Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 10 Oktober 2024

STS Hari Ke 1 TIK dan Bahasa Arab (Jumat 11 Oktober 2024)

Hari / Tanggal : Jumat / 11 Oktober 2024

Fase / Kelas : C / 5C


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi anak Sholeh Sholehah, bagaimana kabarnya hari ini? 🙏

Alhamdulillah semoga sehat semua dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin..🤲

Hari ini anak Sholeh Sholehah akan melaksanakan STS (Sumatif Tengah Semester) selama 1 Minggu ke depan.✨

Miss Dwi berharap agar anak Sholeh Sholehah bisa menjaga kesehatan dan belajar dengan giat supaya memperoleh hasil yang memuaskan, aamiin.. 🤲

Berikut jadwal STS Kelas 5 :

Untuk kisi-kisi soal STS sudah terlampir melalui grup wa ya nak..

Jangan lupa shalat 5 waktu dan selalu Murojaah ya nak, Good Luck 🩷

Miss Dwi akhiri, wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 09 Oktober 2024

Materi Ajar P5 dan Pendidikan Anti Korupsi Kelas 5C (Kamis 10 Oktober 2024)

Hari / Tanggal : Kamis / 10 Oktober 2024 

Kelas / Fase : 5C / C

Mata Pelajaran : P5 dan PAK


Assalaamualaikum Wr Wb

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik "Cipta Karya Sampah Kita". Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.

Tema : Kewirausahaan

Topik : Cipta Karya Sampah Kita

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat dari bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Simak Video berikut ini :


Mata Pelajaran : Pendidikan Anti Korupsi

Salah satu nilai yang ada dalam mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi adalah "Disiplin".

Disiplin adalah melakukan segala sesuatu dengan tepat waktu dan dilakukan secara berulang atau terus menerus.

Contoh disiplin d rumah :

- Mandi dan Menggosok Gigi

Apakah kalian sudah disiplin hari ini?? Yukk selalu disiplin dalam segala hal yaa agar hidup kita teratur.😊

Simak video berikut ini :


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.

Terimakasih


Kesimpulan:

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar.

Selasa, 08 Oktober 2024

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 9 Oktober 2024)

Hari / Tanggal : Rabu / 9 Oktober 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

Media Pembelajaran : Video/PPT, HVS, Crayon      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.


Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

     Tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mempelajari berbagai jenis buku baik fiksi maupun non fiksi dan membandingkan teks fiksi dan nonfiksi, membandingkan dan mengurutkan pecahan serta dapat melakukan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari karna manusia adalah makhluk sosial.

Matematika 

Cara mengurutkan pecahan dengan penyebut yang sama seperti mengurutkan bilangan cacah pada umumnya.

Misalnya pecahan 3/9, 5/9, 1/9 diurutkan dari yang terkecil menjadi 1/9, 3/9, 5/9.

Contoh pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama, yaitu 9, sehingga cara mengurutkannya hanya perlu melihat pembilang atau nilai angka yang di atas.

Langkah mengurutkan pecahan dengan penyebut yang tidak sama seperti berikut. 

1. Mencari nilai KPK dari penyebut pecahan yang ingin diurutkan.

2. Mengalikan setiap penyebut pecahan dengan angka lain untuk menghasilkan nilai KPK tersebut.

3. Pembilang juga dikalikan sama dengan angka perkalian penyebut.

Baiklah sekarang Ayo kita berlatih mengurutkan pecahan!
Soal no.1  Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!





Soal no.2  Urutkan pecahan berikut dari pecahan terbesar ke pecahan terkeil!

Soal no 3 
perhatikan penyebutnya, lalu urutkan pecahan tersebut dari pecahan terbesar ke pecahan terkecil!




Soal no.4  Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!



Membandingkan pecahan berarti melihat dua bilangan pecahan dan menentukan mana bilangan yang lebih besar. Untuk membandingkan pecahan maka yang harus dilakukan, yaitu membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama, lalu melihat pecahan mana yang memiliki pembilang yang lebih besar. 

Ayo pikirkan bagaimana membandingkan 2/3 dan 3/4.
1 Ayo nyatakan 2/3 dalam berbagai bentuk pecahan.
Pecahan 2/3

Bandingkan 2/3 dan 4/7 dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut sama.
Smakan

Menemukan Penyebut yang Sama
4. Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8.
Penyebut
Dimanakah perbedaan dalam menyamakan penyebut oleh Dadang dan Chia? Kalau kita mengalikan sesama penyebut kita bisa dengan mudah menyamakan penyebutnya. Jika menyamakan penyebut dengan kelipatan persekutuan terkecil, maka penyebutnya akan menjadi kecil.

5. Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.
Membandingkan

6. Ayo bandingkan 1 3/4 dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Masih

Bahasa Indonesia
Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan. 

Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)

Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.

Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.

Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik

Pendidikan Pancasila 



Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran.

Materi Ajar IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Selasa 8 Oktober 2024)

Hari / Tanggal : Selasa / 8 Oktober 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : IPAS, Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia

Media Pembelajaran : Video/PPT      

Capaian  Pembelajaran IPAS

1. Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

      Tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit pada organ pencernaan manusia dan membuat buklet fiksi atau non-fiksi yang menarik serta memahami makna nilai Pancasila tolong menolong.

     IPAS
     Sistem Pencernaan Manusia
Mengenal Organ Pencernaan Manusia



   Organ pencernaan manusia dan fungsinya, antara lain: 
  • Mulut: Sebagai tempat masuknya makanan, dan dimulainya proses pencernaan secara mekanis dan kimiawi. Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. 
  • Kerongkongan (esofagus): Sebagai saluran berotot yang menghubungkan mulut dengan lambung. Kerongkongan mendorong makanan ke lambung dengan gerakan peristaltik. 
  • Lambung: Berbentuk seperti kantong, berfungsi untuk memecah makanan, menyimpan makanan, dan mematikan mikroorganisme. 
  • Usus halus: Terbagi menjadi duodenum, jejunum, dan ileum. Duodenum berfungsi untuk pencernaan kimiawi, sedangkan jejunum dan ileum untuk menyerap sari makanan. 
  • Usus besar: Berfungsi untuk mengatur kadar air pada sisa makanan. Di dalam usus besar terdapat mikroorganisme yang membusukkan sisa makanan menjadi feses. 
  • Anus: Sebagai jalur untuk membuang zat sisa makanan. 
  • Pankreas: Menghasilkan enzim pencernaan seperti amilase, lipase, dan tripsinogen. 
  • Hati: Organ pelengkap yang membentuk cairan empedu dari proses pencernaan lemak. 
Sistem pencernaan manusia berfungsi untuk membantu memasok nutrisi ke dalam tubuh, dan membuang zat-zat berbahaya atau limbah yang sudah tidak diperlukan tubuh. 

Bahasa Indonesia

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan. 

Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)

Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.

Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.

Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik

Pendidikan Pancasila 


Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik dapat menyebutkan mengapa manusia disebut makhluk sosial.

Minggu, 06 Oktober 2024

Materi Ajar Matematika dan Seni Rupa Kelas 5C (Senin 7 Oktober 2024)

Hari/Tanggal : Senin / 7 Oktober 2024

Muatan  Pembelajaran : Matematika dan Seni Rupa

Media Pembelajaran : Video/PPT dan tali

                                                      

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Capaian Pembelajaran Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Anak-anak , setelah belajar anak-anak diharapkan dapat mengurutkan pecahan dan mengenal ikatan dan simpul.


Cara mengurutkan pecahan dengan penyebut yang sama seperti mengurutkan bilangan cacah pada umumnya.

Misalnya pecahan 3/9, 5/9, 1/9 diurutkan dari yang terkecil menjadi 1/9, 3/9, 5/9.

Contoh pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama, yaitu 9, sehingga cara mengurutkannya hanya perlu melihat pembilang atau nilai angka yang di atas.

Langkah mengurutkan pecahan dengan penyebut yang tidak sama seperti berikut. 

1. Mencari nilai KPK dari penyebut pecahan yang ingin diurutkan.

2. Mengalikan setiap penyebut pecahan dengan angka lain untuk menghasilkan nilai KPK tersebut.

3. Pembilang juga dikalikan sama dengan angka perkalian penyebut.

Baiklah sekarang Ayo kita berlatih mengurutkan pecahan!
Soal no.1  Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!





Soal no.2  Urutkan pecahan berikut dari pecahan terbesar ke pecahan terkeil!

Soal no 3 
perhatikan penyebutnya, lalu urutkan pecahan tersebut dari pecahan terbesar ke pecahan terkecil!




Soal no.4  Urutkan pecahan berikut dari pecahan terkecil ke pecahan terbesar!




SENI RUPA

 MENGENAL MAKRAME

A. Mengikat dan Menyimpul Sebagai Karya Seni
Mengikat dan menyimpul sudah lama dikenal di negara indonesia, dimana sejak lama nenek moyang kita sebagian merupakan pelaut yang sangat familiar dengan mengikat dan menyimpul sebuah tali, mengikat dan menyimpul juga telah banyakditemukan dalam kehidupan sehari-hari pada benda- benda di sekitar kita misalnya: perlengkapan rumah tangga, topi, sarung tangan, kaos kaki, tas, dan lain-lain

Mengikat dan menyimpul merupakan sebuah metode dasar dalam mengaplikasikan fungsi sebuah tali, baik itu bertujuan fungsional maupun untuk kepentingan estetis, mengikat dan menyimpul sebuah tali berkembang menjadi sebuah kerajinan tersendiri dan memunculkan banyak hasil karya seni dari teknik ini yang di kenal dengan kerajinan makrame. Tali adalah bahan yang digunakan, simpul adalah hubungan antara tali dengan tali, ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misalnya kayu, balok, bambu dan sebagainya.

B. Jenis-Jenis Simpul
Dalam pembuatan karya seni dari teknik mengikat dan menyimpul ada beberapa jenis simpul dasar yang sering digunakan antara lain: simpul kepala, simpul tunggal, simpul ganda dan lain-lain.
Aneka Simpul
  1. Simpul Kepala: merupakan simpul awal yang sering digunakan dalam proses pembuatan karya makrame.
  2. Simpul Tunggal: proses pembuatan simpul tunggal diawali dengan simpul kepala, variasi bentuk dapat diputar ke kiri atau ke kanan sesuai kebutuhan kita. Hasil simpulannya akan tampak seperti tangga, variasi bentuk dapat diputar kekiri atau. ke kanan, sebaiknya lakukan percobaan simpul ini untuk menghasilkan variasi yang menarik. 
  3. Simpul Ganda: proses pembuatan simpul ganda ada kesamaan dengan simpul tunggal. Pada simpul tunggal langkahnya dimulai dari sebelah kiri saja atau dari sebelah kanan saja, sedangkan pada simpul ganda langkahnya dilakukan secara bergantian dari kanan dan kiri atau sebaliknya. Pembuatan simpul ganda bisasanya di awali dengan simpul kepala seperti halnya pada proses pembuatan simpul tunggal.

C. Langkah langkah Pembuatan Simpul
Langkah-langkah membuat simpul ganda dengan menyiapkan dua utas tali yang berbeda warnanya, agar jalinan kedua utas tali itu tampak jelas. Adapun langkah pembuatannya sebagagai berikut:
Simpul Ganda
  1. Potonglah tali sesuai kebutuhan dan lipatlah bagian tali terbagi dua dan sama panjang;
  2. Buatlah simpul kepala dengan pelipatkannya pada kayu, pensil, atau yang lainnya;
  3. Buatlah dua simpul kepala dengan warna yang berbeda agar hasil akhirnya lebih menarik;
  4. Kemudian tali yang berada di tengah dibiarkan bergantung bebas, sementara bagian tali paling kanan diangkat sehingga menindih dua tali yang tergantung bebas;
  5. Angkatlah tali pada bagian kiri sehingga posisinya menindih tali yang dari kanan selanjutnya bawa bagian tali tersebut melewati dua bagian pada bagian belakang.
  6. Selanjutnya tali pada bagian kanan tersebut dimasukan ke bagian depan dan dengan posisi menindih tali pada bagian kanan, selalu lakukan dengan pola yang sama;
  7. Selanjutnya ujung-ujung tali pada masing-masing bagian ditarik untuk mendapatkan simpul yang kuat erat. Untuk menambah simpul agar lebih panjang dilakukan dengan pengulangan seperti di atas.


Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik dapat mempraktikkan ikatan simpul kepala pada karya seni makrame.