Welcome To The Class 5 Saudah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 07 Agustus 2025

Materi Ajar IPAS Kelas 5 (Jumat 8 Agustus 2025)

Hari / Tanggal : Jumat,  8 Agustus 2025

Fase / Kelas : C / 5

Muatan  Pembelajaran

1.IPAS : Sistem peredaran darah manusia

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah manusia, mengidentifikasi penyakit yang menyerang sistem peredaran darah, serta cara menjaga kesehatan organ peredaran darah. 


IPAS
Peredaran Darah Manusia


Peran Jantung dan Pembuluh Darah
  • Jantung: Berfungsi sebagai pompa yang memompa darah ke seluruh tubuh. 
  • ArteriMembawa darah kaya oksigen (kecuali arteri pulmonalis) menjauhi jantung. 
  • VenaMembawa darah kembali ke jantung. 
  • Kapiler: Jaringan pembuluh darah sangat halus tempat terjadinya pertukaran oksigen, nutrisi, dan limbah antara darah dan sel-sel tubuh. 






Berikut adalah gangguan dan penyebabnya pada organ peredaran darah manusia

NoNama GangguanPenyebab
1Jantung koronerPenyebab jantung koroner adalah adanya penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak.
2HipertensiPenyebab hipertensi adalah tingginya tekanan darah dari tekanan darah normal (120/80 mmHg), bisa karena stress, makan berlebihan, merokok, dan banyak minum alkohol.
3SklerosisPenyebab skelrosis adalah terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.
4VarisesPenyebab varises adalah tekanan darah yang terlalu besar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung terlalu banyak. Umumnya terjadi pada bagian betis.
5AnemiaPenyebab anemia di antaranya perdarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian luar atau dalam tubuh dan kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
6LeukimiaLeukimia atau kanker darah adalah penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya sel darah putih yang tak terkendali. Penyebab leukimia adalah kelainan kromosom, paparan polusi, paparan radiasi, merokok, obesitas, dan lain sebagainya.
7HipotensiHipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Penyebabnya adalah faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.
8Haemoroid (ambein),Vena bengkak dan meradang di rektum dan anus yang menyebabkan ketidaknyamanan dan perdarahan. Penyebabnya adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus
9HemofiliaHemofilia adalah penyakit darah yang sulit membeku. Penyeababnya adalah kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. 
10Penyakit KuningPenyakit kuning alias jaundice adalah kondisi yang membuat kulit menjadi kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh zat yang disebut bilirubin yang berlebihan dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang mati di hati..



Kerjakan Latihan berikut!
1. Organ utama dalam sistem peredaran darah manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah... 

a. Paru-paru         b. Usus          c. Jantung            d. Pankreas


2. Pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh disebut...
a. Vena                b. Arteri                c. Kapiler                    d. Aorta
3. Sistem peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung disebut peredaran darah...
a. Besar (sistemik)             b. Kecil (pulmoner)
c. Ganda                            d. Terbuka
4. Fungsi darah yang bukan bagian dari sistem peredaran darah manusia adalah...
a. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
b. Mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh
c. Membantu melawan penyakit
d. Mengatur suhu tubuh

5. Darah yang kaya akan karbondioksida (CO2) terdapat pada...
a. Arteri pulmonalis                            b. Vena pulmonalis
c. Pembuluh nadi (arteri) besar         d. Pembuluh balik (vena) besar
6. Salah satu gangguan pada sistem peredaran darah manusia adalah...
a. Maag                                               b. Diabetes
c. Hipertensi                                        d. Diare

7. Bagian jantung yang menerima darah kaya oksigen dari paru-paru adalah...
a. Bilik kanan                                        b. Serambi kanan
c. Bilik kiri                                             d. Serambi kiri

8. Urutan peredaran darah besar (sistemik) yang benar adalah...
a. Jantung → seluruh tubuh → paru-paru → jantung
b. Paru-paru → jantung → seluruh tubuh → paru-paru
c. Jantung → paru-paru → seluruh tubuh → jantung
d. Jantung → seluruh tubuh → jantung → paru-paru

9. Penyakit seperti serangan jantung dan stroke umumnya disebabkan oleh...
a. Infeksi bakteri
b. Gangguan pada sistem peredaran darah
c. Kekurangan vitamin
d. Gangguan pernapasan

10. Berolahraga secara teratur sangat baik untuk melancarkan...
a. Pencernaan                               b. Pernapasan
c. Peredaran darah                        d. Sistem saraf


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Wassalamualaikum wr wb


Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik dapat menyimak penjelasan guru terkait gangguan pada sistem peredaran darah manusia.

Rabu, 06 Agustus 2025

Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Seni Rupa Kelas 5 (Kamis 7 Agustus 2025)

Hari / Tanggal : Kamis, 7 Agustus 2025

Fase / Kelas : C / 5

Muatan  Pembelajaran              

1. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik

2. Seni Budaya : Mengenal Prinsip Seni Rupa

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menuliskan pembentukan kata yang berimbuhan pe-, dan menjelaskan prinsip seni rupa 
   
   Bahasa Indonesia

Imbuhan Pe-
Imbuhan atau afiks merupakan tambahan dalam tata bahasa Indonesia untuk membuat kata baru. Ini dapat mengubah kata dasar menjadi kata baru, di mana maknanya juga berbeda dari kata asal. Imbuhan dibedakan menjadi empat macam berdasarkan letak posisinya. Keempat afiks tersebut ialah prefiks, sufiks, konfiks, dan infiks.
  1. Prefiks atau awalan adalah imbuhan yang posisinya terletak di awal. Sebaliknya, sufiks atau akhiran merupakan imbuhan yang terletak di akhir. 
  2. Konfiks adalah imbuhan yang terletak di awal dan akhir.
  3. Adapun infiks terletak di tengah kata, sehingga disebut juga dengan istilah sisipan.
Imbuhan Pe
Imbuhan adalah tambahan pada kata dasar yang diletakkan di awal, tengah, atau akhir kata. Imbuhan yang akan dipelajari kali ini adalah imbuhan dalam bentuk awalan pe-. 

Fungsi Imbuhan Pe
1. Imbuhan pe- bermakna sebagai pelaku. Contoh :
  • pe + kerja = pekerja
  • pe + makan = pemakan
  • pe + tulis = penulis
  • pe + ajar = pelajar
  • pe + tonton = penonton

2. Imbuhan pe- bermakna sebagai pekerjaan atau profesi. Contoh :
  • pe + tani = petani
  • pe + lukis = pelukis
  • pe + rawat = perawat
  • pe + dagang = pedagang
  • pe + minum = peminum

3. Imbuhan pe- bermakna menyatakan sifat. Contoh :
  • pe + malas = pemalas
  • pe + rusak = perusak
  • pe + marah = pemarah
  • pe + rusak = perusak
  • pe + bohong = pembohong

4. Imbuhan pe- bermakna menyatakan alat. Contoh :
  • pe + tajam = penajam
  • pe + timbang = penimbang
  • pe +bersih = pembersih
  • pe + sikat = penyikat
  • pe + pahat = pemahat

Salah satu makna yang terdapat pada imbuhan pe- adalah menyatakan kata sifat.
ImbuhanContoh Kalimat
pe- + lupa → pelupaEgi berjanji akan menulis jadwal agar tidak lagi menjadi anak pelupa.
pe- + maaf → pemaafJangan ragu mengakui perbuatanmu karena ia seorang pemaaf.
pe- + sabar → penyabarIbuku yang penyabar tetap lembut menjawab adikku yang rewel.

Perhatikan bahwa imbuhan pe- akan berubah menjadi pem- atau peny- untuk beberapa kata.
pe- + K + huruf vokal = peng-, misal pe- + kuasa = penguasa
pe- + P + huruf vokal = pem-, misal pe- + padam = pemadam
pe- + S + huruf vokal = peny-, misal pe- + sabar = penyabar
pe- + T + huruf vokal = pen-, misal pe- + tulis = penulis

Latihan
Tulislah hasil pembentukan kata setelah mendapat imbuhan pe- dari daftar kata-kata di bawah ini!Contoh: diam → pendiam 
1. bohong → Pembohong
2. riang → Periang
3. dendam →Pendendam
4. tolong →Penolong
5. malas →Pemalas

Berikut penjelasan tentang prinsip seni rupa .....simaklah video berikut!



  1. Prinsip seni rupa yang mengatur bagaimana elemen-elemen dalam sebuah karya seni didistribusikan secara visual agar terlihat stabil dan tidak berat sebelah disebut… 
a. Kesatuan
b. Keseimbangan
c. Irama
d. Penekanan

2. Ketika berbagai unsur seni rupa saling melengkapi dan menyatu membentuk satu kesatuan yang harmonis dalam sebuah karya, maka prinsip seni rupa yang dominan adalah…
a. Keseimbangan
b. Irama
c. Kesatuan 
d. Proporsi

3. Dalam sebuah lukisan terdapat objek yang dibuat lebih menonjol dibandingkan objek lainnya untuk menarik perhatian pengamat. Prinsip seni rupa yang dimaksud adalah…
a. Irama
b. Kontras
c. Keseimbangan
d. Penekanan 

4. Penggunaan warna-warna yang sangat berbeda atau berlawanan secara visual, misalnya biru dan oranye, untuk menciptakan efek yang kuat dan menarik dalam sebuah karya disebut prinsip…
a. Kesatuan
b. Proporsi
c. Kontras 
d. Irama

5. Elemen seni rupa yang disusun secara berulang dengan variasi tertentu sehingga menimbulkan kesan gerak dan aliran dalam sebuah karya disebut…
a. Kesatuan
b. Keseimbangan
c. Penekanan
d. Irama 
 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Wassalamualaikum wr wb


Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari inj berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran seni rupa seluruh peserta didik dapat mewarnai lkpd seni rupa yang mengandung ritme dengan baik.

Selasa, 05 Agustus 2025

Materi Ajar Matematika dan Bahasa Indonesia Kelas 5 (Rabu 6 Agustus 2025)

Hari / Tanggal : Rabu, 6 Agustus 2025

Fase / Kelas : C / 5

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika  Bilangan Cacah sampai 100.000

2. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak bu guru dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benar, dan menulis paragraf deskripsi
   
    Matematika

                  Penjumlahan dan pengurangan 
    
   Ayo Berlatih!
   Kerjakan soal penjumlahan dan pengurangan berikut dengan cermat!
       6)  82.137 – 23.352 = ….

     7) 78.219 – 16.537 = ….

     8) 92.372 – 26.625 = ….

     9) 83.221 – 12.302 = ….

5    10)  85.428 – 15.637 = …. 


 Bahasa Indonesia
 

Bahasa Indonesia
                        Memahami Teks Deskripsi


Ayo berlatih 
    1. Teks deskripsi adalah teks yang berisi...
a. Cerita petualangan seru
b. Penjelasan tentang langkah-langkah membuat sesuatu
c. Penggambaran suatu objek secara jelas dan terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal yang sama, seperti yang ditulis
d. Urutan kejadian dalam sebuah peristiwa 
2. Ciri utama teks deskripsi adalah...
a. Menggunakan banyak angka dan data
b. Memaparkan objek secara subjektif dan konkret.
c. Memberikan gambaran yang membuat pembaca ikut merasakan apa yang dideskripsikan
d. Berupa dialog antar tokoh cerita 
3. Manakah di bawah ini yang merupakan contoh objek yang bisa dideskripsikan?
a. Resep masakan
b. Peristiwa gerhana matahari
c. Gunung Bromo
d. Teks berita
4. Struktur teks deskripsi umumnya terdiri dari...
a. Judul, isi, dan penutup
b. Pengenalan (identifikasi), deskripsi, dan kesimpulan
c. Pembukaan, isi, dan penutup
d. Latar, tokoh, dan alur 
5. Kalimat "Burung merpati itu memiliki bulu seputih salju dan mata yang bulat seperti kerikil hitam" termasuk contoh kalimat deskripsi yang menggambarkan...
a. Suasana hati penulis
b. Ciri fisik objek
c. Langkah-langkah tindakan
d. Perasaan tokoh utama 
 
Demikian pembelajaran hari ini
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Pada mata pelajaran bahasa indonesia 2 dari 26 peserta didik masih kesulitam dalam membuat kalimat deskripsi.