Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar ( KD) danTujuan Pembelajaran 2:
KD 3.1 SBDP (Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
Dengan kegiatan membaca karya seni tiga dimensi, siswa dapat memahami pengertian karya seni tiga dimensi.
Baik anak solehah, pada hari kemarin kita telah mempelajari Pembelajaran 1 tentang gaya tarikan dan gaya dorongan
Pembelajaran 2
Mari Kita simak video berikut ini ya nak:)
SBdP
perhatikan gambar diatas yang merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud dengan gambar tiga dimensi? gambar tiga dimensidalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias. Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.
Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi.
Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.
2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
3. Benda Bebas
Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.
Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 1 :
KD 3.4 IPA (Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar )
1. Dengan kegiatan mengamati berbagai contoh hubungan antara gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak.
KD 3.9. Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.)
2. Dengan kegiatan menemukan jawaban berdasarkan cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh dan sifat tokoh dalam cerita fiksi.
Mari Kita simak pembelajaran hari ini.
Ringkasan Materi
Pembelajaran 1
IPA
Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk benda dan mempengaruhi geraknya. Berikut ini adalah contoh gaya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat ananda sholeh dan sholehah perhatikan gambar dengan seksama (dibuku tematik halaman 124 -125 )
1. Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak. Contohnya, membuka dan menutup pintu
2. Gaya mempengaruhi benda bergerak menjadi diam. Contohnya, bus melaju kemudian berhenti.
3. Gaya mempengaruhi perubahan bentuk benda. Contohnya, membentuk berbagai bentuk dari plastisin.
4. gaya mempengaruhi perubahan arah gerak benda. Contohnya, melambungkan bola ke atas, lalu memukul bola ke depan.
Bahasa Indonesia
Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat oleh pengarangberdasarkan hasil imajinasi, pemikiran, tafsiran dan penilaian pengarang. contoh cerita fiksi adalah legenda, drama, cerpen , novel, mite fabel, sage dan ceita jenaka. Contoh ceita fiksi ananda sholeh dan sholehah dapat membacanya di buku tematik halaman 127 tentang " Angsa dan Telur Emas " . Dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmah atau pembelajaran. Kita sebagai manusia pandai bersyukur terhadap apa yang sudah kita miliki. Jangan serakah hanya karena ingin cepat kaya. S
Materi Matematika
Memberikan Kisi-Kisi PTS Matematika dengan memberikan latihan soal di papan tulis.
KD 3.3 SBDP (Mengidentifikasi gerak tari kreasi daerah)
1. Dengan kegiatan mencoba melakukan gerak tari, siswa dapat memperagakan gerak tari kreasi daerah.
KD 3.9 Bahasa Indonesia (menemukan jawaban soal tentang tokoh pada teks)
2.Dengan kegiatan mengamati peta daerah Papua, siswa dapat menuliskan keunikan daerah Papua.
Pembelajaran 6
Let's check this video
Papua memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.
Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih? kalian bisa baca di halaman 112 di buku tematik nya ya
KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)
1.Dengan kegiatan mengamati keberagaman individu di sekolah, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.
KD 3.3 IPS (Mengidentifikasi kegiatan ekonomi)
2. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.
KD 3.9 Bahasa Indonesia (menemukan jawaban soal tentang tokoh pada teks)
3.Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali teks tersebut dan mencermati serta menuliskan tokoh-tokoh pada teks tersebut.
Pembelajaran 4
Let's check this video
PPKN
Tahukah kamu daerah dengan julukan kota 1000 industri? Daerah dengan julukan kota 1000 industri adalah Kota Tangerang di Provinsi Banten. Apa keunikan dari Kota Tangerang? Mari, kita cari tahu.
Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang.
IPS
Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban. Amatilah gambar berikut.
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industri memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang?
Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersih kan sekolah.
Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi.
Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.
Pembelajaran : 5
Tujuan Pembelajaran 5 :
KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)
1. Dengan kegiatan membaca cerita rakyat, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan menuliskan tokoh-tokohnya.
KD 3.3 SBDP (Mengidentifikasi gerak tari kreasi daerah)
2. Dengan kegiatan mengamati gambar tari Bali dan tari Sumatra, siswa mengetahui ciri-ciri gerak tari Bali dan tari Sumatra.
KD 3.9 Bahasa Indonesia menemukan jawaban soal tentang tok pada teks)
3.Dengan kegiatan berdiskusi tentang kegemaran, siswa mengetahui keragaman kegemaran teman sekelasnya beserta manfaatnya.
Let's check this video
Ciri-ciri gerak tari Sumatra
a. Gerak tari pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit.
b. Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki.
c. Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak beragam dan tidak rumit.
Keunikan gerak tari yang disampaikan Dayu dan Beni di atas adalah keunikan gerak tari daerah secara umum. Bagaimana keunikan gerak tari suatu daerah secara khusus?
Salah satu contoh tari dari Sumatra yaitu tari Seudati dari Aceh. Bagaimana keunikan gerak tari Seudati dari Aceh? Mari, simak penjelasan berikut. Seudati adalah tari kelompok yang berasal dari Aceh. Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa alat musik. Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang.
Tari Seudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini membuat tari Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menimbulkan suara keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya membuat tari Seudati menjadi lebih menarik.