Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 24 Mei 2024

Materi Ajar Seni Musik Kelas 1 (Jumat 24 Mei 2024)

Hari / Tanggal : Jumat / 24 Mei 2024 

Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                          

Fase/Kelas                : A/1                                   

BAB/Tema                 : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran    : Bermain Bunyi  


Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal.
2. Peserta didik dapat membandingkan jenis waena bunyi musikal melodis dan non melodis.


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         
Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah?
Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Seni musik 
Ada banyak jenis alat musik yaitu jenis alat musik ritmis dan alat musik melodis.
  • Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada atau tingkatan nada, contoh nya seperti:
   1. Drum

    2. Gong
   3. Marakas

4. Kricikan / Tamborin

  • Alat musik Melodis adalah alat musik yang mempunyai tingkatan nada atau yang disebut tangga nada, Tingkatan nada memiliki nada yaitu Do Re Mi Fa Sol La Si Do.
Contoh alat musik melodis yaitu:
1. Piano
2. Gitar
3. Angklung


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum wr.wb

Rabu, 22 Mei 2024

Materi Ajar Matematika Kelas 1 (Rabu 22 Mei 2024)

Hari/Tanggal : Rabu/22 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ Mengenal Diagram

Materi Pembelajaran : Diagram Gambar 


Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik dapat mengelompokkan objek

2. Peserta didik dapat menghitung setiap kelompok objek

3. Peserta didik dapat membaca daftar tabel maksimal empat kategori

4. Peserta didik dapat membaca diagram gambar maksimal empat kategori

5. Peserta didik dapat menginterpretasikan diagram gambar maksimal empat kategori.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         

Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah? Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


BAB 8 DIAGRAM

Pagi itu diadakan senam pagi, setelah senam pagi siswa melakukan olahraga permainanan. 

Ada yang bermain sepakbola, ada yang bermain bulu tangkis, ada yang bermain tenis meja. 


Perhatikan gambar di atas! 

Semua melakukan olahraga permainan. Tetapi, permainannya tidak sama, sesuai dengan pilihan masing-masing. Ayo kita hitung bersama. 

Siswa yang bermain tenis meja sebanyak 2

Siswa yang bermain sepak bola sebanyak.... 

Siswa yang bermain bulu tangkis sebanyak... 

Sekarang perhatikan bentuk di bawah. 

Satu gambar kepala menunjukkan satu siswa yang bermain. 



A. Mengelompokkan Data

Perhatikan siswa yang sedang berolahraga 

Ayo kita kelompokkan siswa-siswa tersebut menurut jenis olahraganya. 


1. Pada gambar di atas, Ada berapa kelompok olahragakah?.......

2. Kelompok olahraga apa saja yang terdapat pada gambar di atas?......

3. Masing-masing kelompok terdapat berapa anak yang sedang ber-olahraga?.....

4. Ada berapa warnakah bola didalam kotak?.....

5. Gambarkan kembali dan Kelompokkan bola sesuai dengan warna nya.....


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum wr.wb

Selasa, 21 Mei 2024

Materi Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 (Selasa 21 Mei 2024)

Hari/Tanggal : Selasa/ 21 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 5/ Suka bergotong royong 

Materi Pembelajaran :Bergotong royong


Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadsp koreksi diri. 
2. Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain. 
3. Membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         
Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah?
Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”ingkungan Sekitar

Bergotong Royong di Sekolah
Apa itu gotong royong? 
Gotong royong artinya mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama agar pekerjaan menjadi lebih cepat selesai atau lebih ringan. 
Bergotong royong adalah salah satu budaya yang harus kita lestarikan.


Contoh gotong royong di sekolah :
1. Membersihkan lingkungan sekolah
2. Menata meja dan kursi kelas
3. Membersihkan ruang kelas
4. Membuat taman di depan kelas
5. Berkerja Kelompok dngan teman

Sesama teman kita harus saling membantu, hidup rukun. 
Kita  dianjurkan untuk saling menyanyangi. 
Saling menghargai, Saling menyanyantuni, Saling berbagi
Jika kita selalu rukun, Tuhan akan menyayangi kita.


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’alaikum wr.wb

Senin, 20 Mei 2024

Materi Ajar Matematika Kelas 1 (Senin 20 Mei 2024)

Hari/Tanggal : Senin/20 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ Mengenal Diagram

Materi Pembelajaran : Diagram Gambar 


Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik dapat mengelompokkan objek

2. Peserta didik dapat menghitung setiap kelompok objek

3. Peserta didik dapat membaca daftar tabel maksimal empat kategori

4. Peserta didik dapat membaca diagram gambar maksimal empat kategori

5. Peserta didik dapat menginterpretasikan diagram gambar maksimal empat kategori.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         

Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah? Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


BAB 8 DIAGRAM

Pagi itu diadakan senam pagi, setelah senam pagi siswa melakukan olahraga permainanan. 

Ada yang bermain sepakbola, ada yang bermain bulu tangkis, ada yang bermain tenis meja. 


Perhatikan gambar di atas! 

Semua melakukan olahraga permainan. Tetapi, permainannya tidak sama, sesuai dengan pilihan masing-masing. Ayo kita hitung bersama. 

Siswa yang bermain tenis meja sebanyak 2

Siswa yang bermain sepak bola sebanyak.... 

Siswa yang bermain bulu tangkis sebanyak... 

Sekarang perhatikan bentuk di bawah. 

Satu gambar kepala menunjukkan satu siswa yang bermain. 



A. Mengelompokkan Data

Perhatikan siswa yang sedang berolahraga 

Ayo kita kelompokkan siswa-siswa tersebut menurut jenis olahraganya. 


1. Pada gambar di atas, Ada berapa kelompok olahragakah?.......

2. Kelompok olahraga apa saja yang terdapat pada gambar di atas?......

3. Masing-masing kelompok terdapat berapa anak yang sedang ber-olahraga?.....

4. Ada berapa warnakah bola didalam kotak?.....

5. Gambarkan kembali dan Kelompokkan bola sesuai dengan warna nya.....


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum wr.wb