MATERI AJAR TEMATIK
Kelas : IV B
Tema : Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 3
Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKN
Hari / Tanggal : Rabu / 02 Maret 2022
Assalamu'alaikum....
Selamaaatt pagiiii.....
Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat ya.
Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah.
Yookk laahh semangat pagi,
Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...
Selamat belajaarr...!!
Hai, teman-teman. Namaku Dayu. Aku dan keluargaku berasal dari Bali. Saat di Bali, aku tinggal di daerah Tabanan. Bagaimana kondisi lingkungan tempat tinggalku? Ayo, kita cari tahu!
Bali sangatlah terkenal hingga di luar negeri sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bali memiliki potensi pariwisata, seperti wisata alam, wisata seni, dan budaya. Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten dan 1 daerah kota.
Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Wilayah Kabupaten Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai. Selain itu, Tabanan terkenal sebagai penghasil beras dan sayuran. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.
Ayo Membaca
Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.
Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.
Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama anggota keluargamu. Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.
1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?
Penduduk di suatu daerah cenderung memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhannya. Karena kekayaan alam suatu daerah dengan daerah lain berbeda, menyebabkan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya. Selain itu, keadaan lingkungan suatu daerah juga memengaruhi jenis pekerjaan penduduknya.
2. Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda?Masyarakat di desa bekerja sebagai petani karena banyak lahan pertanian yang tersedia. Sedang penduduk di kota lebih banyak bekerja sebagai pekerja jasa karena di kota merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan.
3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi?Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. Petani di daerah dataran rendah menanam padi dan palawija. Sedangkan petani di daerah dataran tinggi menanam sayuran seperti kol, wortel, bawang, dan kubis.
4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.Pekerja jasa adalah orang-orang yang memberikan pelayanan sesuai keahlian yang dimiliki. Contoh dari pekerja jasa yaitu, dokter, guru, penjahit, konsultan, dan pengacara.
Dayu sangat senang mendengarkan cerita nenek. Bahkan, seluruh keluarga Dayu juga suka mendengarkan cerita. Saat nenek bercerita, semua anggota keluarga berkumpul dan mendengarkan dengan tenang
Ayo Berlatih
1. Amatilah gambar di atas.
2. Apa keragaman yang terdapat pada gambar?
Keragaman yang ada pada gambar adalah keragaman fisik pada individu dalam sebuah keluarga
Keragaman berarti bermacam-macam atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud adalah perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada karena setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri. Dengan demikian, keragaman karakteristik individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat
Ayo Mengamati
1. Amatilah keragaman fisik dalam keluargamu.
2. Lengkapi tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu
3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu.(hanya contoh)No. | Anggota Keluarga | Warna Kulit | Jenis Rambut | Tinggi Badan | Berat Badan |
---|
1. | Ayah | Sawo Matang | Lurus | 175 cm | 76 kg |
2. | Ibu | Kuning Langsat | Lurus | 162 cm | 55 kg |
3. | Kakak | Sawo Matang | Lurus | 150 cm | 48 kg |
4. | Saya | Sawo Matang | Lurus | 144 cm | 35 kg |
5. | Adik | Kuning Langsat | Lurus | 110 cm | 33 kg |
Kesimpulan :
Hasil pengamatan keluargaku yaitu dalam sebuah keluarga memiliki keberagaman dan bentuk fisik yang berbeda, namun jenis rambut yang sama, hanya saja warna kulit, berat badann dan tinggi badan masing-masing anggota keluarga berbeda.
TUGAS TEMATIK
PROYEK KELAS HARI KE-1
Jadi hari ini, bapak dan ibu guru akan memberikan proyek kelas .
Proyek kelas ini dilakukan kurang lebih selama seminggu ke depan.
Hari ini selain belajar materi di atas, juga merupakan proyek pertama kalian.
Perintah proyek kelas, Rabu 02 Maret 2022
Yang perlu kalian lakukan hari ini adalah mengamati pedagang keliling yang LEWAT di depan rumah kalian.
Amati ada berapa banyak dan pedagang apa sajakah yang lewat di depan rumah kalian.
Kalian bisa mulai mengamati pedagang keliling ini dari mulai kalian membaca tugas ini sampai pukul 16.00 WIB.
Tulislah hasil yang kalian amati hari ini di buku catatan kalian.
Laporkan pada guru kelasmu saat kamu sudah selesai mengamati.
MATEMATIKA
Kelas : IV B
Materi : Statistika
Submateri :Penyajian Data dalam diagram Batang
Untuk materi hari ini, yookk kita baca bareng-bareng di buku cetak halaman 162-167.
TUGAS
Selanjutnya, dapat mengerjakan tugas di halaman 168 nomor 4 saja.