Welcome To The Class 5 Saudah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 11 September 2025

Materi Ajar IPAS Kelas 5 (Jumat 12 September 2025)

Hari/Tanggal : Jumat, 12 September 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan  Pembelajaran :  

1. IPAS : Harmoni dalam Kehidupan 

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid menjelaskan cara menjaga harmoni ekosistem agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga

IPAS 
                   Keseimbangan ekosistem

                 

Keseimbangan ekosistem adalah keadaan harmonis antara komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (benda tak hidup) dalam suatu ekosistem yang memungkinkan hubungan timbal balik berjalan lancar dan seimbang, seringkali terlihat dalam jaring-jaring makanan yang stabilKeseimbangan ini dapat terganggu oleh faktor alam (seperti bencana alam) dan aktivitas manusia (seperti penebangan hutan, perburuan liar, atau pencemaran), namun dapat dijaga melalui tindakan seperti menjaga kebersihan, reboisasi, mengurangi penggunaan pestisida, serta tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang merusak. 
Apa itu Keseimbangan Ekosistem?
  • Keseimbangan ekosistem adalah kondisi di mana semua komponen di dalamnya, baik makhluk hidup (biotik) maupun benda mati (abiotik), memiliki interaksi yang seimbang dan harmonis. 
  • Keseimbangan ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup semua makhluk di bumi. 
Faktor-faktor yang Mengganggu Keseimbangan Ekosistem
  • Faktor Alam:
    Bencana alam seperti banjir, gempa bumi, atau kebakaran hutan dapat merusak ekosistem dan mengganggu keseimbangannya. 
  • Faktor Manusia:
    • Penebangan hutan dan pembakaran lahan. 
    • Perburuan liar. 
    • Penggunaan pestisida dan pupuk berlebihan. 
    • Pembuangan limbah ke sungai atau laut. 
    • Penggunaan bom dan pukat harimau dalam penangkapan ikan. 
Bagaimana Menjaga Keseimbangan Ekosistem?

  • Menjaga Kebersihan: Membuang sampah pada tempatnya untuk mengurangi pencemaran lingkungan. 
  • Melakukan Reboisasi: Menanam kembali pohon dan menjaga kelestarian hutan karena tumbuhan berperan penting sebagai produsen dalam rantai makanan. 
  • Mengurangi Penggunaan Pestisida: Menggantinya dengan pestisida organik atau metode pengendalian hama lainnya. 
  • Menjaga Habitat Flora dan Fauna: Melindungi tumbuhan dan hewan agar tidak punah atau populasinya berkurang. 
  • Tidak Merusak Lingkungan: Tidak melakukan aktivitas yang merugikan ekosistem, seperti penangkapan ikan secara destruktif. 
  • Menerapkan Konsep 3R: Mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

Latihan 

1. Seorang petani membuang limbah pupuk organik ke sungai. Tindakan ini dapat mengganggu keseimbangan ekosistem karena...
a. Meningkatkan populasi ikan karena nutrisi bertambah 
b. Menyebabkan air sungai menjadi keruh dan tercemar, mengganggu kehidupan akuatik 
c. Memperkaya tanah di sekitar sungai 
d. Meningkatkan keanekaragaman hayati di sungai

2. Di sebuah hutan, populasi harimau menurun drastis karena perburuan liar. Dampak paling mungkin terjadi pada keseimbangan ekosistem hutan tersebut adalah...
a. Populasi tumbuhan akan meningkat pesat 
b. Populasi hewan pemakan rumput (herbivora) akan meningkat, menyebabkan kerusakan pada tumbuhan 
c. Keseimbangan rantai makanan akan tetap stabil 
d. Kualitas udara di hutan akan membaik

3. Dalam menghadapi ancaman banjir, warga menanam pohon bakau di sepanjang pantai. Tujuan utama penanaman pohon bakau ini adalah untuk...
a. Menyediakan sumber kayu bakar baru 
b. Menarik banyak jenis ikan untuk berkembang biak 
c. Mencegah abrasi dan mengurangi dampak banjir, serta melindungi ekosistem pantai 
d. Mengurangi kebutuhan akan energi listrik

4. Menjaga keseimbangan ekosistem hutan sangat penting. Kegiatan yang paling tepat dilakukan warga sekolah untuk turut serta menjaga keseimbangan ini adalah...
a. Membuang sampah plastik ke selokan sekolah 
b. Mengadakan kegiatan daur ulang dan menanam pohon di lingkungan sekolah 
c. Menyalakan lampu setiap saat di kelas 
d. Membiarkan hewan-hewan di taman sekolah berkeliaran bebas tanpa dijaga

5. Jika suatu ekosistem (misalnya, sawah) menjadi tidak seimbang karena populasi tikus meningkat pesat, maka salah satu upaya penyeimbangan yang bisa dilakukan adalah...
a. Membasmi semua jenis serangga yang ada di sawah 
b. Menanam lebih banyak padi untuk menutupi kekurangan sumber makanan 
c. Memasukkan predator alami tikus, seperti burung hantu, ke dalam ekosistem sawah 
d. Membiarkan tikus berkembang biak lebih banyak lagi

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, pada mata pelajaran IPAS dari 26 peserta didik ada 3 peserta didik yang masih kesulitan menentukan penyebab gangguan ekosistem.

Rabu, 10 September 2025

Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Seni Rupa Kelas 5 (Kamis 11 September 2025)

Hari / Tanggal : Kamis, 11 September 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan  Pembelajaran

1. Bahasa Indonesia : Majas 

2. Seni Budaya : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membuat kalimat menggunakan majas metafora personifikasi hiperbola dan dapat mempraktikkan langkah menggambar prinsip ritme dalam seni rupa 

   
  Bahasa Indonesia
  
       Latihan
       1. Perhatikan kalimat berikut!
           "Angin berbisik perlahan di sela-sela pepohonan yang rimbun."
             Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah...                      
              a. Metafora           b. Personifikasi        c. Hiperbola   d. Simile

      2. Manakah di antara kalimat berikut yang menggunakan majas personifikasi?
          a. Wajahnya berseri-seri seperti bunga mekar.
          b. Langit menangis menumpahkan hujan deras.
          c. Kertas itu melambai-lambai tertiup angin.
               d. Ketegangan menyapa semua orang di ruangan itu.  

         3. Majas personifikasi berfungsi untuk...
           a. Membandingkan dua hal yang berbeda.
           b. Memperjelas pengertian suatu kata.
           c. Menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat atau perilaku manusia.
                 d. Menjelaskan kejadian secara harfiah.   

          4. Kalimat "Bulan tersenyum malu-malu di balik awan" menggunakan majas 
                   personifikasi. Kata yang menunjukkan sifat manusia adalah...

5. Bacalah kutipan cerita berikut!
           "Bunga-bunga menari dengan riangnya menyambut pagi yang cerah."
           Dari kutipan di atas, yang dimaksud dengan bunga-bunga menari adalah...
           a. Bunga-bunga bergoyang mengikuti irama.
           b. Bunga-bunga itu memiliki kaki untuk menari.
           c. Bunga-bunga itu bergoyang-goyang indah tertiup angin.
           d. Bunga-bunga itu sedang mengadakan festival tarian.

Seni Rupa
Prinsip Ritme

Prinsip ritme dalam seni rupa adalah penggunaan pengulangan unsur-unsur seperti garis, bentuk, warna, dan tekstur secara teratur untuk menciptakan kesan gerak dan aliran dalam sebuah karya. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa kesatuan, keseimbangan, dan pergerakan visual, sehingga menarik perhatian dan menciptakan respons emosional pada penikmat seni. 

 Latihan soal
1.  Prinsip ritme dalam seni rupa dapat tercipta melalui pengaturan unsur-unsur seni rupa seperti garis, warna, dan tekstur secara... 
a. Acak                                                        b. Tidak teratur
c. Berulang-ulang secara teratur                 d. Berbeda-beda pada setiap bagian 

2.  Salah satu tujuan utama menerapkan prinsip ritme dalam sebuah karya seni rupa adalah untuk...
a. Membuat karya menjadi lebih kompleks dan sulit dipahami
b. Menghindari penggunaan unsur-unsur seni rupa yang sama
c. Menciptakan harmoni dan gerakan visual yang mengalir
d. Menekankan perbedaan antar elemen dalam komposisi

3. Berikut adalah contoh penerapan prinsip ritme dalam seni rupa, kecuali...
a. Deretan jendela pada sebuah bangunan yang memiliki bentuk dan ukuran sama
b. Pengulangan pola daun dalam sebuah ukiran kayu
c. Penggunaan warna yang sangat berbeda dan kontras di setiap sudut lukisan
d. Pola ombak yang berulang dalam sebuah kain batik

4. Ritme dalam seni rupa tidak hanya tentang pengulangan, tetapi juga dapat menggunakan teknik seperti...
a. Penggunaan warna monokromatik
b. Penggabungan berbagai unsur secara acak
c. Variasi dan gradasi untuk memberikan dinamika visual
d. Penambahan banyak detail pada satu bagian karya

5. Teknik pengulangan objek berupa titik-titik yang disusun secara beraturan dapat membentuk sebuah prinsip ritme dalam karya seni rupa karena adanya...
a. Kontras    
b. Variasi
c. Repetisi
d. Gradasi

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran bahasa indonesia seluruh peserta didik dapat membedakan majas.

Selasa, 09 September 2025

Materi Ajar Matematika dan Bahasa Indonesia Kelas 5 (Rabu 10 September 2025)

Hari / Tanggal : Rabu, 10 September 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan Pembelajaran :

1. Matematika : FPB dan KPK

2. Bahasa Indonesia : Majas

Capaian Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak bu guru dapat menentukan hasil FPB dan KPK, menentukan kalimat majas metafora, personifikasi dan hiperbola.

Matematika

FPB dan KPK              



 Latihan 
  1. Tentukan KPK dari 18 dan 27!  
  2. Tentukan KPK dari 25 dan 40!
  3. Tentukan KPK dari 24 dan 48!
  4. Tentukan KPK dari 5 dan 20!
  5. Tentukan KPK dari 8 dan 12!
  
Bahasa Indonesia
Majas Metafora, Personifikasi dan Hiperbola
  
       Latihan
       1. Perhatikan kalimat berikut!
           "Angin berbisik perlahan di sela-sela pepohonan yang rimbun."
             Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah...                       a. Metafora           b. Personifikasi        c. Hiperbola   d. Simile

        2. Manakah di antara kalimat berikut yang menggunakan majas personifikasi?
          a. Wajahnya berseri-seri seperti bunga mekar.
          b. Langit menangis menumpahkan hujan deras.
          c. Kertas itu melambai-lambai tertiup angin.
               d. Ketegangan menyapa semua orang di ruangan itu.  

         3. Majas personifikasi berfungsi untuk...
           a. Membandingkan dua hal yang berbeda.
           b. Memperjelas pengertian suatu kata.
           c. Menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat atau perilaku
 manusia.
                 d. Menjelaskan kejadian secara harfiah.   

          4. Kalimat "Bulan tersenyum malu-malu di balik awan" menggunakan majas 
                   personifikasi. Kata yang menunjukkan sifat manusia adalah...
             a. Bulan                b. Tersenyum           c. Malu-malu         d. Awam 
       5. Bacalah kutipan cerita berikut!
           "Bunga-bunga menari dengan riangnya menyambut pagi yang cerah."
           Dari kutipan di atas, yang dimaksud dengan bunga-bunga menari adalah...
           a. Bunga-bunga bergoyang mengikuti irama.
           b. Bunga-bunga itu memiliki kaki untuk menari.
           c. Bunga-bunga itu bergoyang-goyang indah tertiup angin.
           d. Bunga-bunga itu sedang mengadakan festival tarian.

Demikian pembelajaran hari ini
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran matematika dari 26 peserta didik ada 6 peserta didik masih kesulitan menentukan KPK dan FPB menggunakan pohon faktor.