Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi
--Semester 2 (Genap) T.P.2024 / 2025--

Jumat, 17 Januari 2025

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 17 Januari 2025)

Hari / Tanggal : Jumat / 17 Januari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya

2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

Media pembelajaran : video/PPT, Peta                                                                                                      

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat  menelaah kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta mengidentifikasi kekayaan alam, membedakan fakta dan opini.

    IPAS




Jawablah pertanyaan berikut!
Siapkan buku tugas dan carilah jawaban dari pertanyaan berikut di peta: 
1. Berada di sebelah Tenggara benua apakah Indonesia? 
2. Indonesia berada di antara dua benua. Benua apa sajakah itu? 
3. Indonesia juga berada di antara dua samudra. Samudra apa sajakah itu? 
4. Berbatasan dengan apakah Indonesia di bagian Barat? 
5. Berbatasan dengan apakah Indonesia di bagian Timur? 
6. Berbatasan dengan apakah Indonesia di bagian Utara? 
7. Berbatasan dengan apakah Indonesia di bagian Selatan?
8. Indonesia memiliki pulau sebanyak 17.508. Dilihat dari jumlah pulaunya, apakah bentuk negara Indonesia? 
9. Pulau apakah yang terletak di bagian paling Barat, Timur, Utara, dan Selatan Indonesia? 
10. Jika dibandingkan, manakah yang lebih besar, wilayah lautan atau wilayah daratan Indonesia?

   Bahasa Indonesia
  
FAKTA DAN OPINI


 Beberapa contoh kalimat fakta antara lain:
  1. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia.
  2. Joko Widodo merupakan Presiden Republik Indonesia yang ke-7.
  3. Bumi merupakan tempat tinggal makhluk hidup.
  4. Air mendidih pada suhu 100 derajat Celsius.
  5. Api dapat menyebabkan kebakaran.
  6. Logam besi dapat berkarat.
  7. Bumi adalah salah satu planet dalam susunan Tata Surya.
  8. Indonesia adalah negara kepulauan.
  9. Dalam satu hari terdapat 24 jam.
  10. Satu jam terdiri dari 60 menit

Contoh Kalimat Opini

  1. Menurut saya, pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan.
  2. Jika harga BBM naik, maka biaya transportasi pasti akan ikut meningkat.
  3. Sebaiknya pemerintah segera mengatasi masalah banjir di Jakarta.
  4. Pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan di sekolah, terutama jenjang Sekolah Dasar.
  5. Kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM sangat tidak tepat.
  6. Saya setuju dengan pendapat bahwa Indonesia harus segera melakukan reformasi agraria.
  7. Dampak positif media sosial lebih sedikit dibandingkan dampak negatifnya bagi remaja.
  8. Film Indonesia masih perlu diperbaiki dari segi kualitas.
  9. Olahraga merupakan bagian terpenting dari gaya hidup sehat.
  10. Buah pisang adalah buah terenak di dunia.


     Kerjakan soal berikut dengan memilih " fakta atau opini " pada pernyataan berikut!
    
    1. Kue lupis buatan Ibu paling enak di dunia.
    2. Pertemuan itu dihadiri oleh dua puluh orang.
    3. Bahasa Indonesia adalah pelajaran paling menyenangkan.
    4. Belajar daring menggunakan perangkat teknologi.
    5.  Belajar daring menggunakan perangkat teknologi.

  

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik ada 2 peserta didik yang masih kesulitan menentukan kalimat fakta dan opini dalam sebuah iklan.





Kamis, 16 Januari 2025

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 16 Januari 2025)

   HARI / TANGGAL : KAMIS, 16 JANUARI 2025

   FASE / KELAS : C / 5C

   KEGIATAN PEMBELAJARAN : P5

   TEMA : KEARIFAN LOKAL

   JUDUL : MENGENAL TEKNIK ANYAMAN

   MODEL PEMBELAJARAN : KETERAMPILAN PROSES

   MEDIA/ALAT DAN BAHAN : VIDEO, KERTAS BUFFALO, GUNTING, LEM, PENGGARIS

TUJUAN KEGIATAN P5 
 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
Peserta didik dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Pesertadidik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Pesertadidik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Pesertadidik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.


Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya masyarakt Indonesia pada umumnya.


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran :

-Peserta didik dapat mengenal anyaman dan memahami teknik menganyam


Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Hari ini merupakan hari pertama kegiatan P5 di semester genap. Adapaun Tujuan kegiatan P5 hari ini adalah peserta didik dapat mengenal teknik menganyam.




Teknik anyam merupakan sebuah teknik dimana kita menyilangkan dan saling menumpuk sebuah kain, serat tumbuhan, dan yang lainnya menjadi satu kesatuan. Teknik anyam bisa digunakan untuk menciptakan berbagai kerajinan tangan.

  • Anyaman Polos

Merupakan anyaman yang paling umum, dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan utama bahkan kain sekalipun. Teknik ini menggunakan cara menyilangkan benang pakan dan lusi saling menyilang naik dan turun. Untuk menciptakan motif yang unik kamu bisa pakai 2 jenis kain dengan warna yang berbeda. Salah satu kain yang dibuat dengan teknik ini adalah kain Blacu dan Taffeta.

  • Anyaman Keper

Merupakan anyaman dasar kedua yang cukup banyak digunakan dalam pembuatan kain. Teknik kain ini menghasilkan motif garis horizontal 45 derajat sehingga memberikan ciri khas pada kainnya dan menghasilkan kain dengan 2 sisi berbeda. Salah satu kain yang dibuat dengan cara anyaman keper ini adalah kain Twill dan Drill.

  • Anyaman Satin

Merupakan anyaman dasar yang biasa digunakan dalam pembuatan kain dengan konstruksi padat. Titik persilangan antara benang lusi dan pakan tidak terlalu dekat seperti anyaman polos dan keper. Biasanya dalam dunia tekstil kata satin sendiri merujuk pada bahan kain yang memiliki kilau seperti sutra maupun alami maupun sintetis.

Alat dan bahan yang digunakan untuk menganyam adalah:
  • Bahan: Bahan yang bisa digunakan untuk menganyam adalah bahan tumbuh-tumbuhan yang kuat, seperti bambu, rotan, daun pandan, janur, daun lontar, kulit kambing, mengkuang, jut, dan sebagainya. Bahan-bahan ini biasanya mudah dikeringkan dan lembut. 
  • Alat: Alat yang digunakan untuk menganyam bambu antara lain gergaji, blakas, pengutik, meteran, penggaris siku, kompresor, kuas, jarum, wajan, alat tulis, dan bor
Untuk membuat anyaman, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut: 
  1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Potong bahan-bahan tersebut menjadi strip-strip yang seragam.
  3. Mulailah dengan membuat anyaman dasar.
  4. Lanjutkan dengan menambahkan strip-strip bahan secara berselang-seling.
  5. Pastikan setiap strip terpasang dengan kuat dan rapi.
  6. Beri sentuhan akhir seperti memotong sisa-sisa bahan atau memberikan hiasan tambahan.

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  


Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik antusias dan happy membuat anyaman dari kertas Buffalo.

Rabu, 15 Januari 2025

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 15 Januari 2025)

Hari / Tanggal : Rabu, 15 Januari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika : Sudut

2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

3. Pancasila : Jati Diri dan Lingkungan

Model pembelaran : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran        : Video/PPT, jam, jangka, LKPD             

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini Bu Guru harap kalian dapat mengukur besar sudut.

      Matematika

   

Tugas kelompok

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.3
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 70
B. 80
C. 110
D. 120

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 80
B. 90
C. 100
D. 110

Soal No.6
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 50
B. 60
C. 120
D. 130

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 80°
B. 90°
C. 110°
D. 120°

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terbesar yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 300°
B. 310°
C. 320°
D. 360°

Soal No.9
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang pada jam saat menunjukkan pukul 04.15 yaitu. . .
A. 30°
B. 37,5 °
C. 40°
D. 42,5°

Soal No.10
Sudut yang besarnya 180° disebut . . .
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh


  Bahasa Indonesia

                          

    


Pendidikan Pancasila




 Kerjakan latihan berikut!
   1. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan pemberian dari....

a. Nenek moyang

b. Tuhan Yang Maha Esa

c. Presiden Tanah Air

d. Kedua orang tua


2. Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai pedoman untuk hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan berbunyi ....

a. Tut Wuri Handayani

b. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

c. Bhinneka Tunggal Ika

d. Ing Ngarsa Sung Tuladha


3. Asal bahasa semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" adalah dari ....

a. Jawa

b. Merauku

c. Latin

d. Sansekerta


4. Arti dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yaitu ....

a. Perbedaan tetap harus disatukan

b. Perbedaan akan membawa kemajuan bila bersatu

c. Meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua

d. Keanekaragaman akan membawa kejayaan negara


5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika ....

a. Rakyat Indonesia Bersatu

b. Banyaknya konflik antar suku

c. Persenjataannya lengkap

d. Pemerintahan Indonesia kuat



Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 




Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik ada 2 peserta didik yang masih keliru dalam mengukur sudut menggunakan busur derajat.