Welcome To The Class 1A SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 18 Maret 2022

Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 PB 2 (Jumat 18 Maret 2022)

MATERI AJAR TEMATIK

Kelas : IV B 

Tema : Daerah Tempat Tinggalku

Subtema : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPA, SBDP 

Hari / Tanggal : Jumat / 18 Maret 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....

 ðŸ˜ŠðŸ˜Š

Alhamdulillah sudah ketemu dengan hari jumat lagi yaa... Jumat berkah perbanyak ibadah dan jangan lupa sedekah yaa.. 

Dan Alhamdulillah jg hari ini kita masih diberi nikmat sehat. 

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...

Selamat belajaarr...!!


Aku bangga sekali dengan daerah tempat tinggal keluarga besarku, Yogyakarta. Di Yogyakarta ada kampung yang terkenal dengan kerajinan gerabah. Kampung itu nama Kasongan. Kasongan terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gerabah merupakan satu di antara karya tiga dimensi. Selain gerabah, benda-benda ukiran juga merupakan karya tiga dimensi. Apakah kamu dapat menyebutkan karya tiga dimensi lainnya? Dapatkah kamu menggambar benda tiga dimensi? Ayo, kita belajar bersama-sama.


Ayo Mengamati

Amatilah gambar benda-benda berikut!
Gerabah Kasongan
Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.
Benda tiga dimensi adalah benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.

Ayo Membaca
Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.

Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
  1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
  2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
  3. Memiliki volume.

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
  1. Benda Kubistis. Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.
  2. Benda Silindris. Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
  3. Benda Bebas. Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi.
1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar peristiwa anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin membuat gerabah berikut
Contoh Gaya
1. Anak bermain ketapel
Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya. Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.

2. Paman menimba dengan ember
Paman menimba dengan menarik tali timba.

3. Perajin membuat gerabah
Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. 

Bagaimana hubungan gerak dan gaya kaitannya dengan peristiwa tersebut? Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.
Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah
Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah gaya yang dikerjakan paman saat menarik tali timba mengakibatkan ember yang semula diam menjadi bergerak naik
Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah
Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah gaya saat anak menarik ketapel dan melepaskannya memengaruhi batu yang semula diam menjadi bergerak setelah dilontarkan dengan menggunakan ketapel.
Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah
Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah gaya yang dilakukan pengrajin saat membentuk tanah liat mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah.


TUGAS

Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang bisa kamu tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut. Kelompokkan gambar-gambar yang ada berdasarkan jenisnya. Tuliskan dalam buku tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas?
Aneka Benda

Koment

Kamis, 17 Maret 2022

Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 PB 1 (Kamis 17 Maret 2022)

MATERI AJAR TEMATIK


Kelas : IV B 

Tema : Daerah Tempat Tinggalku

Subtema : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 1

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, IPA 

Hari / Tanggal : Kamis / 17 Maret 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....

 ðŸ˜ŠðŸ˜Š

Alhamdulillah sudah hari kamis lagi yaa... 

Dan Alhamdulillah jg hari ini kita masih diberi nikmat sehat. 

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...

Selamat belajaarr...!!


Siti dan Lani bermain sepeda di taman dekat tempat tinggal mereka. Siti dan Lani bersyukur karena tempat tinggal mereka dekat dengan taman. Mereka bangga dengan lingkungan taman. Taman bersih terbebas dari sampah. Saat bermain sepeda, Siti memboncengkan Lani. Tiba-tiba ban sepeda Siti bocor. Lani pun turun dari boncengan sepeda. Mereka akan membawa sepeda ke bengkel. Siti menuntun sepeda dan Lani mendorong sepeda dari belakang. Sepeda pun bisa bergerak maju. Itulah contoh hubungan gaya dan gerak benda. Bagaimana contoh hubungan gaya dan benda yang lainnya?


Siti dan Lani mencari bengkel sepeda untuk menambal ban sepeda. Siti merasa lapar. Tiba-tiba terdengar suara, ting. . . ting. . . ting. . . . Di seberang jalan terlihat penjual bakso dorong lewat. Penjual bakso mendorong gerobaknya dan sesekali berhenti untuk membunyikan mangkok sebagai tanda bahwa ada bakso. Siti dan Lani sepakat untuk makan bakso dahulu. Mereka memanggil penjual bakso.

Selesai melayani pesanan bakso Siti dan Lani, tukang bakso melanjutkan perjalanannya. Siti dan Lani memperhatikan gerobak bergerak maju karena dorongan tukang bakso. Begitu juga dengan sepeda, sepeda bergerak maju karena dituntun, didorong, dan dikayuh. Mendorong dan mengayuh merupakan gaya yang dapat menyebabkan gerobak dan sepeda bergerak. Berikut lebih lanjut pengetahuan tentang gaya dan gerak.

Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran di subtema 1 dan subtema 2 yang membahas tentang gaya dan gerak? Untuk melakukan gaya kamu perlu tenaga. Bagimana hubungan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari? Dalam kehidupan sehari-hari banyak peristiwa yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak. Berikut beberapa contoh hubungan gaya dan gerak.

Ayo Mengamati
Gaya Memengaruhi benda diam menjadi bergerak
Gaya Memengaruhi benda diam menjadi bergerak
Gambar di atas menunjukkan peristiwa pintu terbuka dan pintu menutup. Dengan adanya gaya berupa dorongan dan tarikan pintu bergerak membuka dan menutup.

2. Gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
Benda bergerak menjadi diam
Gambar di atas menunjukkan peristiwa bus dari melaju kemudian berhenti. Pada peristiwa itu pak sopir melakukan gaya dengan menginjak rem bus.Dengan gaya yang dilakukan pak sopir bus menjadi lambat, lalu berhenti.

3. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda.
Gaya Memengaruhi bentuk benda
Gambar di atas menunjukkan peristiwa perubahan bentuk plastisin. Pada peristiwa itu anak bermain plastisin dengan melakukan gaya membentuk berbagai bentuk dari plastisin. Dengan gaya yang dilakukan, plastisin menjadi berubah bentuk.

4. Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda.
Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda
Gambar berikut menunjukkan peristiwa perubahan arah gerak bola karena gaya yang diberikan pada bola. Pada peristiwa itu bola dilambungkan ke atas sehingga bola bergerak ke atas. Kemudian, bola dipukul ke depan sehingga bola bergerak ke arah depan.


TUGAS
Amatilah peristiwa di lingkunganmu yang berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak. 
Tuliskan hasil pengamatanmu seperti CONTOH DIBAWAH INI. (Buat 1 Objek Pengamatan Saja).

Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Dayu
Kelas  : IV B 
Alamat : Tabanan, Bali

Gaya merupakan suatu tarikan atau dorongan yg menyebabkan benda berubah posisi ataupun arah gerak

Objek yang diamati:
Mendorong mobil yang mogok

Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.
Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak. Saat mobil diam (mogok) gaya yang bekerja pada mobil tidak ada. Saat ada orang mendorong dari belakang maka mobil akan bergerak (berpindah posisi) ke arah depan.

Objek yang diamati
Saat mengerem sepeda

Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.
Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam. Saat sepeda bergerak, artinya ada gaya yang bekerja padanya. Kemudian saat sepeda diberikan gaya pengereman, maka sepeda menjadi berkurang kecepatannya hingga berhenti.

Rabu, 16 Maret 2022

Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 PB 6 (Rabu 16 Maret 2022)

MATERI AJAR TEMATIK

Kelas : IV B 

Tema : Daerah Tempat Tinggalku

Subtema : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 6

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKN

Hari / Tanggal : Rabu / 16 Maret 2022


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat ya.

Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...

Kita baca dulu yaa Tujuan pembelajaran hari ini

Tujuan pembelaharan hari ini adalah Melalui bimbingan guru dari media Daringkalian dapat menuliskan keunikan daerah Papua dapat mengetahui cerita rakyat suatu daerah, dapat menuliskan isi cerita fiksidapat menuliskan judul, isi, dan tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita fiksi dan kalian dapat memperagakan gerak tari kreasi daerah

Selamat belajaarr...!!


Papua memiliki beberapa keunikan diantaranya adalah puncak Jayawijaya yang memiliki salju abadi, Burung Cenderawasih, Raja Ampat, dan masih banyak yang lainnya.


Papua memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.
Cenderawasih
Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih? Bacalah bacaan berikut.

Ayo Membaca
Asal Usul Burung Cenderawasih

Di suatu daerah di Papua tinggal seorang anak laki-laki bernama Kweiya. Kweiya tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya. Mereka menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup. Dia membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang. Kweiya berencana untuk membuat sayap dari benang pintalannya.

Setelah Kweiya pergi, ibunya sangat sedih. Adik-adik Kweiya berbohong bahwa Kweiya pergi karena tidak mau tinggal bersama mereka lagi. Ibu Kweiya tidak percaya. Ibu Kweiya berusaha mencari tahu kebenarannya. Adik bungsu Kweiya yang jujur memberitahu ibu kebenarannya. ”Bu, kak Kweiya tidak meninggalkan kita. Dia dijebak oleh kakak-kakak sehingga tersesat di hutan.” Jelas adik bungsu Kweiya.

”Benarkah yang kau katakan itu anakku? Kalau begitu ibu harus mencari Kweiya,” sahut ibu Kweiya.

Ibu Kweiya segera pergi ke hutan. Dia berjalan tanpa kenal lelah sambut terus memanggil-manggil Kweiya sekuat tenaga. Tidak ada sahutan. Sampai akhirnya ibu Kweiya melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Eee… eee… eee…. Begitu suara burung yang muncul di hadapan ibu Kweiya. Ibu Kweiya terkejut, ternyata burung itu adalah Kweiya yang menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Kweiya telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah.

Ibu Kweiya mengikuti Kweiya dan mengambil sejumput pintalan benang. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya seperti yang telah dilakukan Kweiya. Dalam sekejap, ibu Kweiya berubah menjadi seekor burung. Dia segera terbang bersama Kweiya. Adik-adik tiri Kweiya ternyata menyaksikan ibunya dan Kweiya yang telah berubah menjadi burung. Mereka menyesali perbuatan jahatnya. Namun, penyesalan itu telah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal sebaga burung cenderawasih.

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai cerita fiksi di depan. Apa isi dari cerita fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu pada tempat di bawah.
Legenda “Asal Usul Burung Cenderawasih” bercerita tentang kisah seorang anak bernama Kweiya yang tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya dan menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup dengan membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang.

Ibu Kweiya pergi ke hutan, dia melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Ternyata burung itu adalah Kweiya yang telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Akhirnya ibu Kweiya berubah menjadi seekor burung. Adik-adik tiri Kweiya menyesali perbuatan jahatnya, namun,sudah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal sebaga burung cenderawasih.

TUGAS
Tugas tematik hari ini hanya membaca dan memahami materi di atas.



MATEMATIKA

Kelas : IV B 

Materi : Pengukuran Sudut

Hari / Tanggal : Rabu / 16 Maret 2022 


A. Pengertian Sudut

Sudut merupakan wilayah yang dibentuk oleh dua garis yang bertemu di satu titik. Sudut mempunyai 1 buah titik sudut dan 2 buah kaki sudut.

Sebuah sudut diberi nama dengan mencantumkan nama titik-titik pembentuk sudut, dengan titik sudut berada di tengah. Dapat juga hanya mencantumkan titik sudutnya saja. Perhatikan contoh!

materi kelas 4


Nama sudut di atas adalah sudut MKL atau sudut LKM atau sudut K.
Titik sudutnya adalah K
Kaki sudutnya adakah garis KL dan garis KM.

B. Jenis-jenis Sudut

1. Sudut Siku-siku

Sudut Siku-siku merupakan sebuah sudut yang besarnya 90°.
Contoh:

Sudut Siku-siku

2. Sudut lancip

Sudut lancip merupakan sebuah sudut yang besarnya kurang dari 90°.
Contoh:

Sudut Lancip

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul merupakan sebuah sudut yang besarnya antara 90° sampai dengan 180°.
Contoh:

Sudut Tumpul


C. Mengukur Sudut pada Dua Buah Garis

Adik-adik sudah paham tentang pengertian sudut dan jenis-jenisnya?
Sekarang kita belajar cara mengukur sudut.
Alat yang digunakan untuk mengukur sudut dinamakan Busur Derajat.

Gambar Busur Derajat

Bagaimana cara mengukur besar sudut?
Perhatikan contoh soal berikut!


Tentukan besar sudut BAC pada gambar di atas!

Jawaban


Untuk lebih jelas tentang cara mengukur sudut dengan busur, perhatikan video berikut!



TUGAS Matematika : 

Mencatat Materi Hari Ini Tentang Sudut 😊