Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi
--Semester 2 (Genap) T.P.2024 / 2025--

Kamis, 06 Februari 2025

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 7 Februari 2025)

Hari / Tanggal : Jumat 7 Februari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

   1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya

   2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

Media pembelajaran : video/PPT, lembar soal sumatif                                                                                             

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

 Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menyelesaikan soal sumatif IPAS dengan baik, mengidentifikasi ide pokok pada sebuah teks.

    IPAS
  


Bahasa Indonesia


Untuk memudahkan dalam menemukan ide pokok paragraf, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, yaitu:
  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.
  2. Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
  4. Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
  5. Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
  6. Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Kerjakan soal berikut!

1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.

Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?

A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.


2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.

Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….

a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk. 

d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.

    
   Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 



Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik dapat mengikuti sumatif 1 dengan tertib..

Materi Ajar P5 Kelas 5C (Kamis 6 Februari 2025)

HARI / TANGGAL : KAMIS 6 FEBRUARI 2025

FASE / KELAS : C / 5C
KEGIATAN PEMBELAJARAN : P5
TEMA : KEARIFAN LOKAL
JUDUL : MEMBATIK MENGGUNAKAN LARUTAN ASAM BASA
MEDIA/ALAT DAN BAHAN : VIDEO, KERTAS HVS, DETERGEN, BUBUK KUNYIT, COTTON BUDS, KAPAS, CUKA DAPUR

TUJUAN KEGIATAN P5 
 Membentuk karakter Pelajar Pancasila (beriman dan bertaqwa, gotong royong, dan mandiri, dan kreatif) 
Peserta didik dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai
 Peserta didik mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan sekolah.  
 Pesertadidik terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang)
● Peserta didik berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru.
 Pesertadidik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalabentukarydan  ataTindakasederhansertmengapresiaskarydaTindakayandihasilkan
 Pesertadidik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan : Dengan mengangkat tema “KEARIFAN LOKAL” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan agar peserta didik mengenal adat budaya masyarakt Indonesia pada umumnya.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kearifan Lokal” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran :
-Peserta didik dapat membatik menggunakan larutan asam basa.

Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Hari ini merupakan hari pertama kegiatan P5 di semester genap. 


Perhatikan video berikut :




Selamat mencoba..

Kesimpulan:
Alhamdulilah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik antusias membatik menggunakan larutan asam basa.

Rabu, 05 Februari 2025

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Rabu 5 Februari 2025)

   Hari / Tanggal : Rabu 5 Februari 2025

   Fase / Kelas : C / 5C

   Mata Pelajaran :  

   1. Matematika : Bangun Datar

   2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

   3. Pancasila : Keragaman Budaya di Indonesia

   Model pembelajaran : PBL Kooperatif

   Metode Pembelajaran : Guide Inquiry, Make A Match, ceramah, tanya jawab, penugasan        

   Media Pembelajaran : Video/PPT, LKPD, bentuk bangun datar real di kelas ( papan tulis, pintu, loker, dll)                                             

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik  dapat mengidentifikasi jenis-jenis segitiga dan ciiri-cirinya, dapat mengerjakan sumatif bahasa indonesia dengan baik, dan dapat menjelaskan faktor penyebab keragaman budaya di indonesia

      Matematika

                
         

     Tugas kelompok 
      Mengidentifikasi jenis segitiga dan menganalisa ciri-ciri segitiga

1. Perhatikan gambar berikut!
Perbedaan segitiga ABC dengan segitiga EFG yaitu . . .
A. ΔABC = segitiga siku-siku, ΔEFG = segitiga tumpul
B. ΔABC = segitiga tumpul, ΔEFG = segitiga siku-siku
C. ΔABC = segitiga lancip, ΔEFG = segitiga siku-siku
D. ΔABC = segitiga siku-siku, ΔEFG = segitiga lacip

2. Perhatikan gambar berikut!
3. Segitiga ABC memiliki beberapa perbedaan dengan segitiga HIJ. Salah satu perbedaannya yaitu . . .
A. ΔABC memiliki 1 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 2 sudut lancip
B. ΔABC memiliki 2 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 2 sudut lancip
C. ΔABC memiliki 2 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 3 sudut lancip
D. ΔABC memiliki 3 sudut lancip, ΔHIJ memiliki 3 sudut lancip

4. Perhatikan gambar berikut!
Segitiga DEF dan segitiga ABC memiliki persamaan. Kedua segitiga tersebut jika sudut-sudutnya dijumlahkan, maka sama dengan . . .
A. 90°
B. 150°
C. 160°
D. 180°

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut!
Segitiga di atas yang setidaknya memiliki 2 sisi yang sama panjang yaitu segitiga nomor. . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1, 2, dan 3



     BAHASA INDONESIA 
Soal No.1
Masalah yang dihadapi oleh Dani ketika BDR yaitu. . .
A. tidak memiliki ponsel untuk belajar
B. tidak dapat mengakses internet di rumah
C. kesulitan menggunakan aplikasi pembelajaran
D. orang tua tidak menemani dalam belajar

Soal No.2
Cara yang dilakukan oleh Dani untuk menyelesaikan masalahnya ketika BDR yaitu ....
A. bergantian menggunakan ponsel dengan saudara
B. ditemani oleh orang tua ketika belajar
C. belajar di kantor desa karena internetnya gratis
D. meminta bantuan kakak untuk mengajarkan

Soal No.3
Salah satu contoh opini yang ada pada teks di atas yaitu ....
A. mewabahnya virus Covid-19
B. awalnya BDR terasa sulit
C. Dani merupakan siswa kelas 5 SD
D. kakakku bersedia mengajarkan

Soal No.4
Kakakku merupakan seorang siswi SMA yang berprestasi di bidang olahraga.
SMA merupakan salah satu contoh dari. . .
A. singkatan
B. akronim
C. kepanjangan
D. kata sifat

Soal No.5
Windu merupakan salah satu dosen di salah satu universitas yang berlokasi di kalbar.
Kalbar kepanjangannya yaitu. . .
A. Kalimantan Barat
B. Kalimantan Baru
C. Kaliasem Barat
D. Kaliasem Baru

Soal No.6
Siswa sekolah dasar tidak boleh mengendarai motor di jalan karena belum memiliki SIM
SIM kepanjangannya yaitu ....
A. surat izin mengendarai
B. surat izin mengemudi
C. surat ingin mengendarai
D. surat ingin mengemudi

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut!
Kalimat pada iklan di atas yang termasuk opini yaitu....
A. bebas gluten
B. gratis 25% ekstra
C. bener ubinya, bener enaknya
D. potongan ubi madu dan ubi ungu asli

Soal No.8
Perhatikan kalimat berikut!
  1. Mengandung protein dan mineral
  2. Tempat wisata terbaik keluarga Indonesia
  3. Membuat anak menjadi cerdas
  4. Anak keren pakai sepatu naki
Kalimat di atas yang termasuk fakta ditunjukkan oleh nomor....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

Perhatikan teks berikut! (Untuk menjawab soal nomor 9 - 11)
Belajar dengan Internet

Kita dapat mengetahui berbagai hal dengan begitu cepat dan mudah di era modern ini. Akses internet memudahkan kita untuk mencari hal yang diinginkan. Misalnya saja ingin mencari tahu makanan-makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Cukup dengan mengunjungi search engine (mesin pencari), lalu ketik kata pencarian 'makanan yang sehat' dan tekan tombol enter pada keyboard. Banyak sekali informasi-informasi yang muncul.

Mesin pencari yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu google, yahoo, dan bing. Kita harus pintar dalam memilah dan memilih informasi dari mesin pencari. Sumber yang kita pilih juga harus terpercaya. Kita dapat belajar banyak hal dari internet. Mulai dari belajar tentang pelajaran sekolah, hingga belajar tentang hal-hal yang kita sukai.

Soal No.9
Kita dapat memperoleh berbagai informasi di internet dengan mengunjungi...
A. mesin pencari
B. robot pencari
C. keyboard
D. dunia maya

Soal No.10
Berdasarkan teks di atas, berikut pernyataan yang benar yaitu. . .
A. informasi dapat diperoleh dari robot pencari
B. masukkan kata kunci ke mesin pencari
C. google dan yahoo belum termasuk mesin pencari
D. kita harus memilah informasi dari robot pencari

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik ada 2 peserta didik belum mengikuti sumatif 1 Pendidikan Pancasila karena sakit.

Selasa, 04 Februari 2025

Materi Ajar IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila Kelas 5C (Selasa 4 Februari 2025)

   Hari / Tanggal : Selasa, 4 Februari 2025

   Fase / Kelas : C / 5C

   Muatan  Pembelajaran :  

   1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya

   2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

   3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman 

Media pembelajaran         : video/PPT, lembar soal sumatif

Model Pembelajaran         : Kooperatif

Metode Pembelajaran       : diskusi, penugasan mandiri                                                                                                 

Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

 Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya

CP PANCASILA

Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menyelesaikan soal sumatif IPAS dengan baik, mengidentifikasi ide pokok pada sebuah teks, dan mengenal keragaman budaya di Indonesia. 

    IPAS
  




Bahasa Indonesia


Untuk memudahkan dalam menemukan ide pokok paragraf, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, yaitu:
  1. Baca seluruh paragraf dengan teliti.
  2. Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
  4. Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
  5. Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
  6. Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.

Contoh 

Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.

Kerjakan soal berikut!

1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.

Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?

A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.


2. Korban virus Covid 19 di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pemerintah terus berupaya menekan laju mobilitas masyarakat dengan melakukan banyak pembatasan dan penyekatan.

Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….

a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk. 

d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.


PENDIDIKAN PANCASILA


1. Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang beragam. Keberagaman yang dimiliki adalah ....

A. Keragaman bangsa
B. Keragaman budaya
C. Keragaman negara
D. Keragaman Pancasila

2. Ras yang mendiami wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, dan NTB adalah ....

A. Ras malayan mongoloid
B. Ras melanesoid
C. Ras asiatik mongoloid
D. Ras kaukasoid


3. Apa bahasa daerah Provinsi DKI Jakarta ....

A. Sunda
B. Osing
C. Betawi
D. Jawa

4. Apa suku yang mendiami Provinsi Banten ....

A. Jawa
B. Badui
C. Madura
D. Sasak


5. Sikap yang harus kita tunjukkan untuk memahami keberagaman adalah ....

A. Sombong
B. Acuh tak acuh
C. Toleransi
D. Saling melukai


    
   Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu, mematuhi Ayah Bunda dan murojaah surah-surah pendeknya ya.... 
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 





Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta didik dapat menyebutkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia.