KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)
1.Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
KD 3.3 IPS (Mengidentifikasi kegiatan ekonomi)
2. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen.
KD 3.9 Bahasa Indonesia menemukan jawaban soal tentang tok pada teks)
3.Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.
Pembelajaran 3
simak video pembelajaran berikut ini
IPS
Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi. gambar diatas adalah tentang kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. perhatikanlah!
Bahasa Indonesia
Buku merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk membuka cakrawala. Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat julukan Kota Pelajar? Kota dengan Kota Yogyakarta memiliki banyak keunikan.
Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar.
Salah satu sungai di Yogyakarta yang memiliki cerita legenda adalah Sungai Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20 kilometer. selebih nya dapat kalian baca dalam buku tematik kalian pada halaman 91.
TUGAS HARI INI
Tanyakan kepada orang tuamu keunikan daerah tempat tinggalmu. Tanyakan mengenai industri yang ada, pekerjaan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu, kesenian yang ada, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa.
Tuliskan hasilnya dalam bentuk tulisan dan jangan lupa kirimkan hasilnya kepada guru mu.
Itulah tadi pembelajaran hari ini. Kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 4.
KD 3.2 SBDP (Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada)
1. Dengan kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai ragam tari daerah di Indonesia.
KD 3.9 Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi)
2. Dengan kegiatan menulis cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita fiksi.
KD 3.4 IPA (melakukan percobaan praktik mengayuh sepeda dan pengaruhnya.)
3. Dengan kegiatan mencoba praktik mengayuh sepeda dengan kecepatan lambat dan cepat., siswa dapat menjelaskan berbagai contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda di lingkungan sekitar.
Pasa pembelajaran 1 kita sudah membahas tentang keunikan dari daerah masing masing dan juga macam macam gaya. Dan hari ini kita akan memasuki tema 8 subtema 2 pembelajaran 2
Pembelajaran 2
Let's check this video
Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerakgerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis.
berikut dibawah ini adalah jenis tarian dari berbagai daerah.
Ada 2 jenis karya tari yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru.Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.
Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.
perhatikan gambar dayu bersepeda diatas.
Dayu selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.
Materi Matematika
Latihan Soal
Sebanyak 35 siswa kelas 4 diukur tinggi badannya. Berikut data hasil pengukuran tinggi badan ( dalam cm) tersebut.
KD 3.9 Bahasa Indonesia (Menuliskan tokoh dalam cerita fiksi)
1. Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi
KD 3.4 IPA (percobaan hubungan antara gaya dan gerak)
2. Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.
Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah membahas tentang tema 8 subtema 1 pembelajaran 6 tentang cerita rakyat si pitung. Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 8 subtema 2 pembelajaran 1
Pembelajaran 1
gambar diatas adalah salah satu contoh keunikan daerah tempat tinggal. Salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan adalah candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal usul terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah cerita rakyat yang populer di Yogyakarta. Bagaimana isi cerita tersebut? silahkan kalian baca di buku tematik kalian cerita RORO JONGGRANG pada halaman 62 & 63.
Perhatikan gambar di atas. Ingatkah kamu tentang gaya? Menurutmu, apakah petugas kebersihan pada gambar melakukan gaya? Jelaskan!
Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya.
Gaya dapat memengaruhi gerakan benda.
Berikut beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
1. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
2. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
3. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
4. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.
Materi Matematika
Latihan Soal
Sebanyak 35 siswa kelas 4 diukur tinggi badannya. Berikut data hasil pengukuran tinggi badan ( dalam cm) tersebut.
Menjelaskan manfaat keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari
1. Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.
KD 4.9 Bahasa Indonesia
(Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.)
2. Dengan kegiatan mengidentifikasi tokoh-tokoh pada cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita fiksi.
Sebelumnya kita sudah membahas tentang tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 tentang keragaman mata pencaharian orang orang disekitar kalian.Pada pertemuan hari ini Miss akan menyampaikan materi tema 8 subtema 1 pembelajaran 5
Yuk simak materi berikut ini🤓🤓🤓
Pembelajaran 5
Indonesia terdiri dari berbagai macam pulau. Di berbagai pulau itu hidup orang orang dari berbagai daerah. Salah satunya adalah pulau Sumatra. dan Lampung merupakan salah satu propinsi yang terdapat dipulau Sumatra.
coba perhatikan peta pulang Sumatra berikut dan amatilah dimana kalian tinggal.
Sebelumnya kita sudah membahas tentang karakter individu baik secara fisik atau kegemaran. perhatikan pada halaman 42 disana terdapat gambar yang mencerminkan keberagaman individu.
Selain keberagaman individu kalian juga bisa melihat keberagaman cerita rakyat dari daerah masing masing contohnya sebuah teks cerita fiksi pada halaman 44 berjudul " Kisah Putri Tangguk" yang berasal dari jambi
Materi Matematika
Latihan Soal
Sebanyak 35 siswa kelas 4 diukur tinggi badannya. Berikut data hasil pengukuran tinggi badan ( dalam cm) tersebut.