Welcome To The Class 1A SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 19 September 2019

Materi Ajar Kelas 3, Jumat 20 September 2019


MATERI AJAR PERTEMUAN 10

Hari / Tanggal             : Jumat / 20 September 2019

Kelas                             : 3C, 3D dan 3E

Standar Kompetensi    : Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata

Kompetensi Dasar       : Menggunakan Menu dan Ikon Program Microsoft Office Word


MENGGUNAKAN IKON FONT STYLE

Untuk mempercantik dokumen yang kita buat di Program Microsoft Office Word, kita bisa memanfaatkan / menggunakan ikon yang terdapat pada Microsoft Office Word. Salah satunya yaitu ikon Font Style. Font Style atau dalam bahasa indonesia memiliki arti Gaya Huruf, digunakan untuk mengubah gaya huruf pada dokumen Microsoft Office Word. Sehingga dokumen yang kita buat bisa memiliki style atau gaya huruf yang beragam.
Berikut ini adalah ikon dari Font Style.





B (Bold)          : Digunakan untuk Menebalkan Huruf.
I (Italic)           : Digunakan untuk Memiringkan Huruf.
U (Underline)  : Digunakan untuk Memberi Garis Bawah Huruf.

Praktek 2 Menggunakan Ikon Font Style :

Dari Serang Ke Pulau Buru
Dalam Kota Beli Matoa
Anak baik Menghormati Guru
Berbakti Juga Pada Orang Tua

Pohon Jati Kuat Kayunya
Pohon Nyiur Tinggi Batangnya
Murid Sejati Banyak Ilmunya
Agar Sukses Kedepannya

Tanam Padi Di Tengah Sawah
Sawah Subur Selalu Basah
Pagi Hari Ke Sekolah
Sore Hari Ke Madrasah

Keterangan :
Pantun ke 1     : Menggunakan ikon Bold.
Pantun ke 2     : Menggunakan ikon Italic.
Pantun ke 3     : Menggunakan ikon Underline.

Rabu, 18 September 2019

Materi Ajar Kelas 6, Kamis 19 September 2019


Hari / Tanggal           : Kamis / 19 September 2019

Kelas                          : 6D

Standar Kompetensi : Menggunakan Program Pengolah HTML

Kompetensi Dasar    : Menggunakan Tag-Tag Untuk Membuat Dokumen HTML

MENGGUNAKAN TAG <HR>  <MARQUEE>  <FONT SIZE>  <FACE>

1.      Font Size        : Berfungsi untuk merubah ukuran huruf.
2.      Face                : Berfungsi untuk merubah jenis huruf.

Contoh Praktek :
<html>
<head>
<title>AL AZHAR ONLINE</title>
</head>
<body bgcolor="pink">
<div align="center">
<strong>
PERGURUAN AL AZHAR<br>
BANDAR LAMPUNG<br>
<em>TK - SD - SMP - SMA</em> </strong> </div>
<hr size="8" noshade>
<marquee bgcolor="magenta">
<strong>Selamat Datang di Web Al Azhar Lampung</strong>
</marquee>
<hr size="8" noshade>
<p align="center"> <font color="blue" face=Monotype Corsiva>
Nama ku Dwi, aku kelas 6B ini pertama kalinya aku membuat
program html, aku senang sekali belajar program html, aku
selalu memperhatikan setiap guruku menjelaskan di depan
dan aku mulai tertarik untuk belajar html.
<b>Belajar html itu aseeeek</b> </p>
<p align="right"> <font color="navy" face=Jokerman font size="5">
Nama ku Maila, aku kelas 6C awalnya aku bingung belajar html tapi
karena aku selalu memperhatikan guruku menjelaskan, akhirnya aku
bisa dan ternyata belajar html itu mudah dan menyenangkan lho
teman-teman... <b>Ayo Belajar HTML</b> 
</p> 
</body> 
</html>

Selasa, 17 September 2019

Materi Ajar Kelas 5, Rabu 18 September 2019


Hari / Tanggal             : Rabu / 18 September 2019

Kelas                             : 5A, 5B dan 5C

Standar Kompetensi    : Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Desain Grafis

Kompetensi Dasar       : Mendemonstrasikan Cara Membuat Logo Pada Corel Draw 12

MEMBUAT LOGO IM3
1.      Buka Program Corel Draw, Pilih New.
2.      Buat 1 buah Persegi Panjang menggunakan Ikon Rectangle Tool.
3.      Duplikat gambar Peersegi Panjang tersebut menjadi 5 buah.
4.      Susun 4 buah persegi panjang dan putar 1 buah persegi panjang.
5.      Gabung 3 persegi panjang dan 1 yang sudah di putar menggunakan Ikon Weld.
6.      Duplikat Persegi yang sudah di gabung.
7.      Buat bentuk kotak sebagai bingkai tulisan IM3.
8.      Miringkan Tulisan IM3 dan bingkai nya.
9.      Buat 3 buah lingkaran sebagai sinyal IM3.
10.  Warnai sinyal Kuning, Biru, Merah.

HASIL LOGO IM3 YANG DIBUAT MENGGUNAKAN COREL DRAW 12 :

Materi Ajar Kelas 2, Rabu 18 September 2019


Hari / Tanggal             : Rabu / 18 September 2019

Kelas                             : 2A

Standar Kompetensi    : Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Kompetensi Dasar       : Menunjukkan Menu dan Ikon Program Paint

MENGGAMBAR ULAT BULU LUCU

Siapa di antara kalian yang suka Ulat?
Pasti ada beberapa siswa yang tidak menyukai ulat karena takut dengan ulat.

Tapi jangan takut, kali ini kita akan menggambar Ulat Bulu yang Lucu menggunakan Program Paint, dengan cara sebagai berikut ini :
1.      Klik Ikon Oval
2.      Buat lah sebuah gambar Kepala Ulat
3.      Buatlah gambar untuk badan nya
4.      Klik Ikon Line untuk membuat antena di atas kepala ulat
5.      Warnai gambar ulatnya menggunakan ikon Fill With Color

Hasil Gambar Ulat Bulu yang Lucu pada Paint :

Materi Ajar Kelas 6, Rabu 18 September 2019


Hari / Tanggal           : Rabu / 18 September 2019

Kelas                          : 6C

Standar Kompetensi : Menggunakan Program Pengolah HTML

Kompetensi Dasar    : Menggunakan Tag-Tag Untuk Membuat Dokumen HTML

MENGGUNAKAN TAG <HR>  <MARQUEE>  <FONT SIZE>  <FACE>

1.      Font Size        : Berfungsi untuk merubah ukuran huruf.
2.      Face                : Berfungsi untuk merubah jenis huruf.

Contoh Praktek :
<html>
<head>
<title>AL AZHAR ONLINE</title>
</head>
<body bgcolor="pink">
<div align="center">
<strong>
PERGURUAN AL AZHAR<br>
BANDAR LAMPUNG<br>
<em>TK - SD - SMP - SMA</em> </strong> </div>
<hr size="8" noshade>
<marquee bgcolor="magenta">
<strong>Selamat Datang di Web Al Azhar Lampung</strong>
</marquee>
<hr size="8" noshade>
<p align="center"> <font color="blue" face=Monotype Corsiva>
Nama ku Dwi, aku kelas 6B ini pertama kalinya aku membuat
program html, aku senang sekali belajar program html, aku
selalu memperhatikan setiap guruku menjelaskan di depan
dan aku mulai tertarik untuk belajar html.
<b>Belajar html itu aseeeek</b> </p>
<p align="right"> <font color="navy" face=Jokerman font size="5">
Nama ku Maila, aku kelas 6C awalnya aku bingung belajar html tapi
karena aku selalu memperhatikan guruku menjelaskan, akhirnya aku
bisa dan ternyata belajar html itu mudah dan menyenangkan lho
teman-teman... <b>Ayo Belajar HTML</b> 
</p> 
</body> 
</html>

Senin, 16 September 2019

Materi Ajar Kelas 4, Selasa 17 September 2019


MATERI AJAR PERTEMUAN 10

Hari / Tanggal              : Selasa / 17 September 2019

Kelas                             : 4E

Standar Kompetensi    : Menggunakan Program Microsoft Office Word 2007

Kompetensi Dasar       : Membuat dokumen menggunakan Program Microsoft Office Word


MENGGUNAKAN IKON SHAPES

Shapes digunakan untuk memasukkan gambar bangun datar, seperti segi empat, oval / lingkaran, segitiga, jajargenjang dan lain sebagainya.
Cara membuat Shapes pada Microsoft Office Word adalah sebagai berikut :
1.      Klik Menu Insert
2.      Klik Shapes
3.      Pilih bentuk yang di inginkan.
Praktek 2 Menggunakan Ikon Shapes :