Welcome To The Class 5 Saudah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Minggu, 20 Juli 2025

Materi Ajar Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa Kelas 5 Saudah (Senin 21 Juli 2025)

Hari / Tanggal : Senin / 21 Juli 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan Pembelajaran :  

1. Matematika Bilangan Cacah sampai 100.000

2. Bahasa Indonesia : Puisi Akrostik

3. Seni Budaya : Mengenal Unsur Seni Rupa


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa

Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat..
     Hari ini merupakan hari pertama kita melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas 5. 
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai 100.000, melalui kegiatan berbicara peserta didik dapat memperkenalkan diri di depan kelas, melalui kegiatan menulis, murid dapat merangakai sebuah puisi akrostik menggunakan namanya dan dapat mempresentasikannya di depan teman-temannya, dan  dapat mengidentifikasi tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar. 
   
    Matematika

     Apa itu bilangan cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan asli yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah secara berurutan, seperti 0, 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Bilangan cacah 100.000 terdiri dari bilangan ratus ribuan,puluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan dan juga satuan. Sementara bilangan satuan adalah bilangan cacah yang terdiri dari satu angka, yaitu mulai dari 0 sampai 9.

Cara membaca bilangan cacah hingga 100.000
Cara membaca bilangan yaitu dengan membaca bilangan dari kiri ke kanan. Jika bilangan ratus ribuan, urutan membacanya dimulai dari angka ratus ribuan, puluh ribuan, ribuan,  kemudian ratusan, puluhan, dan akhirnya satuan



BAHASA INDONESIA

Ayo Berkreasi
Kegiatan kreasi kali ini adalah membuat sebuah puisi akrostik. 
Apakah puisi akrostik itu? 
Puisi Akrostik adalah puisi yang setiap awal barisnya dibentuk dari rangkaian huruf yang memberi makna atau pesan puisi. 
Kali ini buatlah puisi akrostik dengan menggunakan nama kalian. Susunlah inisial nama kalian sebagai huruf pemula setiap baris puisi. Kalian dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan diri kalian seperti sifat, cita-cita, hobi, atau daerah tempat tinggal. 
Berikut adalah contohnya :



Seni Budaya

Unsur Seni Rupa

Unsur-unsur seni rupa adalah elemen dasar yang membangun sebuah karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Unsur-unsur ini meliputi titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang, dan gelap terang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar