Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan organ pernapasan
IPAS
cara menjaga kesehatan organ pernapasan
Ayo Kerjakan!
1. Apa yang terjadi pada oksigen yang kita hirup saat bernapas?
a. Oksigen diubah menjadi karbon dioksida b. Oksigen diedarkan ke seluruh tubuh c. Oksigen dikeluarkan lewat hembusan napas d. Oksigen disimpan di paru-paru
2. Apa yang terjadi saat tahap pertama pernapasan, yaitu menarik napas?
a. Paru-paru mengempis b. Otot diafragma berkontraksi c. Udara dikeluarkan melalui hidung d. Paru-paru mengalami relaksasi
3. Apa yang terjadi saat udara masuk ke dalam alveolus di paru-paru?
a. Pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida b. Penyaringan kotoran dari udara c. Produksi lendir d. Pencernaan makanan
4. Di mana gas karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh saat proses pernapasan?
a. Melalui trakea b. Melalui bronkus c. Melalui paru-paru d. Melalui mulut atau hidung
5. Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus dan mudah menular melalui kontak langsung atau percikan dari penderita saat batuk atau bersin adalah...
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengidentifikasi sinonim dan antonim dan mengenal unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
Kerjakan latihan berikut!
Seni Rupa
Unsur Seni Rupa
Unsur-unsur seni rupa adalah elemen dasar yang membangun sebuah karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Unsur-unsur ini meliputi titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang, dan gelap terang.
3. Pendidikan Pancasila : Kronologis Kelahiran Pancasila
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIANPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini anak-anak dapat membaca menuliskan, dan menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai sampai 100.000, melalui kegiatan berbicara murid dapat mempresentasikan hasil puisi akrostiknya di depan kelas dan menjelaskan kronologis lahirnya pancasila.
Matematika
Latihan matematika
1. Adit tinggal di Kota Denpasar. Dia akan berangkat ke Kabupaten Buleleng untuk menemui sahabatnya. Jarak antara Kota Denpasar dengan Kabupaten Buleleng adalah delapan puluh satu ribu empat ratus meter. Jarak yang harus ditempuh Adit jika dinyatakan dengan angka, maka menjadi .... m
2. Perhatikan tabel berikut!
Makanan
Harga
Nasi goreng
Rp. 25.200
Ayam bakar
Rp. 29.600
Bakso
Rp. 22.600
Bebek bakar
Rp. 29.200
Berdasarkan tabel di atas, makanan yang harganya dua puluh sembilan ribu dua ratus rupiah yaitu ....
3. Petani Desa Sukawaju berhasil memanen beras seberat 24.320 kg pada tahun 2022.
Angka 4 pada berat beras tersebut menempati nilai tempat...
4. Perhatikan gambar berikut!
Donna membeli sebuah kipas angin yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Harga kipas angin yang dibeli Donna yaitu . . .
Perhatikan gambar berikut!
5. Pak Joko merupakan seorang wirausaha yang menjual berbagai jenis peralatan rumah tangga. Dia menjual sebuah lemari yang ditunjukkan oleh gambar di atas seharga . . . rupiah
BAHASA INDONESIA
Sinonim dan Antonim
Dalam bahasa Indonesia, antonim dan sinonim dipakai untuk menjelaskan atau menyatakan suatu hal. Antonim lazim digunakan untuk menjelaskan kata dengan makna berlawanan. Sedangkan sinonim dipakai untuk menyatakan kata yang bermakna sama atau serupa.
Antonim berasal dari kata anti atau ant berarti lawan dan onuma artinya nama. Antonim adalah kata-kata yang memiliki makna berbeda atau berlawanan. Antonim memperlihatkan adanya hubungan kontras antara beberapa kalimat. Kata sinonim berasal dari bahasa Yunani Kuno, onoma berarti nama dan syn artinya dengan. sinonim adalah kata yang memiliki bentuk berbeda, namun arti atau maknanya sama. Sinonim sering disebut persamaan kata atau padanan kata.
Sinonim
Sinonim adalah persamaan makna kata.Sinonim dari pintar adalah pandai.Sinonim dari rapi adalah apik.
Latihan
Pasangkan kata-kata di bawah ini dengan sinonimnya. Lalu tulislah dalam kotak, kata-kata mana yang menggambarkan sifat yang patut ditiru dan mana sifat yang sebaiknya dihindari.
sinonim (persamaan kata)
Pembohong - pembual
Alim - soleh
Rapi - apik
Nakal - badung
Cermat - teliti
Supel - luwes
Pemarah - penggerutu
Rajin - giat
Lucu - jenaka
Angkuh - sombong
Sifat baik yang perlu ditiru:alim, rapi, cermat, supel, rajin, lucu.
Sifat buruk yang perlu dihindari:pembohong, nakal, pemarah, angkuh.
Ada sifat yang patut kita tiru. Ada sifat yang sebaiknya kita hindari karena akan berakibat buruk pada kita dan orang lain. Sekarang, amati daftar kata di atas, lalu tulislah dalam kotak, kata-kata mana yang menggambarkan sifat yang patut ditiru dan mana yang menggambarkan sifat yang sebaiknya kita hindari.
Antonim
Antonim adalah perbedaan makna kata. Kata yang berantonim berarti bermakna berlawanan.Antonim mahal adalah murah.Antonim cepat adalah lambat. Perhatikan contoh-contoh antonim lainnya berikut ini.
Gelap >< terang, Besar >< Kecil, Jujur >< Bohong, dan Mandiri >< Manja
Latihan
Pilihlah antonim yang tepat untuk kata-kata bercetak tebal
Antonim (lawan kata)
Hemat >< boros
Pemberani >< penakut
Pendiam >< cerewet
Rajin >< malas
Optimistis >< pesimistis
Baik >< nakal
Ramah >< kaku
Jujur >< pembohong
Pemaaf >< pendendam
Penyabar >< pemarah
Latihan
Lengkapilah kalimat pada kotak di bawah ini dengan kata-kata bercetak tebal di samping.
Anak yang pemarah akan dijauhi temannya.
Tika anak yang pendiam. Kami jarang berbicara. Dia lebih senang menghabiskan waktunya untuk membaca atau melukis.
Ibuku seorang pemaaf. Beliau tidak pernah marah atau dendam dengan kenakalan kami.
Sejak kisahnya menyelamatkan sang adik dari rumahnya yang terbakar api tersebar, Ami selalu dikenal sebagai si anak pemberani.
Kamu harus giat belajar karena rajin pangkal pandai.
Ayu sering membawa bekal dari rumah dan menyimpan uang jajannya. Ayu anak yang irit.
Anak yang pembohong selalu dapat dipercaya dan tidak suka berbuat curang.
Niko adalah anak yang baik. Dia tidak pernah menyakiti perasaan orang lain.
Adikku dikenal karena senyum sapanya yang bersahabat. Ia sangat ramah.
Ayo semangat! Kita harus optimistis dapat menyelesaikan tugas ini tepat waktu.
Demikian pembelajaran hari ini, miss dwi akhiri wassalamualaikum wr wb
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, pada mata pelajaran bahasa indonsia seluruh peserta didik dapar membuat puisi akrostik.
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Capaian Pembelajaran Seni Rupa
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat..
Hari ini merupakan hari pertama kita melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas 5.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai 100.000, melalui kegiatan berbicara peserta didik dapat memperkenalkan diri di depan kelas, melalui kegiatan menulis, murid dapat merangakai sebuah puisi akrostik menggunakan namanya dan dapat mempresentasikannya di depan teman-temannya, dan dapat mengidentifikasi tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar.
Matematika
Apa itu bilangan cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan asli yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah secara berurutan, seperti 0, 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.
Bilangan cacah 100.000 terdiri dari bilangan ratus ribuan,puluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan dan juga satuan. Sementara bilangan satuan adalah bilangan cacah yang terdiri dari satu angka, yaitu mulai dari 0 sampai 9.
Cara membaca bilangan cacah hingga 100.000 Cara membaca bilangan yaitu dengan membaca bilangan dari kiri ke kanan. Jika bilangan ratus ribuan, urutan membacanya dimulai dari angka ratus ribuan, puluh ribuan, ribuan, kemudian ratusan, puluhan, dan akhirnya satuan
BAHASA INDONESIA
Ayo Berkreasi
Kegiatan kreasi kali ini adalah membuat sebuah puisi akrostik.
Apakah puisi akrostik itu?
Puisi Akrostik adalah puisi yang setiap awal barisnya dibentuk dari rangkaian huruf yang memberi makna atau pesan puisi.
Kali ini buatlah puisi akrostik dengan menggunakan nama kalian. Susunlah inisial nama kalian sebagai huruf pemula setiap baris puisi. Kalian dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan diri kalian seperti sifat, cita-cita, hobi, atau daerah tempat tinggal.
Berikut adalah contohnya :
Seni Budaya
Unsur Seni Rupa
Unsur-unsur seni rupa adalah elemen dasar yang membangun sebuah karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Unsur-unsur ini meliputi titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang, dan gelap terang.