Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 28 Oktober 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 PB 3 dan 4 (Jumat 28 Oktober 2022)

MATERI AJAR


Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku 

Subtema : Perjuangan Para Pahlawan 

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA 

Hari/Tanggal : Jumat, 28 Oktober 2022


Assalamualaikum.... 

Selamat pagiiii.... 

Jumat berkah... Jangan lupa sedekah yaa... 

Yuk kita sarapan, dilanjutkan dengan shalat dhuha dan Murojaah yaa.. 

Selamat belajar.... 


Bacalah bacaan tentang Raja Balaputradewa yg ada dibuku BOS yg telah dipinjamkan kemudian , jawablah pertanyaan berikut secara lisan. 

Apa yang dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Balaputradewa
Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Balaputradewa dikatakan sebagai pahlawan? Jelaskan!

Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Raja Balaputradewa dari Dinasti Syailendra adalah seorang raja terkenal Kerajaan Sriwijaya yang mencapai puncak kejayaan sekitar ke-8 dan 9M. Semasa pemerintahannya Balaputradewa merupakan raja yang cakap dalam memerintah dan berhasil menjadikan kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar. Berita tertua tentang kerajaan Sriwijaya berasal dari seorang musafir Cina bernama I-tsing (671M). Berita lain berasal dari tahunb 683M dengan ditemukannya prasasti kedukan bukit di bukit segunting dekat palembang.

Pada akhir abad ke-8, Kerajaan Sriwijaya telah berhasil menguasai seluruh jalur perdangangan di Asia Tenggara, baik melalaui Selat Sunda maupun Selat Malaka, Selat Karimata dan Tanah Genting Kra. Dengan wilayah kekuasaan itu, Kerajaan Sriwijaya menjadi Kerajaan Laut terbesar di Asia Tenggara. Selain itu di Sriwijaya juga terdapat seorang guru besar agama Budha yang bernama Dharmapala dan Sakyakirti. Hal itu membuktikan bahwa kehidupan sosial masyarakat kerajaan sudah tinggi dan kehidupan sosial pun akan mempengaruhi perkembangan kerajaan Sriwijaya.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

  1. Membangun armada laut yang kuat
  2. Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  3. Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
  4. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpin

Pantang menyerah adalah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya. Masih ingatkah kamu tentang sifat cahaya?

Membuat Cakram Warna
Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya putih matahari terdiri atas tujuh warna dengan membuat cakram warna dari kertas berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai dengan tujuh warna pelangi.

Putarlah kertas tersebut dengan kecepatan tinggi. Perhatikan warna yang tampak saat kertas berputar kencang.
Cakram Warna
Cobalah beberapa variasi besar juring lingkaran pada setiap warna. Amati hasilnya, variasi manakah yang menghasilkan warna putih paling jelas?


Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Hal itu bertujuan supaya jalur pelayaran yang melalui Sriwijaya merasa aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Yuk sama-sama kita jawab pertanyaan dibawah :

  1. Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya? Hasil perjuangan Balaputradewa adalah kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan besar dengan armada laut yang kuat.
  2. Jelaskan apa yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya! Jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa, kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan mungkin tidak akan tercapai karena tidak ada yang membangun armada laut yang kuat. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.
  3. Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.
  4. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa? Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas. Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha. Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah
  5. Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu! Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.


Berdasarkan perjuangan Balaputradewa tulislah sikap-sikapnya yang sesuai dengan Sila ke empat Pancasila. Jelaskan pula alasanmu.

  1. Balaputradewa membangun kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar. Hal tersebut menunjukan bahwa Balaputradewa menjalankan amanat yang diberikan oleh rakyatnya
  2. Balaputradewa membangun armada laut yang kuat hal tersebut menunjukan bahwa Balaputradewa memperhatikan keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

 

Kamis, 27 Oktober 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 PB 2 (Kamis 27 Oktober 2022)

MATERI AJAR

Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku 

Subtema : Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : SBDP, PPKn 

Hari / Tanggal : Kamis, 27 Oktober 2022 


Assalamualaikum.... 

Selamaaaatt pagiii anak sholeh dan sholeha... 

Apa kabar semuaanya hari inii? 

Semoga pagi ini semua anak-anak sehat dan semangat menyambut hari ini yaa.... 

Yuk kita sarapan dlu, dilanjutkan dengan shalat dhuha dan Murojaah yaa... 

Agar kegiatan kita dimudahkan dan dilancarkan hari ini.

Selamat belajar... 


Raja Purnawarman adalah raja Kerajaan Tarumanegara yang hidup di masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak yang merajalela. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.

Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Karena saluran air tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga membasmi perompak. Hal ini membuat kerajaan Tarumanegara menjadi aman. Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, Raja Purnawarman dapat disebut sebagai pahlawan.
Raja Purnawarman
Sikap Raja Purnawarman mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sila ke empat. Sila ke empat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Makna sila ke empat adalah

  1. Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama
  2. Cinta permusyawaratan dan demokrasi
  3. Bijaksana dalam menyelesaikan masalah.

Sila Empat
Lambang banteng digunakan karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

Amati gambar berikut!
Pengamalan Sila Empat
Cerita 1

  1. Apakah Budi sudah bijak dalam menyelesaikan masalah?Jelaskan! Budi belum bijak dalam menyelesaikan masalah seharusnya masalah diselesaikan dengan cara damai.
  2. Apakah sikap Budi mencerminkan Sila ke empat? Jelaskan! Sikap Budi tidak mencerminkan sila keempat Pancasila.
  3. Apa yang akan terjadi jika kita tidak bijak menyelesaikan masalah? Jika masalah tidak diselesaikan dengan cara yang bijak maka akan terjadi permusuhan.

Cerita 2

  1. Apakah Lani sudah mendahulukan kepentingan bersama? Ya Lani lebih memilih ikut latihan menari bersama.
  2. Apakah sikap Lani mencerminkan sila ke empat? Jelaskan! Ya Lani lebih mementingkan kepentingan dan tujuan bersama.
  3. Apa yang akan terjadi jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya? Jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya maka latihan tari tidak dapat dilaksanakan dan tujuan bersma tidak tercapai.

Cerita 3

  1. Apakah Dayu sudah menjunjung tinggi musyawarah? Belum, Dayu belum menjunjung tinggi musyawarah dalam kelompoknya.
  2. Apakah sikap Dayu sudah mencerminkan sila ke 4? Jelaskan? Belum, tindakan belum sudah mencerminkan sila keempat Pancasila. Seharusnya dalam musyawarah kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
  3. Apa yang akan terjadi jika memutuskan segala hal tanpa musyawarah? Jika memutuskan masalah tanpa musyawarah maka akan ada pihak yang dirugikan dan dapat mengakibatkan permusuhan.

Berilah contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke 4 Pancasila.

  1. Selalu mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan permasalahan. 
  2. Menghindari aksi "Walk Out" dalam suatu musyawarah. 
  3. Menghargai hasil musyawarah. 
  4. Ikut serta dalam pemilihan umum, pilpres, dan pilkada. 
  5. Memberikan kepercayaan wakil-wakil rakyat yang telah terpilih. 
  6. Yang menjadi wakil rakyat juga harus mampu membawa aspirasi rakyat. 
  7. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain. 
  8. Menghormati dan menghargai pendapat orang lain. 
  9. Berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah. 
  10. Bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut. 

Raja Purnawarman sangat gigih dan berani melawan perampok. Beliau membela kepentingan rakyatnya. Beliau berjuang melawan musuhnya dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangan inilah yang harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam lagu Maju Tak Gentar Berikut ini
Maju Tak Gentar
Lagu maju tak gentar sering saya dengar saat pergelaran upacara memperingati 17 Agustus HUT RI Lagu yang diciptakan oleh C. Simanjuntak berguna untuk membangkitkan semangat motivasi rakyat guna membela tanah air yang menggambarkan keberanian rakyat dengan perlengkapan seadanya melawan penjajah bersenjata lengkap dan modern. Semua lirik lagu maju tak gentar tersebut mengandung makna, bahwa Negara Indonesia mempunyai segala kekayaan alam yang seharusnya kita bersatu untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju.

LIRIK LAGU MAJU TAK GENTAR
Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak menerkam
Menerjang terjang tak gentar
Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang


Rabu, 26 Oktober 2022

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 PB 1 (Rabu 26 Oktober 2022)

Materi Ajar

Kelas : IV B

Tema : Pahlawanku

Subtema : Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran : 1

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS 

Hari / Tanggal : Rabu / 26 Oktober 2022


(Pembukaan 15 Menit)

Assalamualaikum... 

Selamat pagiiii... Semangaaaatt pagiiii.... 😁 😁 

Hari rabuu jangan ragu-ragu yaa.. 

Ragu-ragu apa nih? 

Jangan Ragu-ragu buat semangat dong yaa... 😁 

Yuk ah sarapan dulu, terus jangan lupa dilanjut sholat dhuha dan Murojaah yaa...  (Apersepsi)

Selamat belajar... 


Baik pada pertemuan sebelumnya anak Sholeh Sholehah sudah belajar tentang Unsur-Unsur Intrinsik dalam cerita, hari ini kita masuk ke Tema baru ya yaitu Tema 5 Subtema 1 tentang :

Pahlawan adalah orang orang yang sangat berjasa, berani dan penuh pengorbanan bagi bangsa, negara, dan agama. pahlawan juga orang yang sangat gagah berani karena mereka telah rela mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan.

Rasa cinta tanah air dan bangsa ditunjukkan dengan cara yang berbeda. Perjuangan dilakukan oleh para pendidik yang mendirikan sekolah-sekolah rakyat untuk mencerdaskan bangsa. Perjuangan dilakukan juga oleh para diplomat yang berjuang menekan kedudukan pihak penjajah di meja diplomasi. Perjuangan dilakukan juga oleh para pengelola surat kabar dan radio untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan mengobarkan semangat perjuangan kepada masyarakat. Bahkan perjuangan juga dilakukan oleh para seniman dan budayawan melalui lagu-lagu perjuangan ciptaan mereka.

Sifat kepahlawanan juga ditunjukan pada gambar di bawah ini.
Contoh Kepahlawanan
1. Menjenguk teman yang sakit
2. Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
3. Menolong teman yang mengalami kesusahan

Menolong orang lain dengan ikhlas, berani, dan gigih merupakan sikap yang dimiliki oleh para pahlawan. Untuk menghargai mereka, kamu bisa meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari. Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di masa
kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Setelah membaca teks tersebut, yuk sama-sama kita jawab pertanyaan berikut!
1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
  • Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat.
  • Beliau selalu berjuang untuk rakyatnya
  • Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut
2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman?
Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman bagi rakyat Tarumanegara adalah karena ladang milik mereka mendapatkan air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?
Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan memberantas perompak. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut

5. Ceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar
Raja Purnawarman adalah raja Kerajaan Tarumanegara yang hidup di masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak yang merajalela. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.
Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, namun juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah mengispirasi bangsa Indonesia.
Kepahlawanan

Peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
  1. Membangun armada laut yang kuat
  2. Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  3. Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
  4. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?
  1. Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya.
  2. Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam
  3. Gigih, pemberani, rela berkorban.
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?
  1. Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC. 
  2. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya. 
  3. Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
  4. Gigih, pemberani, rela berkorban
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
  1. Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
  2. Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang. 
  3. Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih merenungi jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu.

Dayu terus merenung sambil memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah kamu mengapa Dayu bisa melihat dirinya di air kolam? Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang cahaya nmelalui percobaan berikut.

Sifat-sifat cahaya
Alat dan Bahan Percobaan
Percobaan
  1. Cahaya merambat lurus. Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!
  2. Cahaya menembus benda bening. Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. Cahaya dapat dipantulkan. Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul!
  4. Cahaya dapat dibiaskan. Percobaa menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?
Demikian pembelajaran hari ini, bagaimana? Menyenangkan bukan? 
Semoga anak Sholeh Sholehah selalu semangat ya nak untuk menuntut ilmu.. (Refleksi)
Miss Dwi akhiri,
Wassalamualaikum wr wb 

(Penutup 15 Menit)

Selasa, 25 Oktober 2022

Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 PB 6 (Selasa 25 Oktober 2022)

MATERI AJAR

Kelas : IV B

Tema : Berbagai Pekerjaan 

Subtema : Pekerjaan Orangtua ku 

Pembelajaran : 6 

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn 

Hari /Tanggal : Selasa / 25 Oktober 2022)


Assalamualaikum.. 

Selamat pagiiii... 

Semangat pagi yaa.. 

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan Murojaah. Agar semua aktivitas hari ini dimudahkan dan dilancarkan. 

Selamat belajar... 

Baik pada pertemuan sebelumnya, Anak Sholeh Sholehah sudah belajar tentang Bagaimana Proses Pembuatan Kain, hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita yaa.. 


Tupai dan Ikan Gabus
Tupai dan Ikan Gabus. Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.

Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencarikannya untuk sahabatnya.

Setelah Gabus menyampaikan obat penawar penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.

Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu
memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.

Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.
(disadur dari Dongeng dan Cerita Rakyat Nusantara paling Melegenda, Ajeng Restiyani)

Pesan moral dari cerita Tupai dan Ikan Gabus

Pesan Moral :
Cerita Ikan Gabus dan Tupai adalah tolong menolong terhadap sesama akan membawa pada kedamaian dan kebahagiaan.

Apakah pada cerita Tupai dan Ikan Gabus kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik?


Sikap yang baik

  1. Mereka saling tolong menolong.
  2. Mereka mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.


Sikap yang tidak baik

Tupai membunuh ikan Yu untuk diambil hatinya

Apakah kamu sering menemukan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik di lingkungan sekolahmu? Bacalah diagram berikut
Sikap Yang Baik