Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 04 November 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 PB 3 dan 4 (Jumat 04 November 2022)

MATERI AJAR


Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku 

Subtema : Pahlawanku Kebanggaanku 

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA 

Hari / Tanggal : Jumat / 04 November 2022



Assalamualaikum.... 

Selamaaaatt pagiii..

Apa kabar semuaanya hari inii? 

Jumat berkah, jangan lupa sedekah ya nak..

Yuk awali kegiatan hari ini dengan sarapan, kemudian dilanjutkan shalat dhuha dan Murojaah yaa... 

Selamat belajar... 


Membuat Lup (Kaca Pembesar) Sederhana


Kaca pembesar atau sering disebut lup adalah alat optik yang terdiri dari lensa cembung. Lup digunakan untuk melihat yang ukuranya kecil supaya tampak lebih besar dan jelas. Kemampuan lup dalam memperbesar ukuran benda sangatlah terbatas, sebab lup tidak bisa digunakan untuk melihat benda-benda berukuran mikro seperti bakteri atau virus. Untuk membuat lup sederhana dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

Alat dan bahan:

  1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata
  2. Air
  3. Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil

Langkah kerja:
Lup

  1. Isi kantong plastik dengan air.
  2. Ikat kantong plastik.
  3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik.
  4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik.
  5. Ulangi dengan kantong plastik 1/5 lebih besar atau lebih kecil.
  6. Bandingkan hasilnya.

Apa perbedaan antara tulisan asli dan tulisan yang terlihat dari plastik? Tulisan asli ukurannya sama, sedangkan tulisan yang dilihat dari plastik lebih besar dan lebih jelas.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Salah satu sifat cahaya adalah dibiaskan apabila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat (udara) ke zat yang lebih rapat (air), cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal.


Kamu sudah belajar tentang Sultan Hasannudin dan belajar tentang nilai-nilai kepahlawanannya. Kamu akan belajar nilai-nilai kepahlawanan dari Sultan Mataram yaitu Sultan Agung. Sultan Agung memiliki peninggalan dalam bidang budaya yaitu seni dan kalender Jawa. Peninggalannya itu mewarnai budaya masyarakat Jawa.

Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal yang hidup dimasa Islam. Ia adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu.

Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Sultan Agung menaruh perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Beliau memadukan kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir Utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending.

Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai Bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan keraton untuk menghilangkan kesenjangan.

Perhatikan tabel berikut. 
Apa yang kamu ketahui tentang
Sultan Agung?
Apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut tentang Sultan
Agung?
Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal
yanghidup dimasa Islam. Ia adalah Raja
Mataram. SultanAgung memerintah di tahun
1613-1645.
Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusumo
dilahirkan di  Kotagede, Kesultanan  Mataram
pada tahun 1593, beliau meninggal di Karta
( Plered Bantul, Kesultanan Mataram)
pada tahun 1645. Beliau merupakan
Sultan ke tiga Kesultanan Mataram
yang memerintah pada tahun 1613-1645.
Dibawah kepemimpinannya. Mataram
berkembang menjadi  kerajaan terbesar
di Jawa dan Nusantara. Pada saat itu.atas
 jasa- jasa nya sebagai pejuang dan
budayawan, Sultan Agung telah ditetapkan
menjadi pahlawan nasional Indonesia.
berdasarkan No 106/TK/1975 pada tanggal
3 November  1975.

Kamis, 03 November 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 PB 2 & Matematika (Kamis 03 November 2022)

MATERI AJAR


Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku 

Subtema : Pahlawan Kebanggaanku 

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : SBDP, PPKn 

Hari/Tanggal : Kamis / 03 November 2022


Assalamualaikum... 

Selamaaaatt pagii.... 

Jumat berkah, jangan lupa sedekah ya... 

Yuk awali hari ini dg sarapan, shalat dhuha dan Murojaah ya... 

Selamat belajar.... 


Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan

Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Waringin Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi.

Yoga panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak. Kesederhanaannya tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.

Bagaimana dia memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili INDONESIA. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga raih? Yoga mendapatkan medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado.

2. Apa usaha yang ia lakukan untuk meraih prestasi itu? Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.

3. Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Wiyoga? Jelaskan! Mau bekerja keras, tekun belajar, dan bersemangat untuk meraih prestasi.

4. Apakah sikap tersebut mencerminkan sila ke lima Pancasila? Jelaskan! Ya sikap Gusnadi mencerminkan sila Kelima Pancasila karena Gusnadi  mau bekerja keras.

Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Hal itu sesuai dengan sila ke lima. Ayo kita pelajari lebih lanjut. Sila ke lima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Sila ini bermakna

  1. Adil, bukan sama
  2. Mau bekerja keras
  3. Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain
  4. Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.

Lambang sila ke lima adalah
Sila Kelima
Padi dan kapas digunakan karena merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, yakni pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran yang merupakan tujuan utama bagi sila kelima ini.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 5.

  1. Menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan gotong royong. 
  2. Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain. 
  3. Tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan pihak umum. 
  4. Suka melakukan perbuatan dalam rangka mewujudkan kemajuan dan keadilan sosial. 
  5. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekluargaan dan kegotongroyongan. 
  6. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. 
  7. Menghormati hak-hak orang lain. 
  8. Suka memberi pertolongan kepada orang lain. 
  9. Tidak bersifat boros, dan suka bekerja keras 
  10. Tidak bergaya hidup mewah. 
  11. Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial

MATEMATIKA

Hari ini kita akan belajar "Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan satuan ukuran panjang. 
Contoh :
Nina mempunyai pita sepanjang 250 cm. Pita itu diberikan kepada Lani 5 dm dan Deli 650 mm. Berapa cm sisa pita Nina ?
Penyelesaian :
250 cm - 5 dm - 650 mm = . . . cm.
250 cm - (5x10) - (600:10) = 250 - 50 - 60 = 140.
Jadi, sisa pita Nina adalah 140 cm.

Rabu, 02 November 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 PB 1 dan Matematika (Rabu 02 November 2022)

MATERI AJAR


Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku 

Subtema : Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran : 1

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS 

Hari / Tanggal : Rabu / 02 November 2022


Assalamualaikum.... 

Selamat pagii... 

Semoga semua anak sholeh dan sholeha bersemangat menyambut hari ini. 

Jangan lupa sarapan yg bergizi, shalat dhuha dan Murojaah. 

Selamat belajar... 


Sultan Hasanuddin
Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda.

Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.

Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaankerajaan kecil di Indonesia wilayah timur untuk melawan Belanda.

Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.

Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Sulawesi Selatan.

Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia.

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang. Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

Tabel KW (know –what do you want to know) adalah  apa yang siswa ketahui, apa yang siswa ingin belajar dan apa yang siswa pelajari dari pelajaran. Sebuah tabel KW adalah tabel grafis yang digunakan selama awal, tengah dan akhir dari pelajaran, untuk membantu siswa mendapatkan gambaran. Cara mengisi tabel KW dimulai dari kolom di sebelah kiri. Kolom di sebelah kanan dapat diisi setelah siswa menggali informasi dari sumber lain.

Apa yang kamu ketahui tentang
Sultan Hasannudin?
Apa yang ingin kamu ketahui lebih
lanjut tentang Sultan Hasannudin?
Beliau adalah pahlawan dan dia adalah
raja dari kerajaan Gowayang ada di sulawesi
selatan
Yang ingin saya ketahui dari Sultan
Hasanudin adalah perjuangan beliau
dalam melawan kesewenang-wenangan
Belanda

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pahlawannya. Bagaimana cara kamu menghargai perjuangan para pahlawan? Jelaskan! Kemerdekaan Indonesia ditebus oleh pengorbaan para pahlawan bangsa. Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menghargai jasa para pahlawan dengan cara sebagai berikut

  1. Dengan penganugerahan gelar pahlawan nasional.
  2. Mengabadikan nama para pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dan sebagainya.
  3. Membangun tugu peringatan, monumen, atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.
  4. Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa.
  5. Berziarah ke Taman Makan Pahlawan
  6. Pada waktu upacara mengikuti dengan khidmat
  7. Ikut mendoakan arwah para pahlawan
  8. Melanjutkan perjuangan sesuai dengan kondisi sekarang.
  9. Turut menjaga bentuk peninggalan sejarahny

Sultan Agung, Sultan Besar
Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal yang hidup dimasa kerajaan Islam. Ia adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu.

Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Sultan Agung menaruh perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Beliau memadukan Kalender Hijriyah yang dipakai dipesisir utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending.

Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai Bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan Keraton untuk menghilangkan kesenjangan.
Apa yang kamu ketahui
tentang Sultan Agung?
Apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut tentang Sultan
Agung?
Sultan Agung adalah raja kerajaan Islam Mataram.
Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. 
Sultan Agung juga diketahui sebagai
budayawan. beliau memadukan
Kalender Hijriyah
yang dipakai dipesisir utara dengan
kalender Saka yang masih dipakai di
 pedalamanan. Sultan Agung juga
dikenal sebagai penulis naskah Sastra
Gending

Siti ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan raja-raja Nusantara.
Bersama Siti, amati gambar di bawah ini! Berikut adalah Raja pada masa Pemerintahan Kerajaan Islam.
Suku Minang
Amati tokoh-tokoh tersebut. Apa yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang peninggalan pemerintahan raja-raja tersebut? Isilah tabel berikut.
Yang aku ketahui tentang
peninggalan Raja-Raja di masa Islam
Yang ingin aku ketahui lebih lanjut
tentang peninggalan Raja-Raja di
masa Islam
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia antara
lain Masjid, kaligrafi, Keraton, Kesusastraan,
pesantren, dan tradisi
Perjuangan raja-raja Islam di Nusantara
Cari informasi tentang perjuangan para raja, peninggalan yang mempengaruhi wilayah di sekitarmu dari buku-buku yang ada di perpustakaan, dari media elektronik.
  1. Sultan Malik al Saleh adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Samudra Pasai. Sebelum menjadi raja, dia bergelar Merah Sile atau Merah Selu. Sultan Malik al Saleh adalah putra Merah Gajah. Diceritakan Merah Selu mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Akhirnya, dia berhasil diangkat menjadi raja di suatu daerah yaitu Samudra Pasai. Merah Selu masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail seorang Syarif Mekah. Setelah masuk Islam, Merah Selu diberi gelar Sultan Malik al Saleh atau Sultan Malikus Saleh 
  2. Sultan Iskandar Muda adalah raja dari Kerajaan Aceh Darussalam yang memerintah tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya, Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaan. Aceh Darussalam menjadi pusat perdagangan yang ramai. Sultan Iskandar Muda sangat menentang penjajahan. Ia menolah keinginan Belanda untuk memonopoli atau menguasai perdagangan di wilayah Kerajaan Aceh Darussalam.
  3. Sultan Agung adalah Raja Kerajaan Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1631-1645. Sultan Agung dikenal sebagai seorang pemimpin yang menentang penjajah Belanda. Sultan Agung berusaha keras untuk mengusir VOC Belanda yang telah menduduki Batavia. Namun, penyerbuan ini mengalami kegagalan. Pada masa pemerintahan Sultan Agung, Mataram Islam mencapai punjak kejayaan. 
  4. Sultan Hasanuddin menjadi Raja Kerajaan Makassar pada tahun 1653-1670. Dibawah kepemimpinannya, Makassar mengalami puncak kejayaan. Sultan Hasanuddin gigih menentang penjajah CVOC Belanda. Karena kegigihannya melawan monopoli perdagangan Belanda, Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur.
  5. Raden Patah adalah pendiri sekaligus raja di Kerajaan Demak pada tahun 1500-1518. Raden Patah merupakan keturunan Raja Brawijaya V dari Majapahit. Selama Raden Patah memimpin kerajaan, ia dibantu oleh seorang wali bernama Sunan Kalijaga. Pada masa pemerintahannya, dibangun sebuah mesjid yang sangat terkenal sampai sekarang. Masjid tersebut adalah Masjid Demak. Pada tahun 1518, Raden Patah wafat. Ia digantikan Pati Unus. 

Matematika

Masih ingatkah kalian Satuan Ukuran Panjang ??

Hari ini kita akan belajar operasi hitung satuan ukuran panjang. Contoh :

8 dm - 450 hm = . . . cm.
(8 x 10 cm ) + (450 : 10 cm )
80 - 45 = 35

Jadi 8 dm - 450 hm = 35 cm.


Selasa, 01 November 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 PB 6 (Selasa 01 November 2022)

MATERI AJAR


Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku 

Subtema : Perjuangan Para Pahlawan 

Pembelajaran : 6

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn 

Hari / Tanggal : Selasa / 01 November 2022


Assalamualaikum... 


Selamaaaatt pagiii... 

Apa kabar semuanyaaa? 

Sehat dan semangat kan menyambut kegiatan hari inii... 

Yuk awali hari ini dengan sarapan yg bergizi, terus dilanjutkan dengan shalat dhuha dan Murojaah. 


Selamat belajar... 


Apakah kamu pernah mendengar tentang Pangeran Diponegoro? Apa saja yang kamu ketahui tentang Pahlawan Nasional tersebut? Tuliskan hal yang kamu ketahui sebanyak mungkin.

Pangeran Diponegoro
Setelah kekalahannya dalam Peperangan era Napoleon di Eropa,pemerintah belanda yang berada dalam kesulitan ekonomi berusaha menutup kekosongan kas mereka dengan memperlakukan berbagai pajak di wilayah jajahannya,termasuk di Hindia Belanda.

Untuk memperkuat kekuasaan dan perekonomiannya,belanda mulai berusaha menguasai kerajaan kerajaan lain di Nusantara,salah satu diantaranya adalah kerajaan Yogyakarta. Pada pertengahan bulan Mei 1825, pemerintah Belanda yang awalnya memerintahkan pembangunan jalan dari Yogyakarta ke Magelang lewat Muntilan, mengubah rencanannya dan membelokkan jalan itu melewati Tegalrejo.

Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwono III,seoang raja Mataram di Yogyakarta. Rupanya pembangunan jalan yang dilakukan Belanda tepat melintasi makam dari leluhur pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro tersinggung karena Belanda ingin membangun jalan tapi melewati Makam leluhur dari pangeran Diponegoro.

Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825- 1830. Perang Diponegoro merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; dari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati. Usaha ini berhasil karena disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro
Diponegoro
Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? 

Keberanian dan sikap pantang menyerah melawan penjajah

Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda-beda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh. 

Dalam kehidupan sehari-hari semangat Pangeran Diponegoro dapat diterapkan, misalnya dalam memimpin warga yang berasal dari berbagai macam suku bangsa.

Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran Diponegoro tersebut? Apakah kamu menemukan sikap lain yang mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa diteladani dari Pangeran Diponegoro? 

Tindakan yang dilakukan Pangeran Diponegoro sejalan dengan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.