Hari / Tanggal : Rabu, 15 Januari 2025

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika : Sudut

2. Bahasa Indonesia : Menjadi Warga Dunia

3. Pancasila : Jati Diri dan Lingkungan

Model pembelaran : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran        : Video/PPT, jam, jangka, LKPD             

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Adapun tujuan pembelajaran hari ini Bu Guru harap kalian dapat mengukur besar sudut.

      Matematika

   

Tugas kelompok

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.3
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut yang terbentuk dari jarum pendek dan panjang pada jam analog di atas yaitu. . .
A. sudut refleks
B. sudut tumpul
C. sudut siku-siku
D. sudut lancip

Soal No.4
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 70
B. 80
C. 110
D. 120

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 80
B. 90
C. 100
D. 110

Soal No.6
Perhatikan gambar berikut ini!
Besar sudut hasil pengukuran di atas yaitu. . .°
A. 50
B. 60
C. 120
D. 130

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 80°
B. 90°
C. 110°
D. 120°

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut ini!
Sudut terbesar yang dibentuk oleh jarum jam pendek dan panjang pada gambar di atas yaitu. . .
A. 300°
B. 310°
C. 320°
D. 360°

Soal No.9
Sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang pada jam saat menunjukkan pukul 04.15 yaitu. . .
A. 30°
B. 37,5 °
C. 40°
D. 42,5°

Soal No.10
Sudut yang besarnya 180° disebut . . .
A. sudut lurus
B. sudut refleks
C. sudut tumpul
D. sudut penuh


  Bahasa Indonesia

                          

    


Pendidikan Pancasila




 Kerjakan latihan berikut!
   1. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan pemberian dari....

a. Nenek moyang

b. Tuhan Yang Maha Esa

c. Presiden Tanah Air

d. Kedua orang tua


2. Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai pedoman untuk hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan berbunyi ....

a. Tut Wuri Handayani

b. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

c. Bhinneka Tunggal Ika

d. Ing Ngarsa Sung Tuladha


3. Asal bahasa semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" adalah dari ....

a. Jawa

b. Merauku

c. Latin

d. Sansekerta


4. Arti dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yaitu ....

a. Perbedaan tetap harus disatukan

b. Perbedaan akan membawa kemajuan bila bersatu

c. Meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua

d. Keanekaragaman akan membawa kejayaan negara


5. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika ....

a. Rakyat Indonesia Bersatu

b. Banyaknya konflik antar suku

c. Persenjataannya lengkap

d. Pemerintahan Indonesia kuat



Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 




Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik ada 2 peserta didik yang masih keliru dalam mengukur sudut menggunakan busur derajat.