Hari/Tanggal : Kamis, 04 Mei 2023
Tema : 9 ( Kekayaan Negeriku)
Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PPKN
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan berdiskusi mengidentifikasi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, siswa memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan menyanyikan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”, siswa dapat bernyanyi dengan memerhatikan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang dampak kerusakan sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 2 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.
Menggambar Sudut dengan Busur Derajat
- 1.Gambarlah sebuah garis lurus. Garis tersebut akan menjadi garis acuan sekaligus kaki pertama dari sudut yang hendak Anda gambar. Garis tersebut akan digunakan untuk menentukan posisi di mana Anda harus menggambar kaki sudut yang kedua. Biasanya yang termudah adalah menggambar garis lurus dalam posisi horizontal di atas kertas.
- Untuk menggambar garis tersebut, Anda dapat menggunakan pinggiran busur derajat yang rata.
- Panjang garis tidak ditentukan.
- 2.Posisikan pangkal busur derajat pada salah satu ujung garis. Titik tersebut akan menjadi puncak dari sudut yang akan Anda gambar. Tandai pada kertas, tepat pada titik puncak tersebut ditempatkan.[4]
- Anda tidak harus menempatkan titik tersebut pada ujung garis. Titik dapat ditempatkan di mana pun sepanjang garis tersebut, tetapi lebih mudah hanya menggunakan ujung garis.
- 3.Carilah nilai derajat untuk sudut yang ingin Anda gambar pada skala busur derajat yang tepat. Buatlah garis acuan tersebut berimpit dengan garis dasar busur derajat, kemudian tandai kertas pada ukuran derajat yang Anda inginkan. Jika Anda akan menggambar sebuah sudut lancip (kurang dari 90 derajat), gunakan skala dengan bilangan yang lebih kecil. Untuk sudut tumpul (lebih besar dari 90 derajat), gunakan skala dengan bilangan yang lebih besar.
- Ingatlah bahwa garis dasar sejajar dengan pinggiran busur derajat, tetapi garis dasar bukan pinggiran busur derajat yang rata tersebut. Garis dasar berimpit dengan pusat pangkalnya (pusat busur) dan garis tersebut membentang sampai ke titik awal skala pada kedua sisi (kiri dan kanan).
- Pada contoh di atas, ukuran sudut adalah 36 derajat.
- 4.Gambarlah kaki kedua untuk menyelesaikan sudut tersebut. Untuk menggambar kaki kedua, hubungkan titik puncak dengan ukuran derajat yang sudah ditandai. Gunakan penggaris, pinggiran busur derajat yang rata atau tepi lurus dari alat lain. Kaki kedua akan menyempurnakan sudut yang Anda buat. Untuk memeriksa keakuratan sudut yang telah Anda gambar, gunakan busur derajat untuk mengukurnya.
- Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi pada tema 9 subtema 3 pembelajaran 3. Terimakasih Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar