Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 17 Mei 2024

Materi Ajar Seni Musik Kelas 1 (Jumat 17 Mei 2024)

Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024 

Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                       

Fase/Kelas                : A/1                                   

BAB/Tema                 : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran    : Bermain Bunyi  


Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal.
2. Peserta didik dapat membandingkan jenis waena bunyi musikal melodis dan non melodis.


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         
Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah?
Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Seni musik 
Ada banyak jenis alat musik yaitu jenis alat musik ritmis dan alat musik melodis.
  • Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada atau tingkatan nada, contoh nya seperti:
   1. Drum

    2. Gong
   3. Marakas

4. Kricikan / Tamborin

  • Alat musik Melodis adalah alat musik yang mempunyai tingkatan nada atau yang disebut tangga nada, Tingkatan nada memiliki nada yaitu Do Re Mi Fa Sol La Si Do.
Contoh alat musik melodis yaitu:
1. Piano
2. Gitar
3. Angklung


Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Seni Musik kalian masing-masing.
1. Apa yang maksud dengan alat musik ritmis?
2. Apa yang dimaksud dengan alat musik melodis?
3. Sebutkan contoh alat musik ritmis?
4. Sebutkan contoh alat musik melodis?
5. Sebutkan bunyi tangga nada!


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Jangan lupa kumpulkan jawaban soal Evaluasi, dan kirimkan kegiatan anak-anak dirumah seperti sedang Sholat Dhuha, mengerjakan soal dari ibu guru dengan cara di fotokan dan di jadikan kolase kirimkan ke nomor WhatsApp ibu guru.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum wr.wb

Kamis, 16 Mei 2024

Materi Ajar P5 Kelas 1 (Kamis 16 Mei 2024)

Hari / Tanggal : Kamis 16 Mei 2024

Fase / Kelas : A / 1

Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung

Materi : P5 (Ronceku Kreativitasku)


Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik.

🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan. Oleh karena itu peserta diharapkan dapat menyiapkan bahan2 di bawah ini:
Meronce menggunakan alat-alat sebagai berikut: 
1. Manik-manik
2. Benang
3. Gunting 



Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna 
2. Meronce berdasarkan bentuk 
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran

Anak sholeh dan sholehah, perlu diketahui bersama bahwa pelajaran P5 juga terdiri dari beberapa mata pelajaran lain seperti Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika dan Seni Musik.
Untuk latihan hari ini, buguru akan berikan Link Google Form ke grup kelas 1A ya, anak sholeh sholehah bisa langsung mengerjakan jika sudah klik link tersebut.
Jangan lupa kirim foto saat mengerjakan GF dan foto hasil nilai nya ya nak.. :)
Selamat mengerjakan, semangaaaaat...

Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 
Wassalaamualaikum Wr Wb 

Rabu, 15 Mei 2024

Materi Ajar Matematika Kelas 1 (Rabu 15 Mei 2024)

Hari / Tanggal : Rabu / 15 Mei 2024

Satuan Pendidikan: SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase / Kelas : A / 1A

Materi : Mengukur Panjang Benda 

CP :

Peserta didik dapat membandingkan banyak benda. 

Peserta didik dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik dapat membandingkan banyak beda.

2. Peserta didik dapat mengurutkan benda berdasarkan panjang benda.

3. Peserta didik dapat mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

4. Peserta didik dapat mengukur panjang benda menggunakan objek lain dalam satuan tidak baku.

 ATP : 

1. Membandingkan banyak benda

2. Mengukur panjang benda menggunakan objek lain dan satuan tidak baku


Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar mata pelajaran matematika tentang mengukur panjang benda. 

Mengukur panjang benda

Kita bisa mengukur panjang benda. 

Panjang benda dapat diukur menggunakan alat ukur tidak baku seperti jengkal, depa, langkah, pensil, penjepit kertas dan lain sebagainya.

Perhatikan gambar berikut !



Latihan Soal !

Hitunglah panjang benda yang ada di rumahmu dengan alat ukur tidak baku (jengkal, depa dan langkah) !

1. Panjang lantai teras rumahmu = ..............langkah.

2. panjang meja makan = ................jengkal.

3. Panjang dinding ruang tamu = .......depa.

4. Panjang lemari pakaian = .......jengkal.

5. Panjang halaman rumah = .........langkah.


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih bunda atas kerjasamanya ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik ya nak.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini deengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum wr.wb

Selasa, 14 Mei 2024

Materi Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 (Selasa 14 Mei 2024)


Hari/Tanggal : Selasa/ 14 Mei 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : 5/ Suka bergotong royong 
Materi Pembelajaran :Bergotong royong

Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadsp koreksi diri. 
2. Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain. 
3. Membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         
Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah?
Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”ingkungan Sekitar

Bergotong Royong di Sekolah
Apa itu gotong royong? 
Gotong royong artinya mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama agar pekerjaan menjadi lebih cepat selesai atau lebih ringan. 
Bergotong royong adalah salah satu budaya yang harus kita lestarikan.


Contoh gotong royong di sekolah :
1. Membersihkan lingkungan sekolah
2. Menata meja dan kursi kelas
3. Membersihkan ruang kelas
4. Membuat taman di depan kelas
5. Berkerja Kelompok dngan teman

Sesama teman kita harus saling membantu, hidup rukun. 
Kita  dianjurkan untuk saling menyanyangi. 
Saling menghargai, Saling menyanyantuni, Saling berbagi
Jika kita selalu rukun, Tuhan akan menyayangi kita.

Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Pendidikan Pancasila kalian masing-masing.

1. Sebutkan contoh gotong royong di Sekolah yang kalian ketahui!.......

2. Apa Manfaatnya gotong royong bagi kita?.... 

3. Dengan bergotong royong pekerjaan menjadi lebih?......

4. Sesama Teman kita harus saling?......

5. Bergotong royong adalah salah satu budaya yang harus di?.........


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Jangan lupa kumpulkan jawaban soal Evaluasi, dan kirimkan kegiatan anak-anak dirumah seperti sedang Sholat Dhuha, mengerjakan soal dari ibu guru dengan cara di fotokan dan di jadikan kolase kirimkan ke nomor WhatsApp ibu guru.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’alaikum wr.wb

Senin, 13 Mei 2024

Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 (Senin 13 Mei 2024)

Hari/Tanggal : Senin / 13 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ di Sekitar Rumah

Materi Pembelajaran : Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar



Tujuan Pembelajaran:
• Menyimak 
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah, peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering ditemui.
• Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
• Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         

Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah?
Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Bab 8
Di Sekitar Rumah


Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Bahasa Indonesia kalian masing-masing !


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Jangan lupa kumpulkan jawaban soal Evaluasi, dan kirimkan kegiatan anak-anak dirumah seperti sedang Sholat Dhuha, mengerjakan soal dari ibu guru dengan cara di fotokan dan di jadikan kolase kirimkan ke nomor WhatsApp ibu guru.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’alaikum wr.wb