garis yang membentuknya saling tegak lurus).[1] Anda dapat mengidentifikasi kategori sudut yang hendak Anda ukur hanya dengan melihatnya. Menentukan kategori sudut pada langkah pertama membantu Anda mengidentifikasi skala mana pada busur derajat yang harus digunakan.
    • Sepintas, kita dapat mengetahui sudut tersebut tergolong lancip karena ukurannya kurang dari 90 derajat.
  2. 2. Posisikan pangkal atau puncak sudut yang ingin Anda ukur pada titik pusat (pusat busur). [2] Lubang kecil di pertengahan garis dasar busur derajat adalah pangkalnya. Buatlah puncak sudut berimpit dengan pusat persilangan pada pangkal tersebut.
    1. 3. Putarlah busur derajat untuk membuat salah satu kaki sudut berimpit dengan garis dasar busur derajat. Posisikan puncak sudut pada pangkal busur derajat, lalu secara perlahan putarlah busur derajat sehingga kaki sudut tersebut jatuh di atas garis dasar busur derajat. [3]
      • Garis dasar busur derajat sejajar dengan pinggiran busur derajat, tetapi garis dasar bukan pinggiran busur derajat yang rata tersebut. Garis dasar berimpit dengan pusat pangkalnya (pusat busur) dan garis tersebut membentang sampai ke titik awal skala pada kedua sisi (kiri dan kanan).
    2. 4. Ikuti kaki sudut (garis) yang berhadapan naik ke skala ukuran pada lengkung busur derajat. Jika garis tersebut tidak melewati lengkung busur derajat, perpanjanglah sehingga melewatinya. Sebagai alternatif, Anda dapat meletakkan bagian tepi selembar kertas berimpit dengan kaki sudut (garis) lalu memperpanjang garis tersebut hingga melewati lengkung busur derajat. Angka yang dilewati oleh garis tersebut adalah ukuran sudut dalam satuan derajat.
      • Pada contoh di atas, ukuran sudut adalah 71 derajat. Kita tahu untuk menggunakan skala yang lebih kecil karena pada langkah pertama kita sudah menentukan bahwa ukuran sudut kurang dari 90 derajat. Jika sudut tersebut tumpul, kita akan menggunakan skala yang menandai sebuah sudut lebih besar dari 90 derajat.
      • Pada awalnya, skala pengukuran mungkin tampak membingungkan. Sebagian besar busur derajat memiliki dua kisi penggaris yang berlawanan, satu kisi berada pada sisi sebelah dalam dan kisi yang lain di sisi sebelah luar. Desain demikian membuat alat ini mudah digunakan untuk mengukur sudut dari arah mana pun.
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan besok kita akan bertemu di tema 9 subtema 2 pembelajaran 3.
Terimakasih

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 10 April 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 1 (Selasa 11 April 2023)


Hari/Tanggal   : Selasa / 11 April 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema    : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pembelajaran : 1

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

K.D IPA

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. 

K.D IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

K.D Bahasa Indonesia

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.


Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca bacaan tentang sumber daya alam, siswa memahami jenis-jenis sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
2. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan penuh tanggung jawab
3. Dengan mengamati gambar peta, siswa mengetahui jenis dan persebaran tentang jenis dan persebaran sumber daya alam di Indonesia dengan penuh kepedulian

Sebelumnya kita sudah membahas tentang hak dan kewajiban kita tentang lingkungan.Pada pertemuan hari ini miss akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 1 dibawah ini.



Saatnya kalian simak ringkasan materi berikut ini🤓🤓🤓

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.  

Sumber daya alam dapat dibedakan mennjadi dua:

1. sumber daya alam yang dapat diperbarui dan,

Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

2. sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya. Sumber daya ini memiliki jumlah terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mengelolanya dengan baik

Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. 


Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak. 

energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya.

kalian dapat menyebutkan perubahan bentuk energi yang terjadi seperti gambar yang ada di halaman 50. sekarang pelajarilah terlebih dahulu.

amatilah peta persebaran sumber daya alam berikut.


Negara kita dikenal sebagai penghasil barang-barang tambang. Minyak bumi, gas alam, tembaga, dan emas merupakan sebagian dari hasil kekayaan alam kita. Setelah diolah, barang-barang tambang tersebut dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan. Namun demikian, hasil tambang tidaklah merata persebarannya, baik jumlah maupun jenisnya. kalian dapat perhatikan peta yang ada di halaman 54.

dan  untuk Tugas hari ini adalah

Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.

soal 

1. Ada berapa macam sumber daya alam? 

2. Berikan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarahui? 

3. Berikan contoh sumber daya alam yang ada disekitar mu? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 2 pembelajaran 2.

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Minggu, 09 April 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 PB 6 (Senin 10 April 2023)

Hari/Tanggal : Senin /10 April 2023

Tema 9            : Kayanya Negeriku

Subtema 1      : Sumber Energi di Indonesia

Pembelajaran : 6

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 6 :

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orangorang di sekitarnya, siswa dapat yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.

2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian

3. Siswa mampu menyanyikan lagu gunung jeumpa

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 9 sub tema 1 pembelajaran 5 yaitu tentang kegiatan ekonomi masyarakat..Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 6 

Pembelajaran 6





Jika hal dan kewajiban dapat kita laksanakan secara seimbang  termasuk terhadap lingkungan maka kehidupan kita pun akan berjalan dengan baik. Kita akan dapat memenuhi berbagai  kebutuhan dan kita juga akan terhindar dari bencana alam. 

Ada sebuah lagu yang daerah dengan judul "manuk dadali" Yang menceritakan tentang gambaran burung garuda yang menjadi lambang negara kita. Burning garuda itu adalah burung elang. 
Bacalah teks tentang burung elang pada halaman 38.

Menyanyikan  lagu bungong jeumpa






Soal. 

1. Sebutkan usaha kita untuk melestarikan elang Jawa? 

2. Lagu bungong jeumpa berasal dari.... 

3. Bunga khas dari Jepang adalah... 


Baiklah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu kembali pada pembelajaran tema9 subtema 2 pembelajaran 1

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh