Hari / Tanggal : Selasa, 4 Februari 2025
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Indonesiaku Kaya Raya
2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia
3. Pendidikan Pancasila : Menghargai Keragaman
Media pembelajaran : video/PPT, lembar soal sumatif
Model Pembelajaran : Kooperatif
Metode Pembelajaran : diskusi, penugasan mandiri
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya
CP PANCASILA
Peserta didik mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Bahasa Indonesia
- Baca seluruh paragraf dengan teliti.
- Fokuskan bacaan pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf.
- Temukan kalimat utama bacaan seperti kalimat pertama atau kalimat akhir.
- Tandai letak kalimat utama dan pahami inti informasi yang disampaikan pada kalimat utamanya.
- Tandai informasi yang dianggap penting pada kalimat tersebut.
- Tulis ide utama pada paragraf yang sudah dibaca dengan merujuk pada informasi yang sudah ditandai.
Pohon menghasilkan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, industri, dan obat. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah menghasilkan udara segar yang ada di dunia.
Ide pokok paragraf di atas adalah “manfaat pohon bagi manusia dan makhluk hidup lainnya”.
1. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal tersebut disebabkan tanahnya yang subur dan letaknya yang cukup strategis. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya tersebut sehingga dimanfaatkan oleh negara lain.
Dari paragraf di atas, ide pokok yang bisa ditemukan adalah?
A. Indonesia memiliki tanah yang subur dan letak yang strategis.
B. Masyarakat Indonesia belum bisa mengelola sumber daya alam.
C. Kekayaan alam di Indonesia dimanfaatkan oleh negara lain.
D. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam berlimpah.
Ide pokok paragraf yang dapat ditemukan dari informasi di atas adalah ….
a. Meningkatnya virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
b. Pencegahan penyebaran virus Covid 19 saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
c. Bertambahnya korban virus Covid 19 di Indonesia akibat peningkatan mobilitas penduduk.
d. Usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan membuat berbagai pembatasan.
PENDIDIKAN PANCASILA
1. Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang beragam. Keberagaman yang dimiliki adalah ....
A. Keragaman bangsa
B. Keragaman budaya
C. Keragaman negara
D. Keragaman Pancasila
2. Ras yang mendiami wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, dan NTB adalah ....
A. Ras malayan mongoloid
B. Ras melanesoid
C. Ras asiatik mongoloid
D. Ras kaukasoid
3. Apa bahasa daerah Provinsi DKI Jakarta ....
A. Sunda
B. Osing
C. Betawi
D. Jawa
4. Apa suku yang mendiami Provinsi Banten ....
A. Jawa
B. Badui
C. Madura
D. Sasak
5. Sikap yang harus kita tunjukkan untuk memahami keberagaman adalah ....
A. Sombong
B. Acuh tak acuh
C. Toleransi
D. Saling melukai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar