Capaian  Pembelajaran IPAS

1. Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

      Tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit pada organ pencernaan manusia dan membuat buklet fiksi atau non-fiksi yang menarik serta memahami makna nilai Pancasila tolong menolong.

     IPAS
     Sistem Pencernaan Manusia
Mengenal Organ Pencernaan Manusia



   Organ pencernaan manusia dan fungsinya, antara lain: 
  • Mulut: Sebagai tempat masuknya makanan, dan dimulainya proses pencernaan secara mekanis dan kimiawi. Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. 
  • Kerongkongan (esofagus): Sebagai saluran berotot yang menghubungkan mulut dengan lambung. Kerongkongan mendorong makanan ke lambung dengan gerakan peristaltik. 
  • Lambung: Berbentuk seperti kantong, berfungsi untuk memecah makanan, menyimpan makanan, dan mematikan mikroorganisme. 
  • Usus halus: Terbagi menjadi duodenum, jejunum, dan ileum. Duodenum berfungsi untuk pencernaan kimiawi, sedangkan jejunum dan ileum untuk menyerap sari makanan. 
  • Usus besar: Berfungsi untuk mengatur kadar air pada sisa makanan. Di dalam usus besar terdapat mikroorganisme yang membusukkan sisa makanan menjadi feses. 
  • Anus: Sebagai jalur untuk membuang zat sisa makanan. 
  • Pankreas: Menghasilkan enzim pencernaan seperti amilase, lipase, dan tripsinogen. 
  • Hati: Organ pelengkap yang membentuk cairan empedu dari proses pencernaan lemak. 
Sistem pencernaan manusia berfungsi untuk membantu memasok nutrisi ke dalam tubuh, dan membuang zat-zat berbahaya atau limbah yang sudah tidak diperlukan tubuh. 

Bahasa Indonesia

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan. 

Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)

Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.

Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.

Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik

Pendidikan Pancasila 


Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik dapat menyebutkan mengapa manusia disebut makhluk sosial.