Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 08 Mei 2025

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 9 Mei 2025) / Daring

    Hari / Tanggal : Jumat / 9 Mei 2025

    Fase / Kelas : C / 5C

    Muatan  Pembelajaran :  

    1. IPAS : Perjuangan Bangsa Melawan Penjajah

    2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi

                                                                                                                                                                                

    Capaian  Pembelajaran IPAS

    Elemen Pemahaman IPAS:

    Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

    Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

    Apa kabar anak sholih sholihah.........
    semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
         Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengomunikasikan hasil penyelidikan tentang sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggal dan dapat menentukan ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas.
        
      IPAS


    Kerjakan latihan berikut di buku tugasmu !
    1. Bangsa Portugis datang ke Malaka (Indonesia) awalnya dengan tujuan untuk..
        A. Melakukan penjajahan                          C. Berdagang atau Jual Beli

        B. Mengembangkan pertanian                  D. Menyebarkan budaya

     2. Contoh rempah-rempah yang dicari oleh bangsa Eropa di Indonesia adalah...

         A. Lada, cengkeh, kayu manis                  C. Perak, tembaga, berlian
         B. Topeng, gamelan, keris                          D. Jati, gaharu, mahoni

      3. Berapa lama bangsa Belanda menjajah Indonesia? 
         a. 100 tahun   b. 200 tahun    c. 300 tahun   d. Hampir 350 tahun 

    4. Apa yang menjadi salah satu tujuan utama bangsa Belanda selama menjajah Indonesia? 
        a. Misi agama dan penyebaran kebudayaan Belanda 
        b. Penguasaan wilayah koloni untuk ekspansi ekonomi 
        c. Perlindungan keberagaman budaya Indonesia 
        d. Peningkatan kerjasama ekonomi dengan pribumi 

     5. Kapan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) dibentuk? 
         a. 1590          b. 1600            c. 1602            d. 1610 

     6. Apa yang dilakukan VOC terhadap tanaman rempah-rempah milik rakyat Indonesia? 
        a. Mengimpor tanaman rempah-rempah secara bebas 
        b. Melarang tanaman rempah-rempah tumbuh di wilayah tertentu 
        c. Melakukan penebangan tanaman rempah-rempah milik rakyat 
        d. Memberikan dukungan teknis untuk pertanian rempah-rempah 
     
    7. Bangsa-bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Indonesia antara lain Belanda,       Inggris, Portugis, dan Spanyol. Urutan kedatangan mereka ke Indonesia adalah...

      A. Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris
      B. Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda
      C. Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris
      D. Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris

    8. Motivasi Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia yaitu :

       a. Semangat 3G (Gold, Gospel, Glory)

       b. Mencari rempah

       c. Perjanjian-perjanjian

       d. Berdagang

     9. Glory adalah tujuan dari kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia. Apa yang dimaksud dengan glory?

         A. Mengumpulkan kekayaan material
         B. Mencapai kejayaan dan superioritas
         C. Menyebarkan agama
         D. Menguasai wilayah politik

   10.  Politik balas budi dikenal juga dengan istilah...

         A. Politik etis
         B. Politik sosial
         C. Politik praktis
         D. Politik ekonomi


Bahasa Indonesia
Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama:
  • Paragraf Deduktif:
    Kalimat utama (ide pokok) terletak di awal paragraf, diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang mendukung.
  • Paragraf Induktif:
    Kalimat utama terletak di akhir paragraf, setelah beberapa kalimat penjelas atau contoh yang mengarah pada kesimpulan.
  • Paragraf Campuran:
    Kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, atau bahkan di tengah paragraf, dengan kalimat-kalimat penjelas yang menyertainya

Tugas hari ini :
Kerjakanlah soal IPAS di atas, tulis di buku latihan (Jawabannya saja beserta keterangan) !


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.

Wassalamualaikum wr wb

Rabu, 07 Mei 2025

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 8 Mei 2025) / Daring

Hari / Tanggal : Kamis / 8 Mei 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Mata Pelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tema : Kearifan Lokal

Topik : Lestarikan Budayaku Cintai Negeriku

             

TUJUAN KEGIATAN P5 

 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih    orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Peserta didik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Peserta didik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.


Assalamualaikum wr wb
Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, aamiin ....

Hari ini kegiatan P5 akan diisi dengan "Membuat Rumah Adat dari Kertas Origami".

Simak video berikut!




Berikut contoh hasil Rumah Adat dari Kertas Origami :




Rumah adat adalah bangunan tradisional yang menjadi simbol kebudayaan dan identitas suatu daerah. Setiap rumah adat memiliki keunikan arsitektur, fungsi, dan nilai filosofis yang mencerminkan kearifan lokal dan sejarah masyarakat setempat. Di Indonesia, negara dengan keberagaman suku dan budaya, terdapat banyak jenis rumah adat yang masing-masing memiliki karakteristik khas.

Contoh rumah adat di Indonesia :

Nuwo Sesat : Lampung

Joglo : Jawa

Rumah Gadang : Padang

Rumah Kebaya : Jakarta

Rumah Honai : Papua


TUGAS :

Buatlah kolase salah satu Rumah Adat dari Kertas Origami (Seperti Contoh Di Atas) !

Jangan lupa diberi nama, di foto dan di kirim ke Miss Dwi :)

Demikian pembelajaran hari ini, Bu guru akhiri
Wassalamu'alaikum wr wb 


Kesimpulan :

Kegiatan daring berjalan dengan lancar, peserta didik mengumpulkan tugasnya dengan baik.

Selasa, 06 Mei 2025

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 7 Mei 2025) / Daring

Hari / Tanggal : Rabu / 7 Mei 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan Pembelajaran :
1. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi
2. Pendidikan Pancasila : Persatuan dan Kesatuan di Wilayah Kabupaten atau Kota
3. Matematika : Pengolahan Data

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

CP MATEMATIKA
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat, membuat poster hari bumi, mengenal provinsi yang ada di Indonesia beserta ibu kota nya dan dapat membandingkan data pada tabel dan diagram piktogram. 


Bahasa Indonesia

Membuat Poster Hari Bumi


Sebelum membuat poster silahkan simak caranya pada video berikut!


Pendidikan Pancasila



Mengenal Wilayah Kabupaten dan Provinsi


Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibagi menjadi 38 provinsi, yang selanjutnya dibagi lagi menjadi sejumlah kabupaten dan kotaProvinsi adalah satuan teritorial administratif di bawah wilayah negara, sedangkan kabupaten dan kota adalah unit administratif yang lebih kecil di bawah provinsi. 
Berikut adalah beberapa contoh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia:
  • Provinsi Lampung: Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung.
  • Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Bekasi.
  • Provinsi DKI Jakarta: Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur.
  • Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kota Surakarta.
  • Provinsi Yogyakarta: Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta. 


     Matematika
Mengurutkan data

Untuk memahami materi tentang data, silakan tonton dan simak video berikut!








Kerjakan latihan berikut di buku latihanmu!  
Soal no.1

Soal no.2


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.

Wassalamualaikum wr wb


Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran daring berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, 19 orang mengikuti kegiatan google meet.

Senin, 05 Mei 2025

Materi Ajar IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Selasa 6 Mei 2025) / Daring

     Hari/Tanggal : Selasa / 6 Mei 2025

     Fase / Kelas : C / 5C

    Muatan  Pembelajaran :  

    1. IPAS : Perjuangan Bangsa Melawan Penjajah

    2. Bahasa Indonesia : Sayangi Bumi

    3. Pendidikan Pancasila : Persatuan dan Kesatuan di Wilayah Kabupaten atau Kota

                                                 

    Capaian  Pembelajaran IPAS

    Elemen Pemahaman IPAS:

    Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

    Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

    CP PANCASILA

    Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.


    Apa kabar anak sholih sholihah.........
    semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
         Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengomunikasikan hasil penyelidikan tentang sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggal, membuat poster hari bumi dan mengenal wilayah kabupaten dan provinsi sebagai bagian NKRI.
        
      IPAS
                             



Bahasa Indonesia
Membuat Poster Hari Bumi
    Sebelum membuat poster silahkan simak caranya pada video berikut!



 Tugas Bahasa Indonesia : 
 Buatlah sebuah poster hasil kreativitasmu tentang menjaga lingkungan. 
 Poster dibuat pada HVS/buku gambar, lalu guntinglah dan tempelkan pada   buku IPAS.

Pendidikan Pancasila 
                                 

Tugas Pendidikan Pancasila :
Tuliskan 38 Provinsi di Indonesia beserta Ibukota nya di buku latihan, setelah itu hafalkan dan di setorkan saat masuk sekolah hari selasa 13 Mei 2025.


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.

Wassalamualaikum wr wb

Minggu, 04 Mei 2025

Materi Ajar Matematika dan Seni Rupa Kelas 5C (Senin 5 Mei 2025) / Daring

Hari / Tanggal : Senin, 5 Mei 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika : Pengolahan Data

2. Seni Budaya : Ragam Hias                                             

                                                    

Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen : Analisis Data dan Peluang

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.


Seni Rupa

Elemen : Mengalami

Peserta didik mulai menggunakan garis horizontal dalam karya 2 dimensi.

Selain itu, peserta didik mulai menerapkan keseimbangan dan irama/ritme

dalam warna, garis atau bentuk dalam karyanya.


semoga hari ini anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah.
Sebelum mulai pembelajaran daring terlebih dahulu laksanakan sholat dhuha ya.....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengurutkan dan membandingkan data hasil pengukuran dan mengenal ragam hias.

Matematika
Mengurutkan Data
Untuk memahami materi tentang data, silakan tonton dan simak video berikut!



















Seni Rupa
Ragam Hias



1. Mengenal Ragam Hias
Ragam hias di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah panjang yang mengakar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Dari sabang hingga merauke, pulau- pulau di kepulauan Indonesia memamerkan keragaman ragam hias yang unik dan menarik. Ragam hias adalah seni dekoratif yang mempercantik benda atau permukaan dengan pola, bentuk, dan warna. Lebih dari sekadar ornamen, ragam hias juga menyampaikan makna budaya dan nilai-nilai melalui bahasa visual. Seni ini terdapat dalam berbagai bentuk seperti batik, ukiran, arsitektur, dan seni lukis, menghubungkan masa lalu dan masa kini serta menggambarkan kreativitas manusia.

Dengan mengenal ragam hias di Indonesia, kita dapat merenungi dan mengapresiasi makna mendalam yang terkandung dalam setiap corak dan pola, serta memahami bagaimana warisan budaya ini terus hidup dan berkembang dalam masyarakat modern.

2. Jenis-Jenis Ragam Hias
Jenis-jenis ragam hias menghadirkan berbagai bentuk ekspresi seni yang unik. Dalam pandangan yang lebih mendalam, ragam hias bukanlah sekadar ornamen semata, tetapi juga sarana untuk menyampaikan makna, cerita, serta nilai-nilai yang mendalam. Dalam materi berikut, mari kita eksplorasi jenis-jenis ragam hias.

a. Ragam Hias Flora
Jenis ragam hias ini memanfaatkan motif tumbuhan seperti daun, bunga, dan cabang dalam seni dekoratif. Flora menciptakan tampilan alami dan segar pada berbagai karya seni, mencerminkan hubungan manusia dengan alam. Contohnya, batik Parang dari Jawa Tengah menampilkan motif daun-daun meliuk yang menciptakan kesan alami.

b. Ragam Hias Fauna
Ragam hias fauna menggambarkan binatang-binatang, baik yang nyata maupun mitologis. Motif hewan-hewan ini bisa menjadi simbol kekuatan, keberanian, atau keanggunan. Sebagai contoh, kain tenun ikat Troso dari Jepara menghadirkan pola binatang yang menciptakan harmoni dengan unsur-unsur alam.

c. Ragam Hias Figuratif
Ragam hias figuratif menggambarkan manusia atau tokoh-tokoh dalam bentuk yang jelas dan mudah dikenali. Jenis ini sering menceritakan kisah, legenda, atau nilai-nilai budaya. Patung-patung Dayak Kenyah di Kalimantan Timur adalah contoh ragam hias figuratif yang menggambarkan tokoh-tokoh penting dalam budaya Dayak.

d. Ragam Hias Geometris
Jenis ragam hias ini melibatkan penggunaan garis, bentuk, dan pola geometris untuk menciptakan tampilan yang terstruktur dan simetris. Motif-motif ini dapat menghadirkan kesan modern atau tradisional tergantung pada penggunaannya. Motif batik Kawung dari Yogyakarta adalah contoh ragam hias geometris yang terdiri dari lingkaran kecil yang saling berhubungan.
Geometris
Melalui jenis-jenis ragam hias ini, kita dapat memahami betapa beragamnya cara manusia menyampaikan kreativitas, makna, dan identitas dalam seni dekoratif. Setiap jenis ragam hias memiliki cerita dan nilai-nilai unik yang dapat meresap dalam penghayatan kita terhadap seni dan budaya.

Contoh Ragam Hias dari Berbagai Daerah di Indonesia
Pada materi sebelumnya kamu telah mempelajari materi tentang jenis-jenis ragam hias. Kali ini, kamu akan mengamati beberapa contoh ragam hias berdasarkan jenisnya. Simak pembahasan berikut.

1. Ragam Hias Flora
Berikut ini beberapa contoh ragam hias flora yang ada di Indonesia.
a. Batik Parang dari Jawa Tengah
Motif batik Parang menggambarkan daun- daun yang meliuk dengan indah, menciptakan pola alami yang menarik.
b. Kain Tenun Ikat Troso dari Jepara
Tenun Troso menampilkan ragam hias dengan motif daun dan bunga, menciptakan tampilan alamiah yang khas.

2. Ragam Hias Fauna
Berikut ini beberapa contoh ragam hias fauna yang ada di Indonesia.
a. Ukiran Hewan-Hewan di Pura Bali
Ornamen-ornamen relief di pura-pura Bali sering menggambarkan hewan-hewan seperti burung Garuda, ular naga, atau hewan-hewan mitologis.
b. Batik Cendrawasih dari Papua
Motif batik Cendrawasih memvisualisasikan burung cendrawasih, hewan emblematis Papua, dalam pola yang indah.
Papua

3. Ragam Hias Figuratif
Berikut ini beberapa contoh ragam hias figuratif yang ada di Indonesia.
a. Ukiran Relief di Candi Borobudur Jawa Tengah
Candi Borobudur memiliki ukiran relief yang mengisahkan cerita-cerita Buddha, serta kehidupan masyarakat pada masa itu.
b. Patung-patung Dayak Kenyah di Kalimantan Timur
Suku Dayak Kenyah menciptakan patung-patung figuratif yang mewakili leluhur dan tokoh-tokoh penting dalam budaya mereka.

4. Ragam Hias Geometris
Berikut ini beberapa contoh ragam hias geometris yang ada di Indonesia.
a. Ukiran Geometris pada Rumah Gadang di Sumatera Barat
Rumah gadang Minangkabau memiliki ukiran-ukiran geometris yang simetris pada tiang-tiang dan atapnya.
b. Motif Tenun Ikat Sumba Khas Nusa Tenggara Timur
Tenun ikat Sumba menghadirkan pola geometris yang kompleks dengan perpaduan warna yang kontras.
agam


Setelah anak sholeh sholehah menyimak pembelajaran di atas, 

Kerjakan latihan berikut!
Warnailah Ragam Hias Flora pada LKPD yang telah Miss Dwi bagikan dihari jumat yang lalu. Jika belum ada LKPD maka bisa download dan print gambar di bawah ini :)



Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.

Wassalamualaikum wr wb


Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran daring hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik ada 2 peserta didik yang tidak dapat mengikuti zoom dikarenakan dalam keadaan sakit.