Welcome To The Class 5 Saudah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Kamis, 18 September 2025

Materi Ajar IPAS Kelas 5 (Jumat 19 September 2025)

Hari / Tanggal : Jumat, 19 September 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan  Pembelajaran :  

1. IPAS : Siklus Air 

A.     CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS

Ø  Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini  Murid dapat menjelaskan terjadinya siklus air dan perubahan-perubahan di permukaan bumi.

IPAS 
  Siklus Air

Siklus air, atau siklus hidrologi, adalah gerakan air yang berkelanjutan antara atmosfer dan permukaan bumi melalui berbagai proses, termasuk evaporasi (penguapan), transpirasi, kondensasi (pengembunan menjadi awan), presipitasi (hujan, salju), dan limpasanProses ini penting untuk menjaga ketersediaan air di bumi, di mana air berpindah dari lautan dan daratan ke atmosfer dan kembali lagi dalam rangkaian yang tak pernah berhenti. 

Tahapan Utama dalam Siklus Air:
  1. Evaporasi dan Transpirasi:
    • Evaporasi: Air dari permukaan bumi (seperti laut, danau, sungai) menguap menjadi uap air karena panas matahari, lalu naik ke atmosfer. 
    • TranspirasiTumbuhan melepaskan uap air dari daunnya ke atmosfer, yang juga berkontribusi pada peningkatan jumlah uap air. 
  2. Uap air di atmosfer yang dingin mengalami pengembunan dan berubah kembali menjadi tetesan air atau kristal es, membentuk awan. 
  3. Tetesan air atau kristal es yang terkumpul di awan kemudian jatuh ke permukaan bumi dalam berbagai bentuk, seperti hujan, salju, atau hujan es, karena tarikan gravitasi. 
    • Infiltrasi: Air hujan yang jatuh ke bumi meresap ke dalam tanah dan menjadi air tanah atau mengalir ke akuifer. 
    • Limpasan: Sebagian air mengalir di atas permukaan tanah menuju sungai, danau, dan akhirnya kembali ke laut. 
Bagaimana Siklus Air Berlanjut:
Air yang kembali ke lautan dan badan air lainnya akan kembali menguap akibat panas matahari, memulai siklus baru lagi. Proses ini memastikan bahwa air terus tersedia dalam berbagai bentuk di bumi, menopang kehidupan dan menjaga keseimbangan ekosistem.,

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1. Proses menguapnya air yang ada di permukaan bumi (danau, sungai, laut) karena panas matahari disebut ....
a. Kondensasi
b. Presipitasi
c. Evaporasi
d. Infiltrasi

2. Uap air di atmosfer akan mengalami proses pengembunan (berubah menjadi titik-titik air) dan membentuk awan. Proses ini disebut ....
a. Evaporasi
b. Kondensasi
c. Presipitasi
d. Infiltrasi

3. Jatuhnya titik-titik air dalam bentuk hujan ke permukaan bumi disebut ....
a. Evaporasi
b. Kondensasi
c. Presipitasi
d. Transpirasi

4. Air hujan yang meresap ke dalam tanah akan menjadi cadangan air. Proses penyerapan air ke dalam tanah ini dinamakan ....
a. Evaporasi
b. Kondensasi
c. Presipitasi
d. Infiltrasi

5. Tumbuhan juga ikut serta dalam siklus air dengan mengeluarkan uap air melalui daunnya. Proses ini disebut ....
a. Evaporasi
b. Transpirasi
c. Kondensasi
d. Infiltrasi

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb.

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran IPAS daro 26 peserta didik masih ada beberapa peserta didik yang kesulitan membedakan tahapan dan pengertian siklus air.

Rabu, 17 September 2025

Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Seni Rupa Kelas 5 (Kamis 18 September 2025)

Hari / Tanggal : Kamis 18 September 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan  Pembelajaran :  

1. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia

2. Seni Rupa : Prinsip Ritme dalam Seni Rupa

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

Semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membedakan kalimat langsung dan tidak langsung dan menggambar ritme dalam seni rupa secara mandiri.
    
  Bahasa Indonesia
     kalimat langsung dan tidak langsung

  1. Kalimat berikut yang merupakan kalimat tidak langsung adalah... 
     a. Ibu berkata, "Jangan lupa makan siang." 
     b. "Saya akan pergi ke pasar," kata ayah. 
     c. Dia mengatakan bahwa dia akan pergi ke pasar. 
     d. "Apakah kamu sudah mengerjakan PR?" tanya guru
    
   2. Perubahan kalimat langsung berikut menjadi kalimat tidak langsung yang tepat adalah... Kalimat langsung: "Kapan kamu akan berangkat?" tanya Ayah kepadaku. 
      a. Ayah menanyakan kapan aku akan berangkat. 
      b. Ayah bertanya kapan dia akan berangkat. 
      c. Ayah menanya kapan kamu akan berangkat. 
      d. Ayah bertanya kapan kamu akan berangkat. 

   3. Kalimat tidak langsung "Dia meminta tolong untuk membawakan tasnya" dapat diubah menjadi kalimat langsung menjadi... 
      a. "Bawakan tas saya!" katanya. 
      b. "Tolong bawa tas saya," katanya. 
      c. "Tolong bawakan tas saya," katanya. 
      d. "Bawa tas saya!" katanya. 

  4. Manakah kalimat langsung yang ditandai dengan penggunaan tanda kutip yang benar? a. "Saya suka belajar," katanya. b. "Saya suka belajar" katanya. c. Katanya, "Saya suka belajar". d. Katanya, "Saya suka belajar". 

  5. Kalimat manakah yang merupakan kalimat tidak langsung? 
      a. Ibu berkata, "Antarkan makanan ini ke tetangga sebelah rumah." 
      b. Bintang bertanya, "Ibu, bisakah aku pergi bermain bersama Rara?" 
      c. Ibu mengingatkanku untuk selalu mematikan lampu sebelum tidur. 
     d. Kata Shafira, "Saya nanti sore akan ke rumah nenek." 


Seni Rupa
Prinsip Ritme

Prinsip ritme dalam seni rupa adalah penggunaan pengulangan unsur-unsur seperti garis, bentuk, warna, dan tekstur secara teratur untuk menciptakan kesan gerak dan aliran dalam sebuah karya. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa kesatuan, keseimbangan, dan pergerakan visual, sehingga menarik perhatian dan menciptakan respons emosional pada penikmat seni. 

 Latihan soal
1.  Prinsip ritme dalam seni rupa dapat tercipta melalui pengaturan unsur-unsur seni rupa seperti garis, warna, dan tekstur secara... 
a. Acak                                                        b. Tidak teratur
c. Berulang-ulang secara teratur                 d. Berbeda-beda pada setiap bagian 

2.  Salah satu tujuan utama menerapkan prinsip ritme dalam sebuah karya seni rupa adalah untuk...
a. Membuat karya menjadi lebih kompleks dan sulit dipahami
b. Menghindari penggunaan unsur-unsur seni rupa yang sama
c. Menciptakan harmoni dan gerakan visual yang mengalir
d. Menekankan perbedaan antar elemen dalam komposisi

3. Berikut adalah contoh penerapan prinsip ritme dalam seni rupa, kecuali...
a. Deretan jendela pada sebuah bangunan yang memiliki bentuk dan ukuran sama
b. Pengulangan pola daun dalam sebuah ukiran kayu
c. Penggunaan warna yang sangat berbeda dan kontras di setiap sudut lukisan
d. Pola ombak yang berulang dalam sebuah kain batik

4. Ritme dalam seni rupa tidak hanya tentang pengulangan, tetapi juga dapat menggunakan teknik seperti...
a. Penggunaan warna monokromatik
b. Penggabungan berbagai unsur secara acak
c. Variasi dan gradasi untuk memberikan dinamika visual
d. Penambahan banyak detail pada satu bagian karya

5. Teknik pengulangan objek berupa titik-titik yang disusun secara beraturan dapat membentuk sebuah prinsip ritme dalam karya seni rupa karena adanya...
a. Kontras    
b. Variasi
c. Repetisi
d. Gradasi

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran bahasa indonesia dari 26 peserta didik ada 6 peserta didik masih kesulitan membedakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

Senin, 15 September 2025

Materi Ajar Pendidikan Pancasila dan IPAS Kelas 5 (Selasa 16 September 2025)

Hari / Tanggal : Selasa, 16 September 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan  Pembelajaran 

1. IPAS : Sumatif 2

2. Pend. Pancasila : Sumatif 2

1. Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya. 

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN  PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengerjakan soal sumatif 2 IPAS dan Pendidikan Pancasila dengan baik.
  
   IPAS
Rantai Makanan
    


Rantai makanan adalah urutan peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup, di mana energi berpindah dari satu organisme ke organisme lainRantai makanan menggambarkan hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem. 
Pengertian Rantai Makanan:
Rantai makanan adalah jalur linear aliran energi dari produsen (tumbuhan) ke konsumen (hewan) dan seterusnya, hingga pengurai (dekomposer). Setiap tingkatan dalam rantai makanan disebut tingkat trofik. 
Komponen Rantai Makanan:
  • Produsen:
    Organisme autotrof (seperti tumbuhan) yang membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. 
  • Konsumen:
    Organisme heterotrof yang memakan organisme lain. Terdiri dari konsumen primer (herbivora), konsumen sekunder (karnivora), dan seterusnya. 
  • Dekomposer (Pengurai):
    Organisme (seperti bakteri dan jamur) yang menguraikan organisme mati dan mengembalikan nutrisi ke tanah. 
Contoh Rantai Makanan:
  • Rantai makanan di sawah:
    Padi (produsen) -> belalang (konsumen primer) -> katak (konsumen sekunder) -> ular (konsumen tersier) -> burung elang (konsumen puncak) -> pengurai. 
  • Rantai makanan di laut:
    Fitoplankton (produsen) -> zooplankton (konsumen primer) -> ikan kecil (konsumen sekunder) -> ikan besar (konsumen tersier) -> burung camar (konsumen puncak) -> pengurai. 
Pentingnya Rantai Makanan:
Menjaga keseimbangan ekosistem, Memastikan aliran energi dan nutrisi dalam ekosistem, Membantu memahami hubungan antar makhluk hidup, Menggambarkan peran penting setiap makhluk hidup dalam ekosistem. 
Kerjakan soal berikut!
  1. Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
a) Urutan peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup.
b) Proses fotosintesis pada tumbuhan.
c) Perkembangbiakan hewan.
d) Penyakit pada tumbuhan
2. Dalam sebuah ekosistem, organisme yang memulai rantai makanan dengan menghasilkan makanannya sendiri disebut...
a) Konsumen
b) Produsen
c) Dekomposer
d) Predator
3. Rantai makanan berikut: Rumput -> Kelinci -> Rubah -> Pengurai. Peran rubah dalam rantai makanan tersebut adalah...
a) Produsen
b) Konsumen primer
c) Konsumen sekunder
d) Dekomposer
4. Peran dekomposer dalam rantai makanan adalah...
a) Menghasilkan makanan sendiri.
b) Memakan tumbuhan.
c) Menguraikan organisme mati.
d) Menangkap mangsa.

5. Apa yang terjadi jika salah satu organisme dalam rantai makanan hilang?
a) Rantai makanan akan tetap stabil.
b) Rantai makanan akan terputus.
c) Organisme lain akan menggantikan perannya.
d) Populasi organisme lain akan meningkat.

Pendidikan Pancasila
Makna nilai dalam pancasila

  1. Bu Ani selalu mengajak tetangga-tetangganya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah. Sikap Bu Ani ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat

2. Siswa kelas 5 sedang berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan. Mereka berbeda pendapat mengenai jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk mencapai mufakat, sebaiknya mereka melakukan...
a) Adu argumen yang keras
b) Memaksakan pendapat pribadi
c) Musyawarah untuk mencapai mufakat
d) Menyerahkan keputusan pada guru

3. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Menghargai perbedaan agama dan kepercayaan.
2) Memaksakan kehendak kepada orang lain.
3) Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah.
4) Menghormati hak asasi manusia. 
Sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ditunjukkan oleh nomor...
a) 1 dan 2
b) 1 dan 3
c) 2 dan 3
d) 2 dan 4
e) 3 dan 4
4. Rani dan teman-temannya ingin mengadakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Mereka mengumpulkan pakaian layak pakai, makanan, dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Lima
5. Di sekolah, Edo selalu membantu temannya yang kesulitan belajar. Sikap Edo ini menunjukkan pengamalan Pancasila, khususnya sila...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
Demikian pembelajaran hari ini, mari kita tutup dengan hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb.

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 26 peserta didik ada 1 peserta didik belum mengikuti sumatif karena sakit.