Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak bu guru dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benar, dan menulis paragraf deskripsi
   
    Matematika

                  Penjumlahan dan pengurangan 
    
   Ayo Berlatih!
   Kerjakan soal penjumlahan dan pengurangan berikut dengan cermat!
       6)  82.137 – 23.352 = ….

     7) 78.219 – 16.537 = ….

     8) 92.372 – 26.625 = ….

     9) 83.221 – 12.302 = ….

5    10)  85.428 – 15.637 = …. 


 Bahasa Indonesia
 

Bahasa Indonesia
                        Memahami Teks Deskripsi


Ayo berlatih 
    1. Teks deskripsi adalah teks yang berisi...
a. Cerita petualangan seru
b. Penjelasan tentang langkah-langkah membuat sesuatu
c. Penggambaran suatu objek secara jelas dan terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal yang sama, seperti yang ditulis
d. Urutan kejadian dalam sebuah peristiwa 
2. Ciri utama teks deskripsi adalah...
a. Menggunakan banyak angka dan data
b. Memaparkan objek secara subjektif dan konkret.
c. Memberikan gambaran yang membuat pembaca ikut merasakan apa yang dideskripsikan
d. Berupa dialog antar tokoh cerita 
3. Manakah di bawah ini yang merupakan contoh objek yang bisa dideskripsikan?
a. Resep masakan
b. Peristiwa gerhana matahari
c. Gunung Bromo
d. Teks berita
4. Struktur teks deskripsi umumnya terdiri dari...
a. Judul, isi, dan penutup
b. Pengenalan (identifikasi), deskripsi, dan kesimpulan
c. Pembukaan, isi, dan penutup
d. Latar, tokoh, dan alur 
5. Kalimat "Burung merpati itu memiliki bulu seputih salju dan mata yang bulat seperti kerikil hitam" termasuk contoh kalimat deskripsi yang menggambarkan...
a. Suasana hati penulis
b. Ciri fisik objek
c. Langkah-langkah tindakan
d. Perasaan tokoh utama 
 
Demikian pembelajaran hari ini
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Pada mata pelajaran bahasa indonesia 2 dari 26 peserta didik masih kesulitam dalam membuat kalimat deskripsi.