Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 02 Februari 2024

Materi Ajar Seni Musik Kelas 1 (Jumat 2 Februari 2024)

Hari / Tanggal : Jumat / 2 Februari 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1                                   

BAB/Tema : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran : Bermain Bunyi                                                                                 

CP :
Peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/ media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menemukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal, baik melodis dan non-melodis.

 ATP : 
3.1 peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi nonmusikal. 



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran Seni Musik tentang bermain bunyi. 

 A. Bermain Bunyi 

Banyak bunyi yang kamu dengar di sekitar. Ada suara orang-orang yang bicara. Di sekolah, tentu kamu mendengar bunyi bel. Ada pula bunyi lembaran kertas buku dibuka atau bunyi pintu diketuk. 

1. Bunyi Nonmusikal Nonmelodis 
adalah bunyi dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada.
Contohnya seperti: 

• BUNYI BEL

Tet tet tet

BUNYI KERTAS

Srek srek srek

• BUNYI PINTU


Tok tok tok

2. Bunyi Nonmusikal Melodis
Adalah bunyi dari benda atau alam sekitar yang memiliki susunan nada.
Contohnya seperti:

•Alat Musik dari botol Yakult berisikan beras

• Alat Musik dari botol kaca bekas


• Alat Musik dari bekas pipa yang di jadikan gendang

• Alat Musik dari sedotan bekas

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kamis, 01 Februari 2024

Materi Ajar P5 Kelas 1 (Kamis 1 Februari 2024)

HARI / TANGGAL : KAMIS 1 FEBRUARI 2024

FASE / KELAS : A / 1

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)




Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 

Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 

Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 



Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 


Tema : Kewirausahaan 

Topik : Ronceku Kreativitasku 

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.


Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu dengan melakukan Refleksi awal 


Kegiatan refleksi atau kilas balik ini berguna untuk memeriksa pemahaman yang sudah tercapai selama ini. Sesuai sesi ini, guru merangkum hal-hal yang ditanyakan di lembar refleksinya. Pendidik membolehkan peserta didik memeriksa kertas-kertas kerjanya yang lalu (dari kegiatan terdahulu) tersebut. Perbolehkan juga peserta didik untuk bekerja di lantai, di selasar kelas (jika memungkinkan secara individu maupun duduk berkelompok. 

Pengayaan/Diferensiasi Proses

Guru dapat memfasilitasi kerja kelompok kecil untuk siswa yang masih belum lancar membaca agar dapat saling membantu

 

LEMBAR REFLEKSI BELAJAR

 

NAMA         :

 

NO

PERNYATAAN

BENAR

SALAH

1

Meronce adalah menyusun benda atau merangkai benda dengan seutas tali  

 

 

2

Apakah kegiatan meronce membuat kita bosan

 

 

3

Meronce dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

 

 

4

Biji-bijian tidak dapat digunakan dalam meronce

 

 

5

Meronce merupakan kerajinan tangan

 

 

6

Meronce tidak harus menggunakan tali

 

 

7

Barang bekas seperti kertas tidak dapat dijadikan bahan dalam meronce

 

 

8

Meronce harus membutuhkan konsenstrasi yang tinggi

 

 

9

Meronce hanya dapat menggunakan bahan dari manik-manik saja

 

 

10

Dalam meronce harus memperhatikan warna, bentuk dan pola

 

 

 

 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 


Terimakasih 

Wassalaamualaikum Wr Wb 

Rabu, 31 Januari 2024

Materi Ajar Matematika Kelas 1 (Rabu 31 Januari 2024)

Hari/Tanggal : Rabu/31 Januari 2024                                                                                           

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                              

Fase/Kelas : A/1                                                                                                                           

BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20                                                                       

Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        


CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran Matematika yaitu membilang sampai dengan 20.

Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.


Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.

Selesai bermain, rapikan mainanmu

A. Menghitung, Membaca, dan Menulis Bilangan

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selasa, 30 Januari 2024

Materi Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 (Selasa 30 Januari 2024)

Hari / Tanggal : Selasa 30 Januari 2024

Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar   

Materi Pembelajaran     : Lingkungan Sekitar

 

 Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 

 

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Ia dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikannya di rumah dan di sekolah

 

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1. Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya (P/ CK/BK).

2. Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar  bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat. (K/CD/SS). 

3. Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat (P/CK/ EK).

 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.

2. Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.

3. Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.

4. Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..

 

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Lingkungan Sekitar

Tata Cara dalam Bertetangga


Rumah yang berada dekat dengan rumah kita disebut tetangga.

Dalam kehidupan sehari-hari kita berhubungan dengan tetangga.

Setiap masing-masing rumah memiliki batas.

Batas itu bisa beruapa tembok, pagar, tanaman, jalan dan sebagainya.

Tata cara bertetangga yang baik yaitu dengan cara saling menghormati.

Untuk bertetangga yang baik, ada tata caranya yaitu:

1. Saling mengucap salam saat bertamu.

2. Mengucap permisi saat berkunjung.

3. Menjenguk bila ada yang sakit.

4. Membantu bia ada yang mengalami kesulitan.

 

PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang lingkungan sekitar kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

 

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Senin, 29 Januari 2024

Materi Ajar Matematika Kelas 1 (Senin 29 Januari 2024)

Hari/Tanggal : Senin / 29 Januari 2024                                                                                           

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                              

Fase/Kelas : A/1                                                                                                                           

BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20                                                                       

Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        


CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran Matematika yaitu membilang sampai dengan 20.

Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.


Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.

Selesai bermain, rapikan mainanmu

A. Menghitung, Membaca, dan Menulis Bilangan

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.