Capaian Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak bu guru dapat menentukan hasil FPB dan KPK, menentukan kalimat majas metafora, personifikasi dan hiperbola.

Matematika

FPB dan KPK              



 Latihan 
  1. Tentukan KPK dari 18 dan 27!  
  2. Tentukan KPK dari 25 dan 40!
  3. Tentukan KPK dari 24 dan 48!
  4. Tentukan KPK dari 5 dan 20!
  5. Tentukan KPK dari 8 dan 12!
  
Bahasa Indonesia
Majas Metafora, Personifikasi dan Hiperbola
  
       Latihan
       1. Perhatikan kalimat berikut!
           "Angin berbisik perlahan di sela-sela pepohonan yang rimbun."
             Majas yang digunakan dalam kalimat tersebut adalah...                       a. Metafora           b. Personifikasi        c. Hiperbola   d. Simile

        2. Manakah di antara kalimat berikut yang menggunakan majas personifikasi?
          a. Wajahnya berseri-seri seperti bunga mekar.
          b. Langit menangis menumpahkan hujan deras.
          c. Kertas itu melambai-lambai tertiup angin.
               d. Ketegangan menyapa semua orang di ruangan itu.  

         3. Majas personifikasi berfungsi untuk...
           a. Membandingkan dua hal yang berbeda.
           b. Memperjelas pengertian suatu kata.
           c. Menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat atau perilaku
 manusia.
                 d. Menjelaskan kejadian secara harfiah.   

          4. Kalimat "Bulan tersenyum malu-malu di balik awan" menggunakan majas 
                   personifikasi. Kata yang menunjukkan sifat manusia adalah...
             a. Bulan                b. Tersenyum           c. Malu-malu         d. Awam 
       5. Bacalah kutipan cerita berikut!
           "Bunga-bunga menari dengan riangnya menyambut pagi yang cerah."
           Dari kutipan di atas, yang dimaksud dengan bunga-bunga menari adalah...
           a. Bunga-bunga bergoyang mengikuti irama.
           b. Bunga-bunga itu memiliki kaki untuk menari.
           c. Bunga-bunga itu bergoyang-goyang indah tertiup angin.
           d. Bunga-bunga itu sedang mengadakan festival tarian.

Demikian pembelajaran hari ini
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran matematika dari 26 peserta didik ada 6 peserta didik masih kesulitan menentukan KPK dan FPB menggunakan pohon faktor.