Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Rabu, 12 April 2023

Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 2 & Matematika (Rabu 12 April 2023)


Hari/Tanggal   : Rabu / 12 April 2023

TEMA              :  9 (Kayanya Negeriku)

{embelajaran    : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pembelajaran : 2

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

PPKN

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

SBDP

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada 

4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Tanah Air”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri. 

2. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang macam macam sumber daya alam pada pembelajaran 1.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di  pembelajaran 2 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.

Kesadaran akan rasa cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kesenian, misalnya seni musik dan lagu. Palajarilah salah satu lagu wajib berikut. Pelajari birama, tempo, dan lirik lagunya bersama teman sekelompokmu. Diskusikanlah agar kamu bisa menyanyikannya secara bersahutan (kanon). 

Dengarkanlah video dibawah ini.



Cinta tanah air juga dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Pada pembelajaran ini, kamu akan belajar mengenai pelaksanaan hak dan kewajiban terhadap lingkungan sosial, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Salah satu caranya dengan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Hak dan kewajiban tersebut kita laksanakan dengan mematuhi perundang-undangan yang berlaku.

1. Kewajiban Warga Negara
a. Menjunjung hukum dan pemerintahan Indonesia
b. Menjaga kelestarian lingkungan sekitar
c. Membayar pajak
d. Mengikuti pendidikan dasar

2. Hak Warga Negara
a. Menikmati persamaan kedudukan dan kepastian di muka hukum dan pemerintahan
b. Menikmati hidup layak
c. Mengeluarkan pendapat
d. Beragama dan beribadah
e. Membela negara
f. Mendapat pendidikan yang layak
g. Mengembangkan kebudyaan
h. Hak menikmati kekayaan alam

Soal
1. Sebutkan kewajiban kita sebagai warga negara? 
2. Sebutkan hak kita sebagai warga negara? 
3. Apa hal dapat kamu lakukan sebagai wujud rasa cinta terhadap tanah air? 


MATERI MATEMATIKA

Mengukur Sudut dengan Busur Derajat

  1. 1
    Perkirakan ukuran sudut yang Anda miliki. Sudut dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok: lancip, tumpul, dan siku-siku. Sudut lancip berukuran sempit (kurang dari 90 derajat), sudut tumpul berukuran lebar (lebih besar dari 90 derajat), dan sudut siku-siku tepat berukuran 90 derajat (dua garis yang membentuknya saling tegak lurus).[1] Anda dapat mengidentifikasi kategori sudut yang hendak Anda ukur hanya dengan melihatnya. Menentukan kategori sudut pada langkah pertama membantu Anda mengidentifikasi skala mana pada busur derajat yang harus digunakan.
    • Sepintas, kita dapat mengetahui sudut tersebut tergolong lancip karena ukurannya kurang dari 90 derajat.
  2. 2. Posisikan pangkal atau puncak sudut yang ingin Anda ukur pada titik pusat (pusat busur). [2] Lubang kecil di pertengahan garis dasar busur derajat adalah pangkalnya. Buatlah puncak sudut berimpit dengan pusat persilangan pada pangkal tersebut.
    1. 3. Putarlah busur derajat untuk membuat salah satu kaki sudut berimpit dengan garis dasar busur derajat. Posisikan puncak sudut pada pangkal busur derajat, lalu secara perlahan putarlah busur derajat sehingga kaki sudut tersebut jatuh di atas garis dasar busur derajat. [3]
      • Garis dasar busur derajat sejajar dengan pinggiran busur derajat, tetapi garis dasar bukan pinggiran busur derajat yang rata tersebut. Garis dasar berimpit dengan pusat pangkalnya (pusat busur) dan garis tersebut membentang sampai ke titik awal skala pada kedua sisi (kiri dan kanan).
    2. 4. Ikuti kaki sudut (garis) yang berhadapan naik ke skala ukuran pada lengkung busur derajat. Jika garis tersebut tidak melewati lengkung busur derajat, perpanjanglah sehingga melewatinya. Sebagai alternatif, Anda dapat meletakkan bagian tepi selembar kertas berimpit dengan kaki sudut (garis) lalu memperpanjang garis tersebut hingga melewati lengkung busur derajat. Angka yang dilewati oleh garis tersebut adalah ukuran sudut dalam satuan derajat.
      • Pada contoh di atas, ukuran sudut adalah 71 derajat. Kita tahu untuk menggunakan skala yang lebih kecil karena pada langkah pertama kita sudah menentukan bahwa ukuran sudut kurang dari 90 derajat. Jika sudut tersebut tumpul, kita akan menggunakan skala yang menandai sebuah sudut lebih besar dari 90 derajat.
      • Pada awalnya, skala pengukuran mungkin tampak membingungkan. Sebagian besar busur derajat memiliki dua kisi penggaris yang berlawanan, satu kisi berada pada sisi sebelah dalam dan kisi yang lain di sisi sebelah luar. Desain demikian membuat alat ini mudah digunakan untuk mengukur sudut dari arah mana pun.
Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran kita hari ini dan besok kita akan bertemu di tema 9 subtema 2 pembelajaran 3.
Terimakasih

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar